5 Parameter Penilaian Agar Blog Bisa Dianggap Baik


Kita tahu bahwa blog merupakan salah satu platform di internet yang disukai oleh banyak orang. Di paltform ini kita dapat dengan mudah menulis banyak artikel dan membagikannya secara langsung kepada jutaan orang pengguna internet di seluruh penjuru dunia.

Apalagi saat ini platform blog selain digunakan sebagai media untuk menyalurkan hobi, juga ada beberapa orang diantara mereka yang menjadikan blog ini sebagai pekerjaan sampingan dalam menghasilkan pundi-pundi uang. Bahkan terkadang tidak sedikit pula orang yang malah menjadikan blog ini sebagai sumber penghasilan utama mereka.

Namun demikian yang perlu diingat bahwa untuk membuat sebuah blog yang baik dan banyak dikunjungi oleh banyak orang itu tentu tidaklah mudah. Apalagi jika kita ingin benar-benar terjun menjadi seorang blogger profesional, maka diperlukan usaha yang sangat keras serta waktu yang tidak sedikit dalam membangun sebuah blog itu. 

Nah bagi kalian yang sudah memiliki blog dan ingin mengetahui sudah sejauh mana blog yang kalian buat itu. Maka tidak ada salahnya jika kita melakukan tes dengan menggunakan beberapa parameter penilaian berikut ini.


5 Parameter Penilaian Agar Suatu Blog Dapat Dianggap Baik

Sebenarnya banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengetahui dan menilai sebuah blog sudah bisa dikatakan baik atau belum. Namun dalam hal ini saya akan memberikan beberapa parameter penilaian blog yang dapat dilakukan oleh semua orang secara mudah dan gratis.

Adapun parameter-parameter ini dapat dengan mudah kita akses dengan menggunakan jaringan internet.


1. Peringkat Blog

Ketika kita sekolah dulu biasanya saat kita sudah menyelesaikan ujian semester pastinya kita akan diberikan sebuah buku laporan yang berisi nilai-nilai. Isi dari buku laporan tersebut salah satu parameter penilainya yaitu tentang hasil ranking atau peringkat kita di dalam satu kelas maupun satu sekolah.

Nah inilah juga cara pertama yang dapat kita gunakan untuk mengetahui seberapa baik sebuah blog. Dengan cara ini kita dapat dengan mudah mengecek ranking blog kita dan mengetahui dimana posisi blog kita berada. Semakin kecil angka yang diperoleh maka semakin bagus pula blog tersebut.


Beberapa website yang dapat digunakan untuk mengecek sebuah peringkat blog ini diantaranya yaitu seperti website SimilarWeb.

Dengan website tersebut kita dapat dengan mudah mengetahui peringkat atau posisi blog kita, baik itu peringkat blog dalam ruang lingkup nasional suatu negara maupun peringkat blog secara global. Termasuk lalu lintas traffic dari web kita seperti jumlah visitor, bounce rate, keyword, dll.

Manfaat lain dari menggunakan kedua website ini yakni dapat memberitahukan kepada kita beberapa informasi lainnya seperti data sumber lalu lintas blog, kata kunci yang seri dicari dari sebuah blog, hingga jumlah eksternal link yang menaut ke sebuah blog.

Informasi-informasi seperti itu tentunya akan sangat berguna sekali bagi kita utamanya sebagai bahan untuk mengatur strategi dalam mengembangkan halaman blog.


2. Link Building

Link merupakan salah satu komponen penting dalam membangun sebuah blog agar bisa dikatakan baik. Link yang dimaksud disini utamanya merupakan link yang mengarah atau menaut ke blog kita atau biasa juga disebut dengan istilah backlink.

Secara teori jika sebuah blog memiliki banyak backlink maka blog itu bisa dikatakan mempunyai kualitas yang bagus dan biasanya akan dianggap baik oleh mesin pencari.

Nah agar kita bisa mengetahui jumlah backlink yang mengarah ke suatu blog, salah satu caranya yaitu dengan memanfaatkan fasilitas dari google webmaster tool atau yang sekarang ini lebih dikenal dengan sebutan google search console.

