Pengertian Multimedia dan Manfaatnya bagi Kehidupan


Multimedia merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang sangat berkembang seperti di era modern ini. Pada dasarnya multimedia merupakan bagian dari cabang ilmu yang banyak memanfaatkan teknologi digital seperti komputer didalam praktik penggunaannya.

Multimedia sendiri secara harfiah berasal dari dua suku kata yaitu terdiri dari kata "multi" dan juga kata "medium". 
Multi memiliki arti lebih dari satu atau banyak, sementara medium memiliki arti sebagai perantara atau sesuatu yang digunakan untuk menghantar (menyampaikan) sesuatu seperti komunikasi massa.

Sehingga secara istilah multimedia memiliki pengertian yaitu sebagai suatu ilmu yang menggabungkan dua atau lebih media input maupun output dari suatu data. Media yang dimaksud disini dapat berupa file audio, video, gambar atau foto dan juga teks maupun grafik.


Pengaplikasian Ilmu Multimedia dalam Kehidupan Sehari-hari

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa ilmu satu ini umumnya akan memanfaatkan teknologi komputer sebagai media yang digunakan.

Adapun secara lebih spesifik yaitu dengan menggabungkan media-media tersebut menggunakan sebuah link dan tool yang memungkinkan si pembuat dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan si penerima baik itu secara langsung maupun tidak langsung.

Setidaknya ada empat komponen yang harus atau wajib ada didalam pembelajaran multimedia
  • Pertama, yaitu adanya seperangkat komputer sebagai alat untuk memproses atau mengolah dari sumber media (audio, visual, dsb).
  • Kedua, terdapat sebuah link untuk menghubungkan si pembuat dengan informasi yang sedang digunakan.
  • Ketiga, terdapat alat navigasi untuk membantu si pembuat dalam menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung.
  • Terakhir multimedia dapat juga menyediakan tempat kepada pembuat untuk mengumpulkan, memproses, dan mengkomunikasikan segala informasi dengan ide.

Adapun di sisi lain manfaat dari ilmu ini tentu sangat beragam sekali, tergantung dari siapa yang akan memanfaatkannya.




Sebagai contoh di dunia pendidikan misalnya, penerapan ilmu satu ini dapat dimanfaatkan untuk membantu para guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran di sekolah yang lebih interaktif dan komunikatif. Seperti dengan menggunakan animasi (gambar gerak maupaun audio visual), grafik, dan lain sebagainya.

Sedangkan diranah komersil contoh konkritnya yaitu dapat mempermudah dan memperkaya didalam proses mempromosikan suatu produk. Baik itu pada saat proses produksi, distribusi, marketing, dan lain sebagainya.

Adapun contoh nyata dari hasil multimedia sendiri yaitu dapat berupa produk iklan (baik di televisi, majalah, brosur, dsb), film, game, dan bahkan teknologi Virtual Reality (VR) yang merupakan bagian dari perkembangan teknologi yang paling terkini.

Jika anda ingin mengetahui lebih banyak mengenai apa itu teknologi VR, mungkin anda bisa membaca artikel berikut tentang Perbedaan Antara Teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). Diharapkan dengan artikel tersebut dapat memberikan pemahaman lebih mendalam seputar teknologi virtual yang mulai banyak digunakan hingga saat ini.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close