Cara Membuat Password Login Komputer Windows


Kata sandi atau password merupakan salah satu cara paling umum yang biasa dilakukan dalam mengamankan berbagai macam data pribadi maupun jenis file lainnya dalam sebuah perangkat digital.

Dari sekian banyaknya perlindungan dengan menggunakan kata kunci ini, salah satu yang mungkin sudah tidak asing lagi yaitu mengenai penggunaan password pada saat melakukan login perangkat komputer. Dimana bisa dibilang bahwa fitur satu ini memang seperti standar wajib yang harus dipasang oleh setiap pengguna.

Cara mengunci dengan password banyak digunakan selain karena dapat mengamankan file dari pencurian orang yang tidak dikenal, juga karena cara satu ini tergolong sangat mudah dipasang sebab tidak memerlukan aplikasi tambahan apapun.

Hanya dengan memanfaatkan fitur bawaan yang sudah ada, maka kitapun dapat langsung membuat langkah pengamanan berupa password pada perangkat PC desktop maupun laptop.

Meskipun tergolong sangat mudah, namun ada saja orang yang terkadang belum mengetahui tentang cara ini. Terutama bagi mereka orang yang baru pertama kali menggunakan perangkat komputer, tips-tips dasar seperti ini mungkin saja masih asing dan belum diketahui oleh mereka.

Nah untuk itu pada artikel kali ini akan membahas mengenai cara membuat kata sandi yang biasa diaplikasikan pada saat login di komputer. Dan untuk mengetahui bagaimana caranya, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Mengaktifkan Password pada saat Menyalakan Komputer

Disclaimer sebelumnya, bahwa disini kita menggunakan versi OS Windows 10 dalam melakukan tutorial ini.

Bagi pengguna versi sistem operasi selain itu, mungkin saja bisa menimbulkan adanya perbedaan meskipun hal itu tentu saja tidak akan terlalu signifikan perbedaannya.

1. Langkah pertama kita klik menu Start > lalu pilih menu "Settings" yang memiliki icon berupa roda gigi.



2. Selanjutnya kita pilih menu "Accounts" > lalu pilih menu "Sign-in options".



3. Di bagian sebelah kanan kemudian akan muncul deretan baris menu, disini kita hanya perlu memilih menu "Password" > lalu pilih "Add" untuk membuat kata sandi baru.



4. Langkah terakhir kita ketik kata sandi yang diinginkan pada bagian kolom "New Password" dan "Confirm password". Sementara untuk kolom "Password Hint" bisa diisi dengan petunjuk atau clue dari password yang sedang digunakan.

Sebagai contoh misalnya saja password yang kita ketik adalah "Bambang" (nama ayah anda), maka password hint bisa diisi dengan kalimat "Nama Ayah". Jika sudah lalu klik "Next" > lalu pilih "Finish".



Hingga langkah diatas, maka pembutan kata sandi pun telah berhasil dilakukan. Jika ingin memastikan apakah benar-benar sudah berhasil dipasang, maka kitapun tidak perlu repot-repot untuk melakukan restart atau bahkan mematikan komputer melainkan cukup dengan menekan tombol Windows+L secara bersamaan pada keyboard.




Lalu bagaimanca cara untuk mematikan atau menghapus password pengamanan yang telah dibuat tadi? Nah untuk menghapus hal itu, pada dasarnya memiliki cara yang hampir sama.

Jika sebelumnya kita pilih menu ADD maka disini kita pilih menu "Change" > lalu masukkan password lama > kemudian langsung saja pilih "Next" tanpa perlu mengisi kata sandi terlebih dahulu > lalu terakhir pilih "Finish".

Demikianlah artikel kali ini tentang cara mengaktifkan atau membuat kata sandi ketika login pada perangkat komputer windows. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan akhir kata sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close