Mengetahui Apa itu Anagram dan Cara Membuatnya


Anagram merupakan salah satu jenis permainan kata yang keberadaanya dianggap sudah cukup tua dan diperkirakan sudah ada sejak zaman dahulu yakni tepatnya sekitar abad 1500 tahun sebelum masehi.

Jadi sebenarnya apa itu anagram? Jika kita pernah melihat sebuah film yang berjudul The Davinci Code, maka kita akan dapat dengan jelas menemukan pada salah satu scene di dalam film tersebut yang membahas tentang permainan anagram.

Oke, sebelum kita menjelaskan pengertiannya lebih jauh, maka ada baiknya jika kita bahas terlebih dahulu tentang asal usul kata dari anagram itu sendiri. Kata anagram merupakan istilah yang berasal dari bahasa Yunani dan merupakan gabungan dari dua kata yaitu kata "ana" dan kata "gram".

Kata ana yang bila diterjemahkan maka dapat memiliki arti lagi/ulangi, sedangkan kata gram dapat berarti huruf/kata/frasa. Sementara orang yang ahli dan biasa berkecimpung dalam membuat anagram sering disebut dengan istilah anagrammatist.

Nah dari asal usul kata tersebut maka dapat sedikit kita artikan bahwa anagram adalah suatu permainan kata, frasa maupun kalimat yang bilamana kata, frasa maupun kalimat tersebut disusun ulang maka akan menghasilkan arti makna kata yang baru.

Singkatnya dari satu susunan sebuah kata itu kita dapat membuat kata baru yang lainnya, dimana setiap kata yang disusun ulang tersebut mungkin bisa saja terdiri dari satu atau lebih kata baru yang dapat dibuat.

Sebagai contoh misalnya kita lihat dari kata "Angola", jika kata tersebut diacak dan kemudian disusun ulang maka dari kata tersebut dapat ditemukan kata baru lainnya yang berbeda yaitu "Analog".

Meskipun seperti terlihat mudah namun kenyataanya tidak semua kata bisa dibuat menjadi anagram. Umumnya kata-kata yang dapat dianagramkan setidaknya harus memiliki lebih dari 4 huruf atau lebih.

Hal ini dikarenakan jika semakin banyak huruf yang ada dalam sebuah kata maka akan semakin mudah juga untuk kita mengacaknya dan membuat kata yang baru.

Meskipun terkadang terdapat juga kata yang kurang dari empat huruf namun tetap bisa dibuat anagram, jadi kembali lagi tergantung dari susunan huruf itu sendiri.

Adapun beberapa contoh kata lain dari permainan anagram adalah sebagai berikut :
1. Pahit > Patih
2. Balet > Tebal, Tabel
3. Palsu > Sulap, Pulsa, Pulas
4. The Eyes > They see
5. He Bugs Gore > George Bush

Dari contoh diatas kita mungkin sudah bisa sedikit mengerti tentang pengertian dari anagram.


Fungsi dan Kegunaan Anagaram

Lalu untuk apa sebenarnya fungsi dan kegunaan Anagram ini? Umumnya teknik anagram biasa digunakan atau mungkin dapat kita temukan di dalam beberapa jenis permainan teka-teki yang bertujuan untuk mengasah otak seperti misalnya permainan boggle maupun scrabble.

Namun tidak hanya itu saja, beberapa penggunaan dari anagram ini bisa juga dijadikan sebagai cara untuk memberikan sebuah kode atau pesan rahasia kepada orang lain, dengan maksud agar orang yang tidak memiliki kepentingan tidak akan mengetahui pesan yang ingin disampaikan tersebut.

Sehingga hanya orang-orang yang dimaksud dan terpilih saja yang dapat memahami isi dari sebuah pesan. Bisa dibilang bahwa anagram yang baik adalah anagram yang memiliki banyak makna sehingga susah untuk dipecahkan oleh orang lain, dan hanya orang yang dimaksud sajalah yang bisa memecahkannya. Menarik bukan?

Terlepas dari itu semua, yang pasti dengan adanya permainan anagram ini kita tentu dituntut untuk bisa berfikir terbuka serta harus memutar otak dalam menemukan atau mengungkap setiap kata yang dimaksud.

Sementara itu, bagi kita yang ingin membuat anagram tentu tidaklah mudah, karena diperlukan ketelitian dan kreativitas dalam merangkai setiap kata agar bisa dibuat menjadi kata-kata baru yang memiliki makna.


Cara Membuat Anagram dengan Mudah

Jika sebelumnya kita telah membahas sedikit mengenai pengertian anagram beserta contohnya, maka kali ini kita akan memberikan cara mudah dan praktis dalam membuat sebuah permainan anagram.

1. Caranya yaitu pertama kita cukup masuk ke halaman website anagrammaker.com

2. Setelah itu masukkan kata, frasa atau kalimat yang sesuai dengan keinginan kita. Cobalah untuk menggunakan kata-kata yang sederhana terlebih dahulu, seperti misalnya saja disini kita akan memasukkan kata "iam winner"

Jika sudah lalu kita pilih "generate" dan kemudian hasilnya pun akan muncul secara otomatis kata anagram dari kata "iam winner" yaitu marine win, remain win dan lainnya.


Kemudian jika hasil kata yang didapat dianggap cukup banyak, maka kita pun bisa memilah kata dengan menghilangkan kata yang tidak diinginkan dengan menuliskannya di menu "Excluded words" lalu kemudian tekan enter.

Sementara untuk kata yang ingin digunakan, kita bisa memasukannya di daftar "Included words" cukup dengan hanya memilih simbol plus (+) yang berada disebelah kata atau dengan menulisakan kata di kotak "Included words" lalu tekan enter.

Catatan : Meskipun kita dapat dengan mudah membuat anagram dengan menggunakan generator ini, namun sayangnya masih terdapat keterbatasan yang salah satunya yaitu hasil kata yang akan dimunculkan pada generator ini hanyalah kata-kata yang berasal dari bahasa Inggris saja.

Baca Juga : Mengetahui Pengertian Ambigram, serta Cara Membuatnya

Jika kita ingin belajar dan mendalami tentang anagram ini, sebenarnya kita bisa memulainya dengan cara bermain permainan berbasis anagram yang banyak tersebar di internet, atau jika pada perangkat smartphone android kita bisa mencarinya dengan memasukkan kata kunci game anagram, anagram solver, atau scrabble, dsb.

Demikianlah artikel kali ini tentang pengertian apa itu anagram dan bagaimana cara membuatnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close