Tips Membeli Storage SSD yang Sesuai Kebutuhan


Media penyimpanan data SSD memang beberapa tahun belakangan ini mulai sering menjadi bahan pertimbangan utama ketika seseorang akan memutuskan untuk membeli perangkat PC seperti komputer desktop maupun laptop.

Alasannya sangat sederhana, karena jenis storage satu ini memang memiliki banyak sekali keunggulan jika harus dibandingkan dengan media penyimpanan lain misalnya saja seperti Hard disk drive (HDD).

Memang apa saja keunggulan dari SSD? Nah jika ingin mengetahuinya maka bisa baca diartikel berikut tentang pengertian dan kelebihan dari penyimpanan SSD.

Apalagi ditambah dengan semakin banyaknya produsen teknologi yang sudah mulai menjual produk SSD storage.

Membuat harga yang ditawarkan pun bisa menjadi sangat terjangkau dan tentunya kita sebagai konsumen dapat diuntungkan dengan semakin beragamnya pilihan baik itu dari segi merk maupun desain yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Akan tetapi, membeli perangkat hardware berupa media penyimpanan atau storage tentu tidaklah mudah seperti sedang membeli kacang yang tinggal langsung beli saja. Melainkan diperlukan banyak pertimbangan yang harus disesuaikan dengan kebutuhan dari setiap orang.

Sehingga jika kita ingin membeli storage SSD, maka ada beberapa hal yang sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya.

Nah untuk mengetahui apa saja hal-hal tersebut, maka langsung saja kita simak ulasannya berikut ini.


Hal-hal yang harus Diketahui sebelum Memutuskan Membeli SSD


1. Bentuk Form Factor

Form factor adalah bentuk design yang dimiliki oleh SSD terutama pada bagian konektor yang dimiliki. Meskipun sama-sama bernama SSD, namun setiap form factor memiliki varian bentuk fisik yang berbeda.

Sehingga hal paling utama yang harus dipertimbangkan pada saat akan membeli SSD adalah tipe form factor ini, karena beda tipe laptop maupun PC desktop maka akan berbeda pula varian SSD yang bisa digunakan.

Adapun beberapa jenis dari form factor SSD Storage yang banyak ditemukan di pasaran saat ini yaitu seperti tipe SATA 2,5 inch, mSATA, M.2, M.2 NVMe, dan tipe lainnya. Dari sekian banyaknya pilihan itu, jika perangkat komputer kita memungkinkan maka disarankan untuk memilih tipe SSD NVMe saja.


2. Teknologi yang Digunakan

Pertimbangan berikutnya sebelum membeli SSD adalah mengenai teknologi NAND flash yaitu sebuah teknologi yang berhubungan dengan peletakan chip tempat data disimpan disebuah SSD.

Dimana pada setiap SSD bisa terdiri dari satu atau lebih chip yang digunakan untuk menyimpan data. Teknologi ini penting karena nantinya akan berpengaruh terhadap kecepatan transfer yang bisa didapatkan.

Terdapat beberapa varian dari penempatan chip ini, yaitu Single level cell (SLC), Multi level cell (MLC), Triple level cell (TLC), dan Quad level cell (QLC). Dimana semakin sedikit Cell maka akan semakin bagus kecepatan yang dimiliki dan juga lebih tahan lama.

Adapun diantara keempat varian tersebut yang paling kencang transfer speed-nya tentu saja adalah tipe SLC, namun sayangnya tipe satu ini sudah jarang sekali ditemukan di pasaran karena meskipun bagus namun harganya bisa sangat mahal.

Maka dari itu, jika ingin membeli SSD disarankan untuk memilih tipe MLC atau TLC saja, karena fitur yang didapatkan sebanding dengan harga yang ditawarkan.


3. Kapasitas Penyimpanan

Semakin hari, ukuran dari suatu data baik itu berupa file, program, maupun aplikasi biasanya akan semakin besar dengan membutuhkan space penyimpanan yang besar pula.

