Cara Simpan Video Youtube Short ke Playlist Tonton Nanti


Pernahkah kita menonton video shorts youtube? Mungkin sebagian dari kita yang memang aktif bersosial media, pastinya sudah pernah atau bahkan sering menonton format video pendek satu ini.

Ya, jenis video ini memang merupakan salah satu kategori baru di platform youtube, dimana kita bisa menonton video dengan durasi yang tergolong sangat pendek yaitu kurang dari 1 menit saja.

Ada beberapa hal yang disukai dari versi video dengan format pendek seperti ini, pertama yaitu karena lebih simpel, membuat kita dapat menonton lebih banyak video dalam durasi yang relatif lebih singkat.

Jadi bagi yang memang merasa super sibuk karena banyak aktivitas atau karena terbatasnya kuota internet, kita tetap masih bisa menonton dan menikmati banyak tayangan di aplikasi besutan google ini tanpa membuang banyak waktu.

Selain itu, di format shorts ini banyak juga content creator yang membuat beragam tutorial atau tips tertentu yang sangat bermanfaat.

Dan karena hal itu pula, tidak jarang dari kita sebagai penonton yang kemudian memutuskan untuk menyimpan tayangan shorts ini. Sehingga jika suatu saat ingin kita tonton ulang, maka kita bisa membukanya di playlist aplikasi youtube kapanpun saat diinginkan.

Lalu apakah kita bisa memindahkan shorts youtube ini ke playlist simpan atau tonton nanti? Hal ini mungkin yang sering ditanyakan oleh banyak orang sampai sekarang.

Jawabannya tentu saja bisa, meski memang caranya agak sedikit berbeda dengan saat kita akan menyimpan video normal pada umumnya yang memiliki durasi panjang.

Nah untuk itulah artikel ini sengaja dibuat, dan bagi kita yang memang ingin mengetahui caranya, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Pindahkan Short Youtube ke Playlist Tonton Nanti

Setidaknya ada tiga cara yang dapat kita lakukan untuk menyimpan video Youtube shorts ke folder tonton nanti. Adapun langkah-langkah dari ketiga cara tersebut adalah sebagai berikut.


A. Langsung di Video Short

1. Pertama-tama kita buka terlebih dahulu video short youtube yang ingin disimpan.

2. Selanjutnya pilih icon tiga titik vertikal yang ada disebelah kanan atas atau bisa juga dengan melakukan tap dan tahan beberapa detik dari tampilan video yang sedang ditonton.

3. Jika sudah maka akan langsung muncul tampilan menu, disini kita hanya perlu memilih opsi simpan ke playlist > pilih tonton nanti > kemudian pilih selesai.

Catatan : Khusus untuk cara pertama ini biasanya hanya bisa digunakan jika kita menggunakan aplikasi Youtube versi paling baru saja. Jadi jika gadget/handphone kita tidak terdapat opsi cara ini, maka sangat disarankan untuk menggunakan cara kedua dan ketiga.


B. Melalui Fitur History (Sudah Ditonton)

1. Langkah pertama tentu kita harus buka aplikasi Youtube di perangkat smartphone kita.

2. Setelah itu, kita tonton terlebih dahulu video short yang ingin kita simpan. Cukup beberapa detik saja, tidak usah sampai selesai pun tidak menjadi masalah.

3. Jika sudah lalu kita pilih menu koleksi yang terletak dibagian sebelah kanan bawah layar ponsel.



4. Setelah itu pada kategori video yang dilihat baru-baru ini kita pilih icon tiga titik vertikal > lalu akan muncul pop-up menu baru, disini kita pilih Simpan ke tonton nanti. Dan video pun akan langsung otomatis tersimpan.



Namun jika video short yang ingin kita pindahkan itu merupakan video lama sudah ditonton, maka kita bisa mencarinya di menu history > baru setelah itu kita gunakan cara yang sama seperti poin pada nomor 4.


C. Melalui Notifikasi pada Smartphone

Dalam tutorial yang ketiga ini sebenarnya lebih mudah dan bahkan cenderung lebih praktis dibandingkan dengan cara sebelumnya.

1. Nah langkah pertama untuk bisa melakukan cara ini, yaitu kita harus sudah subscribe dan mengaktifkan lonceng notifikasi di channel yang bersangkutan dari shorts yang ingin kita save ke tontonan nanti.

2. Jika sudah subscribe dan aktifkan notifikasi, maka biasanya kita akan diberikan pemberitahuan saat ada video yang baru saja di upload.

3. Lalu saat muncul notifikasi itu, akan ada tiga opsi yang bisa kita pilih. Nah kita cukup pilih tonton nanti.



Jika sudah maka shorts tersebut akan langsung otomatis tersimpan di koleksi playlist tonton nanti pada aplikasi youtube.




Bagaimana mudah bukan? Selain memindahkan ke kategori untuk ditonton nanti, sebenarnya kita juga bisa menyimpan video short ini dengan berbagai cara lain.

Seperti dengan menekan tombol like/suka pada video yang sedang dilihat, dimana hal tersebut dapat membuat video akan otomatis tersimpan di playlist video yang disukai. Sehingga kita dapat memutar ulang kapan pun, cukup dengan mencarinya di playlist tersebut.

Atau cara lainnya yaitu bisa dengan mengunduh/mendownload langsung video shorts yang menurut kita bagus, agar kita bisa membukanya secara offline di galeri handphone kita.

Nah demikianlah tips tutorial pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan akhir kata sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close