Cara Buat Desain Konten Sensitif Instagram Dengan Canva

Kita pastinya sudah tahu bahwa salah satu fitur atau kebijakan baru yang telah diterapkan pada media sosial Instagram belakangan ini yaitu mengenai kebijakan pembatasan konten-konten sensitif yang beredar dalam postingan Instagram.

Peraturan ini memang sengaja dibuat guna mengakomodir masih banyaknya orang yang secara sembarangan sering mengunggah konten-konten tidak layak untuk dilihat seperti konten kekerasan, konten menjijikan dan juga konten sejenisnya.

Ya, jadi jika ada gambar atau video yang dianggap tidak layak dilihat atau karena ada suatu laporan tentang konten yang tidak pantas, maka secara otomatis konten tersebut akan langsung diblur agar tidak dapat terlihat oleh pengguna umum media sosial Instagram.

Meskipun begitu, kalaupun kita masih penasaran dan ingin tetap melihat konten sensitif tersebut, maka kita masih dapat melihatnya dengan cara memilih opsi lihat foto atau lihat video.

Bisa dikatakan terobosan ini sangat baik karena selain tidak mengganggu mata, tentu dengan diblurnya konten yang berbau sensitif seperti ini juga dapat menghindarkan kita dari suasana hati yang menjadi buruk akibat terus terbayang akan gambar yang dilihat dari konten sensitif tersebut.

Nah pertanyaannya apakah bisa jika postingan yang tidak mengandung unsur sensitif sama sekali dapat diblur menggunakan fitur ini dengan maksud hanya untuk gaya-gayaan saja?

Jawaban mengenai hal ini Sayangnya adalah tidak bisa, jadi jika suatu konten dianggap masih dalam batas wajar maka fitur blur ini pun tidak bisa diterapkan sama sekali.

Namun jika kita tetap ingin melakukannya dengan niat hanya untuk lucu-lucuan saja dan ingin membuat prank agar teman kita pun menjadi penasaran dan ingin melihat konten yang kita posting.

Tenang saja karena kita masih bisa mengakalinya dengan cara membuat desain layaknya desain postingan sensitif Instagram tersebut. Bagaimana cara membuatnya? Untuk mengetahuinya maka langsung saja kita simak langkah-langkah berikut ini.


Cara Mudah Membuat Desain Postingan Konten Sensitif Instagram

Disini kita akan membuat desain konten sensitif instagram dengan menggunakan Canva yaitu sebuah website penyedia jasa untuk membuat gambar desain secara online.

1. Langkah pertama kita login ke halaman website canva. Jika sebelumnya belum memiliki akun, kita bisa membuatnya terlebih dahulu. Caranya pun cukup mudah yaitu hanya dengan menggunakan akun Facebook maupun akun Google.

2. Buat lembar kerja baru di Canva dengan memilih menu "Buat Desain" > pilih ukuran untuk instagram yaitu sekitar 1080x1080 piksel.



3. Masukkan sebuah foto, bebas terserah mau foto apa saja termasuk foto yang sudah tersedia di canva pada menu "Foto" disebelah kiri.

Selanjutnya kita klik di dalam foto tersebut dan pilih "sesuaikan" > lalu atur tingkat "buram" diantara 60-80.



4. Selanjutnya kita buat bentuk persegi panjang dan tempatkan diatas gambar yang sudah dibuat tadi. Caranya pilih menu "Elemen" > pilih desain bentuk persegi > lalu buat bentuk persegi panjang.

Setelah itu sesuaikan transparansi ke angka 80 persen dan ubah juga warnanya menjadi abu-abu.



5. Buat bentuk icon mata. Caranya pilih menu "Elemen" > lalu bagian di kotak pencarian kita ketikan "eye" > cari gambar yang sesuai.

Selanjutnya pilih "balik horizontal" untuk lebih terlihat mirip lagi dan juga ganti warna menjadi putih.



6. Langkah selanjutnya kita masukan teks. Caranya pilih menu "Teks" > lalu gunakan "teks subjudul" untuk tulisan "Konten Sensitif" dan kalimat sisanya gunakan "teks isi"Gunakan juga font Helveticish, fontsize ukuran 24, dan warna putih untuk teks tulisan.



7. Langkah terakhir kita masukan elemen garis. Caranya pilih menu "Element" > lalu pilih bentuk garis panjang horizontal. Kecilkan garis tersebut dan ubah menjadi warna putih.



Demikianlah artikel tentang cara praktis dan mudah untuk membuat tampilan desain dari konten sensitif instagram.




Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan akhir kata sampai berjumpa kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close