Wajib Diketahui, Istilah Dalam Dunia Cryptocurrency Ini

Dunia cryptocurrency sebagai suatu yang sangat fenomenal beberapa tahu belakangan ini, sepertinya diprediksi akan terus berkembang kearah yang positif seiring dengan berjalannya waktu.

Hal ini bisa terlihat dari semakin ramainya orang yang memilih terjun langsung untuk menggeluti dunia "mata uang virtual" satu ini. Mereka rela menginvestasikan banyak dananya untuk sesuatu yang bahkan dulu tidak pernah terpikirkan sama sekali yaitu melakukan apa yang disebut dengan trading cryptocurrency.

Jadi apa itu sebenarnya cryptocurrency? Bagi kita yang belum tahu, mungkin bisa membaca artikel tentang Sejarah dan Perkembangan Mata Uang Bitcoin untuk sedikit menambah wawasan kita mengenai seluk-beluk dunia cryptocurrency terutama dalam hal sejarahnya.

Di artikel kali ini kita hanya akan membahas mengenai istilah-istilah yang sering muncul saja. Apalagi jika kita ingin berkecimpung dan melakukan transaksi jual beli mata uang kripto (cryptocurrency) ini, maka sudah seharusnya kita wajib mengetahui tentang istilah-istilah tersebut.

Bagi orang yang sudah ahli atau orang yang telah lama terjun di dunia cryptocurrency, beberapa istilah seperti mining, wallet, hardfork, altcoin, dsb mungkin sudah sangat familiar artinya ditelinga mereka.

Namun tidak bagi sebagian orang khususnya mereka yang baru masuk ke dalam dunia mata uang kripto ini. Maka dari itulah artikel ini dibuat karena pasti tidak semua atau ada sebagian yang belum mengetahuinya.

Nah untuk bisa tahu apa saja istilah-istilah dalam cryptocurrency yang wajib kita ketahui, maka angsung saja kita simak ulasannya berikut ini.


Daftar Istilah Yang Sering Muncul Dalam Trading Bitcoin Cryptocurrency

Dikarenakan terdapat cukup banyak sekali nama atau dafatar istilah, maka agar lebih memudahkan dalam proses pencarian, penulisannya akan dibuat berdasarkan susunan huruf abjad.


Istilah Penting

  • Cryptocurrency, adalah mata uang kripto (mata uang digital) yang tersimpan dalam sistem blockchain dan terenkripsi oleh kriptografi. Cryptocurrency terdiri dari dua jenis yaitu koin kripto dan token kripto.
  • Coin crypto, adalah suatu aset mata uang kripto (Cryptocurrency) yang tidak tergantung pada platform lain artinya bahwa koin tersebut memiliki sistem teknologi blockchain tersendiri. Contoh koin kripto yaitu Bitcoin, Litecoin, Dogecoin, Ethereum, Ripple, Monero, Dash, dan lain sebagainya.
  • Token Crypto, adalah aset kripto yang dibuat menggunakan sistem blockchain lain yang sudah ada sebelumnya. Contoh token kripto yaitu Tether (USDT), Aave, Uniswap, Yearn.Finance (YFI), DFI Money (YFII), dan lain sebagainya.

