5 Aplikasi untuk Rapat Online dengan Panggilan Video


Kecanggihan dan kemodernan teknologi memang seperti tiada habisnya untuk tetap berinovasi dan mengeluarkan karya-karya terbaik.

Setelah kehidupan manusia kini menjadi semakin dimudahkan, kehadiran teknologi bisa dibilang sudah seperti suatu kebutuhan primer yang tidak bisa lepas dan selalu berdampingan dengan kehidupan manusia.

Salah satunya yaitu dalam hal aktivitas bekerja. Kita tahu bahwa dunia kerja saat ini khususnya di bidang IT sudah tidak seperti beberapa tahun kebelakang.

Mereka para pekerja sudah dimudahkan dengan berbagai fasilitas teknologi yang semakin modern, sehingga memungkinkan pegawai untuk melakukan pekerjaan cukup hanya di rumah saja tanpa perlu pergi ke kantor atau istilah kerennya biasa disebut dengan work from home.

Guna memfasilitasi hal tersebut, maka salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan memanfaatkan teknologi panggilan video (video call) dalam mengakomodir kebutuhan rapat kerja secara online.

Dengan memanfaatkan jaringan internet, layanan teleconference semacam ini tentu sudah mudah untuk bisa dinikmati bahkan hal tersebut sudah dapat dilakukan secara bersamaan kebanyak orang sekaligus.

Disisi lain tidak hanya bagi para pekerja saja, cara ini pun sebenarnya jika dimaksimalkan bisa dimanfaatkan bagi mereka para siswa dan pengajar yang ingin melakukan pembelajaran online dengan sistem e-learning, sehingga proses belajar pun dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Nah untuk mengetahui bagaimana cara melakukan video call, maka dalam artikel kali ini akan dibahas tentang beberapa aplikasi yang bisa menjalankan hal tersebut. Apa saja nama aplikasinya, langsung saja kita simak pada penjelasan berikut.


Daftar Aplikasi untuk Melakukan Teleconference Video Call


1. Skype

Di urutan pertama ada aplikasi bernama Skype yang memang sudah tidak asing lagi didengar ditelinga kita. Dengan Skype memungkinkan kita untuk melakukan panggilan video (video call) dengan orang lain, bahkan bisa untuk 20 orang lebih dalam waktu yang bersamaan.

Selain itu kemudahan lain yang diberikan dalam aplikasi besutan perusahaan Microsoft ini yaitu bisa digunakannya aplikasi skype dalam berbagai macam perangkat gadget dari mulai PC Dekstop, laptop, android, IOS, hingga televisi pintar yang sudah mendukung aplikasi tersebut.

Lalu untuk mendapatkan seluruh fitur yang lebih lengkap dalam aplikasinya, maka kita dapat memilih skype for business cukup dengan hanya mengeluarkan uang sekitar $10 dollar saja.


2. Microsoft Teams

Seperti halnya aplikasi skype, Teams juga sebenarnya merupakan aplikasi untuk melakukan teleconference buatan perusahaan Microsoft. Perbedaannya adalah aplikasi ini bisa digunakan untuk melakukan panggilan video ke lebih banyak orang.

Tidak tanggung-tanggung yaitu bisa mencapai sekitar 10.000 orang berdasarkan klaim dari website resminya.

Kelebihan lain yang bisa dirasakan dari menggunakan aplikasi ini yaitu adanya fasilitas penyimpanan file pribadi berbasis cloud yang bisa kita akses setiap saat.

Selain itu, teams juga sudah terintegrasi secara otomatis dengan aplikasi online office 365 yang memungkinkan kita untuk menulis dan mengedit file di program seperti Microsoft word, Microsoft powerpoint, hingga Microsoft Excel di jaringan internet.


3. Google Meet

Google Meet seperti namanya merupakan aplikasi yang dimiliki oleh perusahaan Google. Aplikasi satu ini menawarkan fitur siaran teleconference hingga definisi yang sangat tinggi. Dalam sekali waktu google meet di klaim dapat terhubung secara langsung dengan 250 orang sekaligus.

Sebagai aplikasi besutan dari perusahaan besar, tentunya google meet sudah dilengkapi dengan berbagai banyak fitur. 
Beberapa diantaranya seperti fitur kalender untuk mengatur dan menjadwalkan semua kegiatan kita.

Lalu ada fitur text-to-speech untuk menerjemahkan suara menjadi teks tulisan di dalam layar secara real-time saat kita sedang melakukan panggilan video, hingga semua orang dapat bergabung dengan obrolan hanya dengan mengundangnya menggunakan link tautan yang kita berikan.


4. Zoom

Aplikasi zoom bisa dibilang merupakan aplikasi yang sedang booming beberapa waktu yang lalu saat kegiatan dirumah atau work from home memang sedang digalakkan, hingga seringkali memunculkan istilah baru yang sering dikenal dengan meeting zoom.

Meskipun aplikasi ini boleh dibilang sedikit kontroversi karena dianggap dapat mengakses data pribadi pengguna, namun nyatanya aplikasi ini sudah mulai berbenah dengan menghadirkan kualitas serta fitur yang cukup baik.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk melakukan teleconference hingga ke 100 orang sekaligus. Selain itu kita pun dapat membuat sebuah teks obrolan selama melakukan panggilan video berlangsung.

Fitur penjadwalan dan transkrip yang dapat disimpan di penyimpanan cloud tentu dapat memudahkan kita dalam mengaksesnya kembali.

Terakhir fitur yang tidak kalah menarik yaitu pengguna dapat mengundang penonton video hanya dengan menggunakan nomor telepon maupun alamat email.


5. Cisco Webex

Terakhir yaitu aplikasi bernama Cisco Webex yang memang tidak terlalu familiar dibandingkan dengan yang lainnya. Meskipun begitu aplikasi ini banyak menawarkan fitur-fitur yang baik.

Beberapa fitur yang hadir di aplikasi ini yaitu seperti papan virtual yang bisa digunakan untuk menggambar secara real-time, fitur screen sharing yaitu berguna untuk membagikan siaran kepada orang yang sedang menonton.

Fitur untuk merekam saat panggilan video berlangsung, hingga adanya dukungan dari google asisstant yang tentu dapat semakin memudahkan dalam penggunaannya.

Oh ya, jumlah partisipan yang bisa bergabung dalam teleconference di aplikasi ini pun terbilang cukup banyak yaitu bisa diikuti hingga sebanyak 100 orang.


Kesimpulan

Terlepas dari segala kemudahan yang diberikan dari aplikasi-aplikasi diatas, kita sebagai pengguna tentunya tetap harus bijak dan waspada dalam memanfaatkan setiap fasilitas tersebut.

Usahakan dalam setiap menggunakannya, kita tidak perlu untuk membagikan hal-hal bersifat sensitif dan pribadi kepada orang lain.

Bila pun membutuhkan dan dirasa benar-benar penting lebih baik kita menggunakan aplikasi panggilan video yang bersifat pribadi p to p seperti WhatsApp, karena dengan aplikasi seperti itu kerahasiaan akan jauh lebih terjamin.


Demikianlah artikel kali ini yang membahas tentang daftar Aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan panggilan video teleconference. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa juga di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close