Cara Mengetahui Kapasitas Upgrade Maksimal Suatu Laptop


Apakah komponen-komponen perangkat laptop bisa diupgrade seperti pada komputer desktop?

Kita tahu bahwa laptop sebagai sebuah perangkat mobile memang banyak memiliki keterbatasan dalam hal melakukan pengoptimalan jika harus dibandingkan dengan perangkat komputer desktop yang jauh lebih fleksibel.

Hal ini karena biasanya hardware dari perangkat laptop memang secara umum berada pada kondisi sudah fix alias sudah terintegrasi langsung dengan motherboard, sehingga agak susah untuk dilakukan pengoptimalan dari segi hardware yang dimiliki.

Namun jangan salah, karena hal tersebut tentu saja tidak berlaku bagi semua varian. Sama halnya dengan komputer biasa, beberapa model dari laptop pun sebenarnya masih bisa dilakukan proses upgrade hardware untuk bisa ditingkatkan performanya menjadi jauh lebih tinggi lagi.

Salah satu cara yang dapat ditempuh yaitu dengan mengganti spesifikasi bawaan yang sudah terpasang sebelumnya atau jika memang memungkinkan bisa dengan hanya melakukan upgrade komponen dari partisi yang sudah ada untuk kemudian ditambahkan.

Adapun jenis komponen yang secara teori masih memungkinkan untuk bisa diganti ataupun diupgrade, yaitu berupa komponen yang berupa media penyimpanan seperti memori RAM dan juga storage hard disk maupun SSD.

Kedua elemen tersebut memang sangat mungkin untuk dilakukan ekspansi, karena pada beberapa laptop terkadang kedua partisi tersebut dibuat tidak langsung menyatu dengan motherboard sehingga masih dimungkinkan untuk bisa dibongkar pasang.

Nah pertanyaan selanjutnya, jika memang bisa diupgrade berapakah kapasitas maksimal upgrading yang bisa dilakukan dari suatu laptop? 

Jawabannya tentu saja bervariasi, karena setiap Laptop tentu dibuat dengan memiliki spesifikasi serta konfigurasi standar yang berbeda-beda, dimana hal tersebut tentu saja akan berpengaruh juga terhadap kapasitas upgrade setiap perangkat nantinya.

Jadi jika kita ingin melakukan upgrade laptop, namun kita belum mengetahui kapasitas upgrade maksimal dari laptop tersebut, maka tenang saja karena sebenarnya kita masih dapat mengecek hal tersebut. Bahkan kitapun dapat mengetahui partisi dari RAM maupun SSD tipe apa saja yang dapat digunakan dalam laptop kita.

Nah untuk mengetahui bagaimana caranya, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Cek Kapasitas Batas Upgrade Perangkat Laptop

1. Pertama kita harus mengetahui terlebih dahulu tipe atau varian model dari laptop kita. Jika memang belum mengetahuinya, maka bisa dilihat dengan cara mengecek spesifikasi komputer/laptop melalui dxdiag.

Lihat pada bagian "system manufacture" dan "system model" untuk mengetahui jenis varian dari laptop kita.



2. Jika model laptop telah diketahui, lalu langkah selanjutnya kita masuk ke pencarian google ataupun search engine lain yang biasa digunakan.

Lalu ketik di pencarian tersebut dengan keyword "model laptop crucial" > lalu tekan enter untuk mencarinya.

Sebagai contoh disini kita mencari laptop "HP 14s-dk0xxx crucial".



3. Setelah dicari maka biasanya akan langsung muncul hasilnya di urutan paling atas dari pencarian. Selanjutnya kita hanya perlu membuka link dari halaman website tersebut.


Lihat informasinya pada bagian Memory dan Storage. Dari contoh gambar diatas kita bisa mengetahui bahwa memori RAM pada model laptop tersebut memiliki kapasitas maksimal memori RAM yaitu mencapai 32 GB dengan konfigurasi dual channel.

Memori RAM tersebut pun memiliki kapasitas standar bawaan sekitar 4 - 16 GB tergantung varian laptop dan bersifat removable yaitu bukan jenis on-board yang mengindikasikan bahwa RAM pada laptop tersebut masih bisa diganti atau ditambahkan.

Sementara itu, untuk bagian storage pada laptop tersebut memiliki dua jenis tipe penyimpanan yaitu pertama tipe storage HDD/SSD 2,5 inch SATA dan yang kedua bertipe SSD M.2 dengan memiliki sambungan interface PCIe.

Jadi jika kita ingin melakukan upgrade sebuah laptop, maka kita harus menyesuaikan komponen RAM dan storage yang kita beli dengan spesifikasi yang ada di website tersebut.


Bagaimana mudah bukan? Dengan cara ini tentu dapat membuat kita menjadi semakin mudah dalam melakukan proses upgrade pada perangkat laptop.

Demikianlah artikel kali ini tentang Cara mengecek kapasitas upgrade pada komputer laptop. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan akhir kata sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close