Istilah Recurring Role pada Serial Film


Recurring role merupakan istilah yang terdapat di dalam dunia film khususnya film serial yang biasa tayang di stasiun televisi (Amerika).

Apa itu recurring role? Sebelum membahasnya, akan lebih baik jika kita mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis peran yang ada didalam sebuah serial televisi.

Pada dasarnya ada tiga jenis peran atau karakter yang biasa dimainkan didalam sebuah serial film (televisi), pertama yaitu pemeran regular, kedua yaitu pemeran tamu (pengisi), dan ketiga adalah pemeran berulang (recurring role).

Pemeran utama merupakan plot sentral yang ada di dalam alur cerita sebuah film, dimana pemeran utama tersebut biasanya terdiri dari karakter protagonis dan karakter antagonis.

Pemeran tamu adalah pemeran yang hanya muncul sekali atau beberapa kali saja didalam satu seri. Biasanya peranya itu bukan merupakan fokus utama didalam alur cerita sebuah film, dengan kata lain kehadiran pemeran tamu ini tidaklah begitu mempengaruhi dalam alur cerita.

Terakhir yaitu recurring role yang juga dapat dikatakan sebagai campuran dari kedua jenis peran yang sudah dijelaskan sebelumnya.


Pengertian dari Recurring Role dalam Film

Recurring role atau sering juga disebut recurring character merupakan pemeran atau sebuah karakter di dalam sebuah film yang kehadirannya bukan merupakan pemeran utama.

Namun penampilannya ini dianggap cukup mempengaruhi alur cerita utama, bahkan terkadang kehadirannya dapat menjadi fokus cerita utama dibeberapa episode serial film tersebut.

Penampilan dari pemeran berulang (recurring role) biasanya tidak muncul di setiap episode melainkan hanya beberapa kali saja secara random dalam setiap seri film.

Baca Juga : Peran TVRI dalam Industri Musik di Indonesia era 1980-an

Recurring role biasanya muncul dimulai sebagai pemeran tamu terlebih dahulu dalam satu episode seri film. Namun penampilannya akan terus muncul di episode berikutnya jika alur cerita dianggap menarik untuk dilanjutkan atau mungkin juga karena penonton sangat tertarik dengan kehadiran aktor atau pemeran tersebut.

Oleh karena itu, terkadang recurring role akhirnya menjadi bagian dari pemeran utama karakter dalam serial film.

Karakter seperti itu kadang-kadang disebut dengan istilah karakter pelarian (Breakout Character)Bahkan dibeberapa serial film tertentu, seorang pemeran berulang (recurring role) diberikan seri spin-off atau alur cerita tersendiri.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close