Cara Mengetahui Spesifikasi dari Perangkat Laptop


Sebagai sebuah perangkat portabel, laptop memang memiliki banyak sekali varian model dan juga spesifikasi yang berbeda-beda dari setiap produknya.

Bahkan saking banyaknya varian model yang tersedia itu, terkadang membuat kita menjadi bingung karena tidak bisa hafal satu-persatu dengan masing-masing model dari perangkat suatu laptop tersebut.

Hal ini tentu agak sedikit berbeda ceritanya dengan keberadaan perangkat smartphone, dimana mayoritas dari kita mungkin sudah banyak yang mengetahui mengenai tipe dari suatu ponsel, bahkan jika kita tidak memilikinya sekalipun.

Tidak hanya itu saja, melainkan spesifikasi lengkap yang sangat mendetail pun mungkin juga bisa kita ketahui dengan mudah.

Adapun alasan mengapa kebanyakan orang tidak mengetahui secara pasti spesifikasi dari laptop yang dimiliki, salah satu sebabnya karena faktor desain dari perangkat itu sendiri. Jika sebuah ponsel umumnya memiliki desain yang bisa berbeda-beda dari setiap varian yang dikeluarkan meskipun itu hanya sedikit.

Maka pada laptop tidak demikian, meski memiliki spesifikasi dan jeroan berbeda, tapi kebanyakan produsen lebih memilih untuk tetap menggunakan desain atau body laptop yang sama persis dengan produk sebelumnya. Hal ini tentu kadang membuat bingung bagi kita para konsumen.

Lalu bagaimana jika kita ingin mengetahui dari spesifikasi laptop yang sedang digunakan?

Ternyata terdapat cara mudah yang bisa kita lakukan untuk mengetahui hal tersebut. Nah untuk mengetahuinya, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Cek Model dan Spesifikasi dari Perangkat Laptop Windows

Setidaknya terdapat 3 cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui spesifikasi dan model komputer yang sedang kita gunakan. Adapun langkah-langkah dari ketiganya adalah sebagai berikut :


A. Menggunakan dxdiag

1. Langkah pertama buka program di windows bernama "Run", cara untuk mengaksesnya yaitu cukup dengan menekan tombol Windows + R pada keyboard secara bersamaan.



2. Setelah muncul programnya, lalu kita ketik di kolom pencarian dengan menuliskan kata "dxdiag" (tanpa tanda petik), kemudian setelah itu kita pilih OK atau bisa juga dengan menekan tombol enter. 

Tunggu beberapa saat dan program bernama DirectX Diagnostic Tool pun akan muncul secara otomatis dengan berisi informasi tentang data dari spesifikasi dari laptop kita. 


B. Menggunakan Control Panel

1. Cara yang kedua yaitu dengan kontrol panel, caranya kita buka dulu program File Explorer pada laptop.

2. Selanjutnya pada menu "This PC" kita lakukan klik kanan lalu pilih menu "Properties".


Setelah itu maka secara otomatis akan muncul spesfikasi dari laptop yang sedang digunakan.


C. Menggunakan Aplikasi HWiNFO

Cara yang terakhir ini memang agak sedikit repot karena kita perlu menggunakan sebuah aplikasi. Meskipun begitu informasi yang diberikan dapat lebih mendetail.

1. Pertama kita unduh dan install aplikasi bernama HWiNFO (untuk mendowloadnya bisa langsung cari di internet dengan kata kunci HWiNFO).

2. Setelah selesai langsung saja buka aplikasinya, kemudian jika ada tampilan notifikasi langsung saja kita pilih "Run".


Tunggu beberapa saat saja dan segala jenis informasi detail mengenai spesifikasi laptop pun dapat kita temukan.


Nah praktis bukan? Adapun salah satu manfaat yang bisa didapatkan dengan mengecek spesifikasi dari perangkat laptop ini, yaitu dapat membantu memudahkan kita disaat akan melakukan upgrade beberapa komponen laptop seperti pada bagian RAM dan juga storage penyimpanan (HDD/SSD).

Demikianlah artikel kali ini tentang Cara mudah untuk mengetahui spesifikasi dari perangkat laptop. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan akhir kata sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close