Cara Mudah Memasang Password di Folder Komputer


Folder merupakan tempat yang seringkali digunakan untuk menyimpan berbagai macam data dan jenis file lainnya dari penggunaan perangkat digital seperti komputer maupun laptop.

Fungsinya pun sangat sederhana yaitu untuk membuat tampilan dari file-file yang sudah disimpan di komputer tersebut dapat terlihat menjadi lebih rapih, sehingga tidak terkesan acak-acakan maupun tercecer dimana-mana.

Selain itu, dengan memanfaatkan sistem folder ini, maka pengguna (user) komputer pun dapat lebih mudah di dalam mencari suatu file yang ingin dipakai.

Adapun caranya yaitu dengan membuat kategori di masing-masing folder dengan memberikan penamaan yang berbeda, dimana pada setiap folder tersebut diisi dengan file-file atau data yang sejenis saja.

Sebagai contoh pada saat kita bisa menyimpan berbagai jenis file musik hanya khusus di folder musik saja, file film di folder film, file game di folder game, dan seterusnya tergantung kehendak dari pengguna komputer tersebut.

Sebagai sebuah fitur yang bermanfaat serta dapat digunakan untuk memudahkan pengguna, tentu isi dari folder pun bisa sangat beragam. Dan diantara banyaknya file tersebut, salah satu yang mungkin sering disimpan yaitu jenis file yang bersifat pribadi atau bahkan rahasia, seperti file foto atau video pribadi, dokumen kerja, username serta password suatu akun dan lain sebagainya.

Nah karena hal-hal seperti itu bersifat sangat personal dan mungkin juga tidak boleh ada orang yang tahu kecuali orang-orang tertentu saja. Maka tentu saja diperlukan suatu pengamanan khusus di dalam melindungi setiap file-file rahasia tersebut.

Adapun salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan membuat suatu proteksi berupa password atau kata sandi yang dapat dipasang di setiap folder yang dianggap penting tersebut.

Lalu bagaimana cara melakukannya? Dan apakah perlu dipasang suatu aplikasi terlebih dahulu? Tenang saja karena tips ini sangat mudah dilakukan serta kitapun tidak perlu lagi untuk menggunakan aplikasi apapun dari pihak ketiga.

Nah untuk bisa mengetahui caranya, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Membuat Password pada Folder Komputer Windows

Catantan: Disclaimer sebelumnya, bahwa cara membuat kata sandi untuk folder ini hanya bisa berhasil jika OS Windows kita sudah menggunakan versi Profesional atau versi Enterprise.

Selain itu, perangkat komputer kita pun sebelumnya harus sudah dipasangkan password pengaman akun yang biasa digunakan pada saat login ketika pertama baru menyalakan komputer.

Nah jika belum, maka kita bisa membuatnya terlebih dahulu dengan membaca artikel Cara Membuat Password pada saat Login Komputer

1. Langkah pertama kita lakukan klik kanan di folder yang ingin kita kunci dengan dibuatkan kata sandi. Setelah itu pilih menu "Properties" yang ada di bagian paling bawah.



2. Jika sudah selanjutnya pada bar menu General kita pilih menu "Advanced".



3. Setelah itu akan muncul tampilan menu baru dan pada bagian ini kita cukup centang tulisan "Encrypt contents to secure data", lalu pilih OK > lalu pilih "Apply".



4. Jika sudah maka akan muncul tampilan notifikasi baru, yang memberikan pilihan apakah sandi hanya akan dibuat untuk folder saja atau beserta file di dalamnya.

Jika tidak ingin repot disarankan untuk memilih "apply changes to this folder only". Namun jika ingin lebih aman bisa memilih menu yang kedua yang ada dibagian bawahnya. Bila sudah jangan lupa pilih OK.



5. Setelah itu pilih OK sekali lagi yang ada di bagian bawah paling kiri.

Hingga langkah diatas maka folder pun sudah selesai untuk dibuatkan password. Lalu untuk mengunci folder-folder yang lainnya bisa menggunakan cara yang sama, karena cara ini hanya bisa dilakukan secara manual satu persatu.

Lalu bagaimana jika ingin menghilangkan kata sandi atau password yang sudah dibuat?

Cara untuk menghapus password tersebut sebenarnya masih sama dengan cara pada saat membuat, perbedaannya hanya ada di langkah nomor 3 yaitu dengan menghilangkan tanda centang di tulisan "Encrypt contents to secure data".


Bagaimana mudah dan praktis bukan? Selain cepat karena tidak perlu men-install aplikasi dengan melakukan langkah-langkah inipun dapat membuat kita terhindar dari pencurian data yang mungkin dilakukan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Demikianlah artikel kali ini tentang Cara mengunci folder komputer dengan menggunakan kata sandi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan akhir kata sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close