Istilah Umum Lain

  • Airdrop crypto, adalah kegiatan pemberian coin crypto yang diberikan secara gratis oleh pihak developer (pembuat koin) kepada para investor atau trader. Langkah ini biasanya dilakukan oleh developer coin guna menggaet agar semakin banyaknya pengguna dari koin yang mereka ciptakan. Hal ini bisa dikatakan juga sebagai bagian promosi dari suatu koin yang baru dirilis. Cara mendapatkan koin gratis ini pun sangat beragam, yaitu dari mulai harus mengikuti event tertentu seperti memfollow medsos resmi dari suatu koin kripto ataupun bisa juga dengan cara membeli koin kripto lain terlebih dahulu agar mendapatkan koin gratis tersebut.
  • All Time High (ATH), adalah suatu nilai harga tertinggi yang pernah dicapai oleh suatu mata uang kripto semenjak diluncurkan pertama kalinya.
  • Altcoin (alt), adalah singkatan dari alternative coin yaitu istilah yang sering digunakan dalam menamai jenis koin/token kripto selain bitcoin. Contoh : Litecoin, Dogecoin, Ethereum, Ripple, Dash, Monero dan lain sebagainya.
  • Arbitrase, adalah Cara mengambil keuntungan yang dilakukan oleh trader cryptocurrency dengan memanfaatkan selisih atau perbedaan harga antar market yang berbeda. Contoh di market Indodax koin A memiliki harga 900.000/koin. Sedangkan di market Binance harga koin A yaitu 950.000/koin. Sehingga untuk mendapatkan keuntungan, trader bisa memanfaatkan selisih harga yang ada dengan membeli koin A di market Indodax, kemudian menjualnya di market Binance.
  • Bearish, adalah tren pasar yang mengalami pelemahan (downtrend) dalam jangka waktu tertentu, sehingga jika mengalami hal ini maka mayoritas mata uang kripto biasanya akan mengalami penurunan harga.
  • Bitcoin (BTC), adalah jenis cryptocurrency yang pertama kali diperkenalkan, sehingga sering disebut juga sebagai ibunya mata uang kripto. Bitcoin juga memiliki kapitalisasi paling besar diantara mata uang kripto lain saat ini.
  • Blockchain, adalah sistem teknologi penyimpanan digital yang berisi data informasi berupa blok-blok, dimana antar setiap blok data tersebut akan saling terhubung membentuk suatu rantai satu sama lain dengan diamankan juga oleh sistem kriptografi.
  • Bullish, adalah tren pasar yang mengalami kenaikan (uptrend) dalam jangka waktu tertentu, sehingga jika mengalami hal ini maka mayoritas mata uang kripto biasanya akan mengalami kenaikan harga.
  • Buy/Sell, adalah proses transaksi jual atau beli mata uang kripto yang dilakukan oleh para trader di dalam suatu marketplace tertentu.
  • Candle (Chart), adalah laporan berupa data grafik mengenai kenaikan maupun penurunan suatu mata uang kripto dalam periode tertentu (jam, hari, bulan, tahun).
  • Cutlose (CL), adalah pengambilan resiko trader dengan menjual mata uang kripto diharga yang lebih rendah dari harga pada saat membeli. Hal ini dilakukan bertujuan untuk menghindari kerugian yang didapat semakin besar.
  • Day Trader (short time trader), adalah pelaku pasar finansial kripto yang tidak menahan posisi transaksi tradingnya lebih dari sehari. Mereka akan cenderung untuk membuka dan menutup posisi trading pada hari yang sama, apapun yang terjadi (naik/turun). Sehingga para trader harian ini bisa dikategorikan sebagai seorang spekulator.
  • Defi, adalah singkatan dari decentralized finance yaitu suatu jenis mata uang kripto yang diciptakan tanpa adanya otorisasi terpusat yang membuatnya menjadi lebih transparan dan terbuka bagi semua orang. Contoh Aave, YFI, Lend, dsb.
  • Deposit, adalah proses masuknya saldo baik itu mata uang kripto maupun mata uang fiat ke dalam akun dari suatu marketplace.
  • Dump, adalah penurunan nilai mata uang kripto disebabkan karena banyak trader yang menjual koinnya.
  • Faucet, adalah sebuah situs web yang akan memberikan mata uang kripto secara gratis dengan mekanisme tertentu, dan karena gratis inilah koin yang didapat pun biasanya cenderung memiliki nilai yang kecil. Contoh dari faucet yaitu website freebitco.in yang akan memberikan bitcoin kepada penggunanya.
  • FOMO (Fear of Missing Out), dalam konteks cryptocurrency FOMO yang dimaksud adalah suatu kondisi yang dialami oleh para trader ketika mereka merasa takut akan kehilangan peluang transaksi yang seharusnya bisa menguntungkan. Sehingga trader fomo biasanya akan cenderung untuk membeli sebanyak mungkin koin yang sedang mengalami uptrend.
  • FUD, adalah singkatan dari Fear, Uncertainity, Doubt yaitu suatu berita yang masih diragukan dan belum jelas kebenarannya (bisa saja menjadi hoax), namun berita tersebut sudah tersebar luas sehingga membuat psikologis pasar menjadi terpuruk.
