4 Aplikasi Penyimpan Password yang Mudah Digunakan


Berbagai kemudahan di era digital ini sudah sangat kita rasakan manfaatnya. Semua hal yang tadinya bersifat analog sekarang sedikit demi sedikit mulai berubah menjadi digital. Termasuk diantaranya yaitu tentang cara orang-orang dalam berkomunikasi dan melakukan transaksi.

Kita tahu bahwa untuk berkomunikasi sekarang ini sudah dimudahkan dengan hadirnya apa yang dinamakan dengan media sosial, sedangakan untuk transaksi segalanya sudah mulai digantikan sistem cashless dengan perangkat ATM dan segala turunannya. 

Akibat dari adanya hal itu tentu kita dihadapkan dengan adanya berbagai macam akun-akun yang perlu dikelola, yang mana untuk bisa membuka dari setiap akun-akun tersebut kita diharuskan untuk menggunakan sebuah password agar kita bisa mengaksesnya. 

Nah masalah password ini sangat dilematis sekali, karena jika kita membuat password yang sama dari setiap akun yang ada tentu hal itu akan sangat tidak aman.

Namun sebaliknya jika kita membuat password yang berbeda-beda dari setiap akun maka hal itu tidak akan mudah bagi kita untuk bisa mengingatnya apalagi jika orang tersebut memang seorang yang pelupa. Hal ini tentunya akan sangat merepotkan sekali.

Tapi kita tidak usah khawatir karena jika hal itu terjadi, ada solusi lain yang dapat kita gunakan agar kita bisa menjaga password yang banyak itu dan tetap aman bahkan sekalipun kita lupa dengan salah satu password dari akun-akun yang kita miliki.

Caranya yaitu dengan menggunakan aplikasi yang khusus untuk menyimpan sebuah password di perangkat Smartphone kita.

Aplikasi-aplikasi seperti ini sebenarnya sudah banyak sekali bertebaran di playstore maupun appstore. Namun kali ini kita akan memberikan beberapa diantaranya saja yang menurut kita paling baik dan tentu saja mudah untuk digunakan.

Dan untuk mengetahuinya langsung saja kita simak di dalam uraian berikut ini.


Aplikasi untuk Menyimpan Password Terbaik dan Mudah Digunakan


1. Dashlane - Password Manager

Aplikasi pertama yang bisa kita gunakan untuk menyimpan password yaitu aplikasi bernama Dashlane. Aplikasi Dashlane bisa dikatakan menjadi salah satu pelopor dalam hal penyedia jasa aplikasi penyimpan password.

Aplikasi ini dirilis sekitar tahun 2012 dalam versi beta dan semenjak saat itu mulai hadir beragama aplikasi-aplikasi dengan jenis yang sama.


Fitur dasar yang dimiliki dashlane adalah untuk menyimpan password seperti media sosial, email, e-commerce hingga pin ATM.

Menariknya tampilan yang disediakan pada aplikasi Dashlane terbilang cukup mudah untuk dimengerti, dimana beberapa password yang ada dipisahkan berdasarkan kategori tertentu, misalnya password untuk media sosial, password untuk pembayaran, hingga password mengenai identitas pribadi seperti nomor KTP atau SIM.

Bahkan khusus untuk brand-brand internet digital seperti facebook, instagram, gmail, paypal, dsb terdapat simbol ikon dari brand tersebut yang mana kita juga dimungkinkan untuk melakukan sinkronisasi secara langsung sehingga kita dapat dengan mudah untuk mencari password dari akun yang kita miliki.

Untuk masalah sistem keamanan, bisa dikatakan Dashlane ini sudah cukup mumpuni karena sistemnya telah menggunakan enkripsi AES-256 yang terkenal sangat aman.

Selain itu fitur keamanan lainnya yaitu seperti verifikasi 2 langkah, media penyimpanan online sebesar 1GB, hingga sistem keamanan yang mampu mendeteksi jika akun kita telah diretas.

Namun sayangnya fitur-fitur yang telah disebutkan diatas beberapa diantaranya khusus hanya bisa digunakan jika kita telah mengupgrade-nya ke versi yang premium.


2. Avast Password

Siapa yang tidak kenal dengan nama Avast. Kita tahu bahwa Avast merupakan salah satu perusaahan besar yang terkenal dalam menyediakan sistem keamanan anti virus baik untuk perangkat komputer maupun smartphone.


Nah saat ini avast juga telah merilis produk lainnya yaitu avast password yang berfungsi untuk menyimpan password dari akun-akun yang kita miliki. Dari segi fitur Avast Password ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Dashlane yang telah dibahas di awal.

Fitur-fitur utama seperti  penyimpanan sandi, sistem keamanan sidik jari, hingga isi otomatis sandi ada dalam aplikasi ini. Hal yang membedakan adalah tampilannya yang lebih sederhana namun tetap mudah untuk digunakan.

Selain itu perbedaan dengan Dashlane adalah jika di Avast password ini kita tidak perlu memasukkan alamat email ketika sedang melakukan login untuk pertama kali, melainkan kita hanya cukup memasukkan kunci master saja sehingga proses login pun dapat dilakukan dengan cepat.


3. Password Safe dan Manager

Jika kita tidak mengerti dengan bahasa Inggris, mungkin aplikasi penyimpan password yang satu ini bisa menjadi salah satu solusinya. Ya, aplikasi ini memiliki interface dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Sehingga bagi kita yang tidak faham dengan bahasa Inggris mungkin dapat dengan mudah menggunakan aplikasi ini tanpa perlu bingung untuk mengetahui fungsi dari fitur yang disediakan.


Aplikasi ini bekerja secara offline, jadi kita tidak bisa melakukan sinkron data ke cloud secara otomatis. Sebagai gantinya kita masih dapat melakukan backup data ke perangkat lokal seperti SD card.

Namun kita juga tidak perlu khawatir, karena untuk fitur-fitur utama seperti  penyimpan password, sistem keamanan sidik jari hingga penggunaan enkripsi AES-256 yang terkenal aman sudah hadir dalam aplikasi ini

Adapun kelebihan dari aplikasi Password Safe dan Manager yaitu memiliki ukuran space yang tergolong relatif kecil sehingga tidak memberatkan kita jika perangkat smartphone yang digunakan telah penuh. Selain itu kelebihan lainnya adalah tampilan antarmuka yang bisa dikustomisasi sesuai dengan keinginan kita.


4.OneSafe - Password Manager

Aplikasi yang terakhir ini merupakan aplikasi penyimpan password yang bisa digunakan khusus untuk perangakat Ios saja. Jadi bagi kalian yang memiliki perangkat Iphone maupan Ipad direkomendasikan untuk menggunakan aplikasi yang satu ini.


Fitur yang tersedia dalam aplikasi ini tergolong multifungsi, karena selain bisa digunakan untuk menyimpan password kita juga dapat menggunakannya untuk menyimpan berbagai file-file penting seperti dokumen maupun foto.

Kita juga dapat membuat folder-folder dimanadari setiap folder-folder tersebut dapat kita buatkan password tersendiri.

Sedangkan untuk fitur-fitur utama seperti penyimpanan sandi, isi otomatis sandi, hingga verifikasi 2 langkah sudah hadir dari aplikasi ini.

Baca Juga : Aplikasi Smartphone yang Berguna Saat Kita Pergi Liburan

Demikianlah artikel kita kali ini tentang 4 Aplikasi Penyimpan Password yang Mudah Digunakan. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat menggunakan aplikasinya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam, No Link Aktif !

Previous Post Next Post

Contact Form

close
close