Oleh karena itu, jika kita seorang yang sering menyimpan file-file dalam jumlah besar, maka disarankan untuk memilih tipe SSD yang memiliki kapasitas besar dalam hal penyimpanannya.

Selain karena dapat menampung lebih banyak data, penyimpanan dengan kapasitas besar pun dapat menunjang kebutuhan jangka panjang kita dalam menggunakan perangkat komputer, tentu agar kitapun tidak perlu sering-sering lagi untuk membeli storage komputer.


4. Masa Pakai

Nah yang tidak kalah penting yaitu mengenai usia pemakaian dari sebuah storage. Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui jika perangkat satu ini memiliki usia masa pakai yang bisa diprediksi kapan suatu perangkat tidak bisa lagi digunakan.

Pada penyimpanan SSD dikenal sebuah istilah Terra byte written (TBW) untuk mengetahui seberapa lama masa pakai dari perangkat tersebut. TBW adalah cara yang dilakukan dengan melihat seberapa besar file atau data yang sudah ditulis (write) oleh suatu SSD.

Sebagai contoh, SSD dengan kapasitas penyimpanan 512 TB, kemudian tertulis didalam produk tersebut TBW 200. Itu artinya bahwa storage tersebut bisa menulis data berulang kali, namun dengan batas maksimal penulisan data hingga total 200 Terra Byte (TB) saja.

Setelah melewati angka tersebut diperkirakan SSD tidak dapat dimasukkan data baru. Meskipun tentu data yang sudah ada sebelumnya masih bisa dibaca dan di copy ke perangkat lain. Jadi tidak benar-benar rusak atau tidak bisa dipakai sama sekali.

Nah untuk itu kita harus lebih teliti untuk melihat hal ini, karena dengan nilai TBW yang semakin tinggi tentu membuat masa pemakaian SSD dapat bertahan lebih lama. Namun jika kita memang jarang memasukkan data lalu menghapus data secara rutin, maka TBW dengan nilai kecil pun tidak menjadi masalah.

Sehingga sekali lagi untuk masalah ini lebih baik disesuaikan dengan kebutuhan dan kebiasaan dari pemakaian kita.


5. Budget

Nomor terakhir ini bisa dibilang tidak usah ditanya lagi, karena seperti pepatah mengatakan ada harga tentu ada kualitas. Meskipun begitu perencanaan budget atau biaya yang harus dikeluarkan sebaiknya menjadi bahan pertimbangan juga. Mengapa? Karena tidak selamanya produk barang yang bagus itu memiliki harga mahal.

Kita bisa mulai memilih SSD yang disesuaikan dengan kebutuhan kita, setelah itu gunakan prinsip lebih baik mengeluarkan sedikit uang demi mendapatkan produk yang berkualitas, daripada harus membeli yang murah namun tidak bertahan lama dan gampang rusak.

Atau kalaupun kita hanya mempunyai budget yang memang pas-pasan, sebaiknya menunggu untuk membeli di momen tertentu seperti ketika sedang diadakan diskon, atau bisa juga dengan membeli tipe SSD dari keluaran tahun lalu yang memiliki teknologi terkini namun dengan harga yang lebih murah.


Penutup

Nah bagaimana? Jadi dengan adanya artikel ini, mungkin sekarang kita sudah sedikit mengerti tentang apa saja yang perlu diperhatikan saat akan membeli memori penyimpanan SSD.

Dengan kita mengetahui secara spesifik dari suatu jenis produk, maka kita pun akan bisa terhindar dari kesalahan di dalam membeli.

Selain itu, dengan membeli produk SSD yang tepat, maka perangkat komputer kitapun akan dapat bekerja secara maksimal tanpa adanya gejala throtling yang mungkin bisa terjadi karena adanya ketidakcocokan.


Demikianlah artikel kali ini tentang tips dan hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli perangkat SSD. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan akhir kata sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close