  • Halving Coin, adalah kondisi dimana reward atau penghasilan yang didapat dari proses mining (menambang) koin kripto akan berkurang menjadi setengahnya. Proses halving ini biasanya akan terjadi secara berkala dalam waktu tertentu hingga koin yang ditambang tersebut sudah habis. Misalnya pada saat melakukan mining bitcoin, kita bisa mendapatkan 10 bitcoin dalam 1 hari, namun karena adanya halving maka bitcoin yang bisa didapatkan pun berkurang setengahnya yaitu hanya menjadi 5 bitcoin saja. FYI : Halving bitcoin terjadi setiap 4 tahun sekali.
  • Hardfork, adalah kondisi ketika suatu mata uang kripto mengalami percabangan untuk menghasilkan koin baru (Project baru) layaknya cabang pada sebuah garpu. Percabangan ini dimaksudkan untuk menambahkan fitur baru atau perbaikan sistem yang sebelumnya tidak ada di koin lama. Contohnya yaitu Bitcoin (BTC) yang pernah mengalami hardfork beberapakali dan kemudian menghasilkan beberapa koin baru yaitu bitcoin cash (BCH), bitcoin gold (BTG) dan bitcoin diamond (BCD).
  • Hold, adalah kegiatan menahan untuk tidak menjual koin yang sudah dibeli sementara waktu. Hal ini disebabkan bisa karena harga koin sedang mengalami penurunan sehingga akan rugi jika dijual atau sebaliknya karena suatu koin sedang naik sehingga trader ingin mencari keuntungan yang lebih banyak.
  • ICO, adalah singkatan dari Initial Coin Offering yaitu proses penggalangan dana yang dilakukan oleh developer dalam rangka mengeluarkan mata uang kripto baru.
  • Listing, adalah masuk atau didaftarkannya koin kripto baru di suatu marketplace.
  • Longtime Trader, lawan dari day trader yaitu trader kripto yang memilih menahan transaksi tradingnya lebih dari satu hari bahkan hingga tahunan. Trader seperti ini lebih berorientasi pada investasi jangka panjang.
  • Mainnet swap, adalah proses pemindahan suatu koin kripto dari satu sistem blockchain ke blockchain yang lain (Migrasi). Dan biasanya koin kripto tersebut akan digantikan dengan koin kripto baru. Contoh koin Xinfin (XDC) yang mengalami mainnet swap dan berubah simbol dari XDCE menjadi XDC.
  • Marketplace (market), adalah situs website yang diperuntukkan sebagai tempat untuk melakukan kegiatan jual beli mata uang kripto. Selain sebagai tempat trading, market pun bisa dijadikan sebagai tempat penyimpanan (wallet) dari mata uang kripto. Contoh dari marketplace yaitu, Indodax, Luno, Binance, Bitrex, Okex, Huobi dan lain sebagainya.
  • Mining, adalah cara mendapatkan mata uang kripto dengan melakukan proses penambangan. Mining kripto bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan alat khusus yang disebut dengan miner atau bisa juga dengan cara memodifikasi sebuah perangkat komputer untuk dijadikan sebagai miner. Selain itu terdapat pula website miner yang disebut cloud mining.
  • Pump, adalah kenaikan nilai mata uang kripto disebabkan karena banyaknya trader yang membeli suatu koin/token tertentu.
  • Satoshi, adalah satuan nilai terkecil dari Bitcoin. Nama Satoshi diambil dari nama pencipta Bitcoin yaitu Satoshi Nakamoto. Nilai dari 1 Satoshi = 0,00000001 BTC dan nilai dari 1 BTC = 100.000.000 Satoshi.
  • Scam coin, adalah koin kripto yang sudah tidak memiliki nilai sama sekali atau bisa juga sebagai koin yang memiliki skema penipuan didalamnya yang dapat merugikan para trader.
  • Take Profit (TP), adalah proses pengambilan keuntungan dengan cara menjual koin setelah adanya selisih yang cukup dari harga beli.
  • To the moon, adalah kondisi ketika suatu mata uang kripto sedang mengalami kenaikan yang sangat signifikan.
  • Volume, adalah jumlah keseluruhan nilai transaksi mata uang kripto dalam periode waktu tertentu (biasanya 24 jam).
  • Wallet, tempat untuk menyimpan mata uang kripto bisa online maupun offline.
  • Withdraw, adalah proses transaksi penarikan baik mata itu uang kripto maupun uang fiat dari suatu marketplace.

Bonus

  • Sales, adalah orang yang kegiatannya hanya memanas-manasi trader lain untuk membeli suatu koin atau token tertentu.
  • Sangkuter/nyangkuter, adalah trader yang berada pada kondisi ketika sudah membeli suatu koin/token, namun disaat itu pula nilai koin/token tersebut justru malah mengalami penurunan, sehingga trader tersebut seolah-olah "terjebak" dan akan rugi jika harus menjual asetnya pada saat itu juga.

Demikianlah sedikit artikel tentang daftar nama istilah yang terdapat dalam dunia cryptocurrency yang harus kita ketahui.

Jika ada istilah-istilah lain yang belum termasuk di dalam daftar diatas atau terdapat istilah yang salah atau kurang dalam menjelaskannya, dimohon untuk bisa langsung memberikan masukannya di kolom komentar yang ada di bagian bawah.




Akhir kata mohon maaf jika sebelumnya ada kesalahan dan sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close