Cara Memeriksa Tulisan Typo di Dokumen Komputer


Menulis era sekarang memang lebih praktis, karena bisa dilakukan hanya menggunakan media digital seperti komputer dengan cara mengetik tulisan yang dibuat dalam bentuk file dokumen.

Berbagai macam tugas baik itu tugas sekolah, tugas kantor, maupun yang lainnya dapat dengan mudah dikerjakan dan diedit tanpa perlu repot untuk melakukan print out terlebih dahulu. Hal ini tentu saja berbanding terbalik dengan mesin tik yang mungkin sungguh sangat merepotkan.

Meskipun memiliki berbagai macam kemudahan seperti dapat mudah untuk diedit. Namun pada saat kita menulis di komputer pun terkadang tidak terlepas dari adanya kesalahan-kesalahan yang mungkin bisa terjadi.

Seperti contoh ketika kita sedang mengeja suatu kata, mungkin saja secara tidak sengaja kita melakukan kesalahan dalam mengetik alias typo.

Jika kesalahan yang terjadi saat mengetik itu jumlahnya hanya sedikit dan bisa langsung diketahui, maka hal itupun mungkin dapat dengan mudah untuk langsung diperbaiki dari kata atau kalimat yang salah tersebut.

Akan tetapi, jika jumlah tulisan yang diketik itu sangat banyak, dimana mungkin bisa lebih dari ratusan halaman seperti saat mengerjakan skripsi misalnya, terkadang ada saja kesalahan dalam ejaan kata yang tidak kita sadari. Jika hal itu terjadi, tentu akan sangat merepotkan karena kita harus membaca hasil tulisan kita satu-persatu.

Apakah ada solusi untuk mengatasi masalah tersebut? Tenang saja dan tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah banyak sekali cara yang dapat digunakan untuk mengetahui ketika suatu tulisan terindikasi typo atau salah ketik. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan tool gratisan bernama typoonline.

Nah untuk mengetahui bagaimana cara melakukannya, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Cek Tulisan di Dokumen yang Salah Ketik (Typo)

Dalam tutorial ini, kita tidak perlu repot-repot untuk mengunduh dan install aplikasi, melainkan cukup dengan kuota internet maka cara inipun bisa langsung dijalankan.

1. Langkah pertama yaitu kita hanya perlu mengunjungi halaman website typoonline. Setelah itu, lalu kita login di halaman tersebut dan jika belum memiliki akun maka kita bisa melakukan proses daftar terlebih dahulu.

2. Setelah itu kita pilih menu "cek dokumen" yang memiliki icon berbentuk kertas yang bagian ujungnya terlipat.



3. Selanjutnya masukkan dokumen yang ingin dicek dengan memilih menu "letakan dokumen atau klik disini". Kemudian tunggu beberapa saat dan tulisan pun akan segera dipindai.



4. Jika ada kesalahan pada suatu kata seperti typo, maka kata yang salah tersebut akan memiliki warna yang berbeda. Dan untuk memperbaikinya, kita hanya perlu melakukan klik pada kata yang salah tersebut lalu ganti dengan kata yang benar sesuai ejaan.



Adapun beberapa kesalahan lain yang mungkin bisa dideteksi dari alat ini yaitu seperti kesalahan spasi ganda serta penggunaan kata bahasa inggris.

Jika semua kalimat sudah dianggap benar, maka kita bisa langsung menyimpan tulisan tersebut dengan memilih menu "simpan" yang berada di sebelah pojok kanan atas. Lalu setelah itu kita pilih "unduh" untuk menyimpan hasil akhir di perangkat komputer kita.




Bagaimana mudah bukan? Hanya dengan memanfaatkan cara ini, maka tulisan salah ketik yang tidak sesuai ejaan bahasa Indonesia yang benar pun dapat segera diperbaiki dengan lebih cepat.

Demikianlah artikel kali ini tentang Cara memastikan jika ada tulisan typo di dalam file dokumen seperti Microsoft word. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan akhir kata sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close