Cara Membuat Tanda Tangan Digital di Smartphone

Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, membuat banyak aktivitas manusia sebagian sudah mulai dialihkan dari yang biasa menggunakan sistem konvensional, saat ini sudah beralih dengan menerapkan sistem digitalisasi.

Hal ini memang sangat diperlukan mengingat pola kebiasaan hidup manusia yang sudah mulai berubah menjadi lebih mobile.

Adapun salah satu aktivitas yang sudah banyak menerapkan sistem digitalisasi ini yaitu seperti dalam hal pengelolaan dokumen pekerjaan, dimana kita tahu sudah banyak lembaga maupun perusahaan yang telah menerapkan sistem tersebut.

Apalagi dengan semakin populernya sistem kerja dirumah (work from home) membuat pemanfaatan teknologi informasi pun menjadi semakin digemari.

Digitalisasi dokumen tidak hanya sebatas dalam penulisan atau pengiriman dokumen seperti melalui email, melainkan bisa juga dalam hal pembuatan signature yaitu berupa pembubuhan tanda tangan.

Ya, saat ini pembuatan tanda tangan pada file dokumen memang sudah bisa dibuat secara digital. Umumnya pembuatan dilakukan dengan memanfaatkan alat scanner agar tanda tangan bisa ditampilkan dilayar komputer.

Namun saat ini pembuatan "cap" tangan tersebut sudah bisa dibuat langsung di perangkat mobile seperti smartphone android.

Cara ini tentu lebih mudah jika dibandingkan dengan menggunakan perangkat scanner tadi. Selain bisa menghemat waktu, dengan cara ini tentu proses pembuatan pun akan menjadi lebih praktis karena smartphone bisa dibilang selalu ada dan hampir selalu dibawa kemanapun kita pergi.

Lalu bagaimana cara untuk membuat tandatangan di smartphone? Nah untuk mengetahui hal tersebut, maka langsung saja kita simak ulasannya berikut ini.


Cara Buat Tanda Tangan Digital dengan Smartphone Android

1. Langkah pertama kita download terlebih dahulu aplikasi bernama Adobe Fill and Sign di layanan playstore.


2. Jika sudah lalu kita buka aplikasinya dan pilih menu bergambar pena yang berada di bagian kanan atas layar > lalu pilih menu "Create Signature".


3. Langkah selanjutnya kita langsung buat saja tanda tangan di area putih yang telah disediakan menggunakan jari kita. Setelah itu lalu pilih menu "Done" saat sudah selesai.

Namun jika terdapat kesalahan atau ttd dirasa kurang bagus kita bisa menghapusnya dengan memilih menu "Clear".


4. Untuk membubuhkan hasil tandatangan pada dokumen, kita cukup pilih menu "select a form to fill out", lalu pilih jenis file yang diinginkan bisa berupa dokumen PDF maupun file foto.

5. Setelah itu pilih gambar pena lagi > lalu pilih tandatangan yang sudah dibuat tadi > kemudian tempatkan tandatangan di posisi yang sesuai.

Jika ingin mengubah ukuran menjadi besar atau kecil bisa dengan menggeser arah panah yang berada disebelah gambar tanda tangan.

Jika sudah maka hasilnya akan terlihat seperti gambar berikut.

Bagaimana mudah dan praktis bukan?

Dengan cara ini tandatangan yang dihasilkan memang agak sedikit kurang bagus dan terlihat tidak terlalu rapih. Namun hal tersebut dirasa sudah cukup bagi kita yang sangat membutuhkan tandatangan digital disaat kondisi yang mungkin terburu-buru.

Nah jika memang kita menginginkan hasil yang lebih baik serta bentuk yang sama persis dengan tanda tangan asli milik kita, maka disarankan untuk membaca artikel berikut tentang Cara membuat tanda tangan digital yang akurat dengan Microsoft Word.


Demikianlah artikel singkat kali ini tentang tutorial cara membuat tanda tangan digital dengan menggunakan smartphone android. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan akhir kata sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close