Cara Membuat Widget Kotak Berlangganan pada Blog

Kotak berlangganan pada blog atau sering juga disebut sebagai newsletter box adalah salah satu fitur umum berupa plugin atau widget yang biasa ditemukan saat kita mengunjungi ke halaman suatu website.

Adapun fungsi dari fitur tersebut yaitu berguna untuk memberikan pemberitahuan kepada pembaca dari situs blog, jika ada artikel terbaru yang sudah diposting.

Mekanismenya kurang lebih hampir sama seperti sistem subscribe pada platform kanal Youtube. Dimana jika sudah melakukan subscribe atau berlangganan, maka penonton akan langsung diberikan notifikasi tentang video yang baru saja diupload.

Bedanya jika pada newsletter box ini, visitor (pembaca blog) akan diberitahu melalui alamat email yang sebelumnya sudah didaftarkan.

Lalu apa saja manfaat menggunakan newsletter?

Manfaat utama dari fitur ini tentu saja untuk menambah jumlah pembaca atau pengunjung setia dari blog kita. Semakin banyak orang berlangganan, maka logikanya akan semakin besar pula traffic visitor yang bisa diraih.

Hal ini pada akhirnya akan berdampak langsung pada hasil earning, dengan catatan selagi situs kita memang sudah dimonetisasi.

Selain itu, manfaat lain yang bisa didapatkan yaitu dapat dijadikan sebagai bahan perbandingan analitis data dan juga membangun engagement kepada pengunjung. Hal tersebut bisa dilihat langsung dari kebiasaan subscriber dalam merespon setiap postingan yang diupload.

Sehingga dari data yang ada itu bisa digunakan untuk meriset kata kunci atau keyword tertentu yang lebih tertarget.

Lalu bagaimana cara membuat kotak berlangganan ini?

Jika dahulu, para blogger sebenarnya sering menggunakan layanan bernama feedburner yang memanfaatkan prinsip kerja dari follow by email ini. Namun sayangnya layanan tersebut sekarang sudah tidak ada lagi karena memang telah ditutup.

Nah sebagai gantinya, saat ini ada layanan serupa yang bernama followit. Dimana fitur yang diberikan pun kurang lebih hampir sama dengan layanan dari feedburner.

Selain versi gratis, di followit juga terdapat versi premium yang menghadirkan lebih banyak fitur yang bisa dikelola.

Jadi bagi kalian yang memang ingin membuat kotak berlangganan, tapi masih bingung mau memakai apa. Maka followit ini mungkin bisa menjadi salah satu solusinya.

Dan jika ingin mengetahui bagaimana cara membuatnya, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Membuat Kotak Newsletter Berlangganan di Platform Blog dengan Follow.it

1. Langkah pertama kita masuk ke halaman website follow.it > Lalu jika belum memiliki akun, maka kita bisa mendaftar atau register terlebih dahulu dengan memilih Sign up.


2. Setelah selesai proses mendaftar, lalu pada bagian tampilan dashboard utama yang berada di sebelah kiri kita pilih menu Publishing > kemudian pilih Add feed.


3. Jika sudah lalu masukkan alamat URL dari blog kita > kemudian tekan Next. Selanjutnya akan muncul jendela notifikasi baru, kita cukup pilih Continue.


4. Setelah itu, kita akan diarahkan untuk meng-custom bentuk dari kotak newsletter (warna, teks tulisan, dsb). Disini sesuaikan saja dengan keinginan kita > Jika sudah lalu tekan Continue.


5. Selanjutnya akan muncul kode berupa HTML. Disini kita hanya perlu menyalin kode tersebut dengan memilih Copy code > lalu pastekan di widget blog.


6. Caranya masuk ke dashboard blog > pilih menu Layout/Tata letak > pilih Tambahkan Gadget (sesuaikan saja mau di sidebar atau di bagian footer) > pilih HTML/Javascript > baru kemudian pastekan kode yang sudah disalin sebelumnya di kolom konten. Jika sudah lalu pilih simpan.


7. Kembali ke halaman followit, jika sudah selesai tahapan nomor 6 lalu pilih Done. Lalu jika ada tulisan Pick the Follow icons you want kita pilih skip this saja.

Langkah selanjutnya yaitu membuat agar kotak feed yang telah dibuat tadi dapat terkoneksi. Gunanya supaya fungsi dari followit ini dapat aktif dan bekerja dengan benar.

Adapun caranya masukkan alamat email kita > lalu pilih start > buka email, lalu copy kode aktivasi berupa teks HTML yang dikirim melalui email kita (lihat gambar dibawah).


8. Buka dashboard blog > pilih Tema > pilih Edit HTML > lalu pastekan kode yang telah disalin tadi diantara tag <head> dan </head>. Jika sudah lalu simpan perubahan.


9. Nah untuk benar-benar memastikan apakah sudah aktif atau belum, maka kita bisa mengeceknya dengan menekan Click here pada pesan yang diterima pada alamat email sebelumnya (lihat gambar langkah nomor 7, poin 2).

Jika berhasil maka akan muncul tulisan This feed has already been claimed.

Hingga langkah diatas, maka proses pembuatan newsletter followit pun telah selesai dilakukan. Dan kitapun bisa mulai mendapatkan pembaca setia dengan memanfaatkan layanan satu ini.

Baca Juga : Cara Simpel Membuat Bilangan Pangkat pada Blog

Demikianlah artikel kali ini tentang cara membuat menu subscribe newsletter box pada situs blog.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Dan jika ada yang ingin ditanyakan atau jika ada yang belum dimengerti mengenai langkah-langkahnya. Maka bisa langsung disampaikan saja pada kolom komentar yang telah disediakan di bagian bawah.

Akhir kata, terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan sampai berjumpa kembali di artikel lain selanjutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close