Cara Bayar Virtual Account Tokopedia dengan Internet BSI


Belanja barang secara daring atau online sepertinya memang sudah menjadi kebiasaan baru bagi masyarakat diseluruh dunia tak terkecuali juga di Indonesia.

Saat ini di dalam negeri sendiri, kita tahu sudah banyak perusahaan yang bergulat menawarkan jasa layanan penjualan barang atau biasa juga dikenal dengan istilah e-commerce yang sudah banyak beroperasi.

Tercatat mungkin sudah ada lebih dari lima perusahaan besar beroperasi di Indonesia yang menawarkan bisnis dibidang tersebut. Nah salah satunya yang sudah tidak asing lagi dan mungkin banyak digunakan oleh masyarakat kita yaitu platform e-commerce bernama Tokopedia.

Ya, perusahaan yang identik dengan warna hijau ini memang selalu memberikan pelayanan prima dengan berbagai macam promo dan diskon menarik yang selalu hadir menamani para pengguna setianya.

Tak hanya itu saja, di platform e-commerce satu inipun kita juga dapat melakukan transaksi pembayaran barang yang kita beli dengan menggunakan berbagai macam metode pembayaran yang telah disediakan. Dari mulai via kredit menggunakan cicilan, via transfer bank, dompet digital (e-wallet), dll.

Adapun salah satu metode yang mungkin sering kita pakai yaitu pembayaran dengan menggunakan virtual account Bank Syariah Indonesia, melalui internet banking BSInet.

Dengan cara ini tentu kita dapat semakin dimudahkan untuk melakukan pembayaran barang belanjaan dengan praktis tanpa harus repot untuk pergi keluar rumah.

Nah bagi kita yang ingin mengetahui bagaimana cara melakukan hal tersebut, maka langsung saja kita simak pada langkah-langkah berikut ini.


Cara Pembayaran dengan Virtual Account BSI di Aplikasi Tokopedia

1. Pertama tentu saja kita sudah memiliki barang yang diinginkan dengan memilih menu "beli langsung" yang ada di aplikasi Tokopedia.

Setelah itu pada menu Pengiriman dan Pembayaran kita ubah ke Pembayaran dengan menggunakan BSI. Caranya masuk ke metode pembayaran yang saat ini sedang digunakan (Disini sebelumnya memakai BCA Virtual Account) > lalu pada menu Transfer Virtual Account Syariah kita pilih Bank Syariah Indonesia.



2. Jika sudah lalu kita pilih menu "bayar", dan kemudian kita akan diberikan nomor virtual account yang nanti akan digunakan sebagai pengganti nomor rekening konvensional. Maka jangan lupa untuk mencatat atau menyalin nomor tersebut.



3. Langkah selanjutnya lalu kita Login ke halaman website dari Internet banking BSI (BSInet) menggunakan browser google chrome maupun lainnya.

Setelah itu kita pilih icon menu 9 titik yang ada diseblah kiri atas > lalu pilih menu "Pembayaran", dan kemudian akan muncul kotak menu transaksi pembayaran.



4. Pada bagian menu "Rekening" kita pilih dengan nomor rekening yang sedang kita pakai. Sementara pada menu "Jenis pembayaran" kita klik menu tersebut lalu pilih e-commerce > Selanjutnya pada menu "e-commerce" kita cukup pilih Tokopedia. Jika sudah lalu kita pilih "Verifikasi aplikasi pembayaran".



5. Selanjutnya isi nomor bayar dengan nomor virtual account yang sudah disalin sebelumnya dari aplikasi Tokopedia. Jika sudah lalu pilih opsi "Submit Pembayaran".



6. Selanjutnya isi nomor Token dan Pin Otorisasi.

Pertama untuk bisa mendapatkan nomor token maka kita perlu meminta terlebih dahulu. Caranya pilih menu icon 9 titik > lalu pilih menu "Request Token". Jika sudah maka secara otomatis kita akan mendapatkan nomor token tersebut yang dikirim melalui sms ke nomor telepon yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Sementara untuk pin otorisasi, bisa didapatkan pada saat kita membuat akun BSInet tersebut pertama kali. Jika keduanya sudah diisi, lalu langkah terakhir kita pilih opsi "Submit".



Hingga langkah diatas maka proses pembayaran barang di Tokopedia pun telah berhasil dilakukan.

Dan untuk memastikan bahwa pembayaran benar-benar telah selesai, maka kita bisa mengeceknya langsung di aplikasi Tokopedia dengan memilih cek status pembayaran.

Lalu bagaimana untuk bukti transfer? Dikarenakan sudah menggunakan sistem automatic, maka kita hanya perlu menunggu beberapa menit untuk proses konfirmasi pembayaran. Sehingga kita tidak perlu repot lagi untuk meng-upload bukti transfer karena pemeriksaan pembayaran tersebut akan dicek secara otomatis oleh sistem.

Catatan : Setelah kita melakukan transaksi pembelian di platform e-commerce dimanapun itu, sebaiknya kita jangan lupa untuk melakukan konfirmasi penerimaan barang jika barang sudah benar-benar sampai.

Dan jangan lupa juga sempatkanlah untuk memberikan respon berupa feedback positif kepada penjual, karena hal itu meskipun terlihat sepele namun tentunya akan sangat berarti bagi mereka.




Demikianlah artikel kali ini tentang cara melakukan pembayaran di Tokopedia dengan menggunakan virtual account bank syariah indonesia (BSInet).

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan sampai berjumpa kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close