Cara Aktifkan Fitur Dark Mode pada OS Windows

Dark mode atau terkadang ada juga yang menyebutnya dengan night mode merupakan salah satu fitur yang belakangan ini mulai banyak di aplikasikan di berbagai perangkat teknologi seperti komputer maupun gadget smartphone.

Dark mode ini seperti namanya adalah sebuah fitur yang memiliki fungsi untuk membuat tampilan layar menjadi lebih gelap atau redup dari tampilan awal. Caranya yaitu dengan mengubah warna dari tampilan background layar menjadi warna hitam atau warna lainnya yang cenderung lebih gelap.

Adapun tujuan dari diterapkannya darkmode ini yaitu untuk melindungi terutama bagian mata dari pengguna gadget agar tidak mudah lelah jika digunakan pada saat malam hari maupun penggunaan di tempat yang sangat minim cahaya.

Sehingga dengan adanya fitur mode gelap maka pengguna akan tetap merasa nyaman untuk berlama-lama dalam menggunakan perangkat gadgetnya meskipun di tempat yang tidak banyak tersorot cahaya sekalipun.

Hal ini sebenarnya hampir mirip dengan fitur dari pengaturan kontras atau kecerahan pada layar yang sebelumnya sudah lebih dulu ada, yaitu sama-sama berfungsi untuk mengatur intensitas tampilan layar.

Bedanya, jika pada mode kontras akan mengatur tingkat kecerahan dari cahaya yang keluar pada layar, maka pada dark mode atau mode malam akan mengatur warna yang ditampilkan pada layar dengan mengubahnya ke warna yang lebih gelap.

Berbicara fitur darkmode, belakangan sistem operasi besutan Microsoft pun nampaknya sudah menerapkan fitur satu ini di line up produknya yaitu OS Windows. Namun untuk bisa mengaktifkan mode gelap atau night mode ini harus dilakukan secara manual.

Nah untuk itu bagi kita yang belum tahu dan ingin mencoba mengubahnya, maka dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai cara mengubah tampilan Windows menjadi mode malam atau mode gelap dengan praktis. Langsung saja untuk mengetahuinya mari kita simak ulasan berikut ini.


Cara Mengganti ke Mode Malam di Sistem Operasi Windows

1. Langkah pertama kita pilih menu "Start" atau bisa juga dengan cara menekan tombol windows pada keyboard > lalu pilih menu "Settings" yang bergambar roda gigi.


2. Selanjutnya pilih menu "Personalization" > lalu klik atau pilih menu "Colors".


3. Selanjutnya pada tampilan menu "Choose your colors" kita cukup memilih menu "Dark". Tunggu beberapa saat dan tema pun akan segera berganti secara otomatis menjadi tema gelap.


Selain itu jika dirasa masih kurang puas dengan tampilan yang ada, kita juga bisa melakukan pengaturan warna secara custom untuk menyesuaikan dengan mood isi hati kita.

Nah bagaimana mudah dan praktis bukan?

Dengan hadirnya fitur ini di sistem operasi Windows, tentu hal ini diharapkan dapat membuat kita sebagai pengguna menjadi semakin nyaman dan tidak was-was dalam menatap layar komputer untuk jangka waktu yang lama meskipun dalam keadaan kondisi gelap sekalipun.

Meskipun begitu tetap saja, jika kita menggunakan komputer di tempat yang gelap tentu sangat tidak direkomendasikan kecuali memang kita berada dikondisi yang sangat mendesak.




Demikianlah artikel kali ini tentang Cara membuat tampilan dark mode (mode malam) aktif pada os windows. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan akhir kata sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close