Cara Lakukan Screenshot Panjang di Smartphone Xiaomi


Xiaomi sebagai salah satu merek dari brand smartphone ternama di Indonesia memang selalu menghadirkan banyak terobosan-terobosan terbaru dalam memanjakan para pengguna setianya.

Salah satu terobosan yang telah dilakukan yaitu dalam hal mode tangkapan layar atau screenshot. Dalam update-an software terakhir ini, Xiaomi nampak telah membenamkan suatu fitur yang cukup menarik pada saat kita sedang melakukan proses screenshot.

Fitur tersebut yaitu tentang cara melakukan screenshot layar smartphone yang bisa dilakukan secara memanjang vertikal hingga kebawah. Bisa dibilang bahwa fitur yang satu ini memang tergolong standar dan bukan merupakan suatu terobosan yang sangat luar biasa.

Meskipun memiliki konsep yang boleh dikatakan sederhana, namun kehadirannya ini tentu cukup membantu sekali bagi kita yang sering melakukan proses tangkapan layar di perangkat smartphone.

Apalagi jika tangkapan layar yang ingin kita ambil tersebut memiliki tampilan gambar yang memanjang kebawah. Seperti misalnya sebuah teks tulisan maupun postingan di media sosial yang sedang kita baca di internet.

Tentu dengan hadirnya fitur ini kita dapat dengan mudah melakukan proses screenshot tersebut tanpa perlu repot untuk melakukannya berulang kali. Hanya dalam satu kali proses screenshot maka kita pun dapat menangkap tampilan layar yang lebih banyak.

Nah lalu bagaimana cara melakukan proses screenshot yang panjang tersebut? Langsung saja jika kita ingin mengetahuinya maka simak ulasan berikut ini.


Cara Melakukan Screenshot Panjang di Smartphone Xiaomi

1. Langkah pertama lakukan screenshot seperti biasa di smartphone Xiaomi kita. Proses screenshot bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa cara tergantung penyesuaian yang sudah kita atur sebelumnya, seperti dengan cara menggeser tiga jari kebawah atau dengan menekan tombol daya+tombol home secara bersamaan, dan lain sebagainya.

2. Setelah selesai melakukan screenshot, biasanya dibagian sisi sebelah kanan atas akan muncul pilihan menu, disini kita cukup memilih menu "gulir".



3. Setelah itu maka secara otomatis proses screenshot akan memanjang kebawah dengan sendirinya. Jika pada proses ini dianggap kurang cepat, maka kita pun bisa melakukan scroll gambar secara manual ke arah bawah.

Jika dirasa telah cukup maka untuk menyudahinya kita hanya perlu memilih menu "selesai".



4. Tunggu beberapa saat hingga tulisan "memproses" hilang. Waktu proses pada tahapan ini biasanya tergantung dari seberapa banyak tangkapan layar yang dilakukan.

Semakin banyak tampilan yang ditangkap maka waktu yang diperlukan pun akan semakin lama.



5. Jika sudah terakhir kita pilih menu "simpan" dan inilah contoh dari hasil proses tangkapan layar panjang di smartphone Xiaomi (lihat gambar dibawah).

Selain itu sebelum disimpan kita pun masih dapat mengeditnya terlebih dahulu di menu yang telah disediakan.



Lalu bagaimana untuk hasilnya? Tenang saja meskipun gambar screenshot dalam keadaan memanjang kebawah secara vertikal, namun kualitas yang dihasilkan pun sangat baik bahkan bisa dibilang hampir persis seperti gambar asli yang ditampilkan pada layar smartphone kita.

Jika hasil screenshot dianggap kurang jelas, maka kita masih bisa melakukan zoom untuk melihat lebih detailnya dengan melakukan tap dua kali.

Catatan : Untuk beberapa tipe smartphone xiaomi biasanya akan mengalami masalah pada saat melakukan screenshot panjang. Hal ini bisa terjadi salah satu penyebabnya yaitu diakibatkan karena adanya memori penyimpanan yang hampir penuh.

Untuk itu sebelum melakukan tutorial ini sebaiknya pastikan terlebih dahulu agar memori penyimpanan dalam keadaan yang cukup atau memadai.
 

Demikianlah tutorial mudah tentang Cara Melakukan Screenshot Panjang di HP Xiaomi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close