Namun yang perlu diingat bahwa backlink itu tidak sepenuhnya baik bagi suatu blog. Nah untuk mengetahui dan membedakan link yang baik dan tidak dengan menggunakan google search console, mungkin anda dapat membaca artikel Cara mengetahui dan menolak Spam Backlink dengan Google Search Console.


Selain itu, berbicara mengenai sebuah link maka kita juga jangan lupa untuk memastikan bahwa link-link yang ada di blog kita, utamanya internal link harus terus kita pantau setiap waktu.

Tujuannya yaitu agar link-link tersebut dapat berjalan dengan semestinya dan tidak ada masalah apapun, seperti link rusak, link mati, dsb.

Nah untuk memastikan apakah ada link yang rusak atau mati di dalam sebuah blog, maka kita dapat mengeceknya dengan memanfaatkan website brokenlinkcheck.

Dan untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan dan menghilangkan link yang rusak di brokenlinkcheck maka disarankan untuk membaca artikel Cara Mendeteksi dan Memperbaiki Link Mati atau Rusak di Blogspot.


3. Kecepatan Blog

Kecepatan blog adalah banyaknya waktu yang diperlukan (loading) dalam mengakses sebuah blog secara sempurna. Blog yang baik tentunya harus diimbangi dengan adanya kecepatan akses blog yang baik pula.

Sebab jika sebuah blog memiliki kecepatan loading yang relatif lambat, biasanya para pengunjung blog tidak akan menyukainya. Hal itu dianggap dapat menghabiskan waktu mereka saat melakukan browsing.

Dampaknya dengan blog yang memiliki kecepatan lambat itu tentu akan berpengaruh kepada traffic blog yang cenderung sedikit.


Salah satu parameter yang dapat digunakan untuk mengetahui tentang kecepatan sebuah loading blog, maka kita dapat mengeceknya dengan menggunakan fasilitas dari Google yaitu Page Speed Insight atau bisa juga dengan menggunakan halaman GTmetrix.com


4. Nilai DA, PA, dan PR

DA merupakan singkatan dari Domain Authority, PA merupakan singkatan dari Page Authority, sedangkan PR merupakan singkatan dari Page Rank. Ketiga istilah tersebut merupakan istilah yang biasa digunakan dalam mengetahui kualitas dan kepopuleran sebuah blog.

Cara ini sebenarnya hampir sama dengan poin 1 tentang peringkat blog, hanya saja perbedaannya yaitu ada pada metode penilaian yang digunakan.

Domain Authority melakukan penilaian dengan cara melihat kinerja dari sebuah halaman website atau blog secara keseluruhan. Sedangakan Page Authority melakukan penilaian hanya dari satu halaman website saja.

Sistem penilaian keduanya menggunakan poin penilaian dengan skala angka yaitu dari mulai 1-100. Dimana semakin besar angka yang didapat itu artinya semakin bagus pula kualitas dari sebuah website tersebut.

Cara untuk mengetahui nilai DA dan PA kita dapat memeriksanya dengan masuk halaman website websiteseochecker, smallseotools.com, atau di xeo.my.id.


Tidak jauh berbeda dengan DA dan PA, sistem penilaian Pagerank merupakan salah satu dari metode yang sama untuk mengetahui kualitas sebuah blog. Pagerank memiliki manfaat untuk mengetahui seberapa populer dan penting sebuah halaman website di mata mesin pencari.

Jika memiliki nilai peringkat yang tinggi maka suatu website biasanya akan diutamakan untuk dimunculkan dalam mesin pencari seperti google. Skala penilaian pagerank yaitu dari angka 1-10, dimana semakin tinggi angka yang didapat maka semakin tinggi pula kualitas dari website tersebut.

Akan tetapi saat ini metode penilaian dengan menggunakan pagerank bagi sebagian orang sudah dianggap tidak efektif lagi. Apalagi google sebagai salah satu pemilik mesin pencari yang terkenal disebutkan sudah tidak lagi menggunakan sistem penilaian ini untuk melihat kualitas dari sebuah blog.

Namun meskipun demikian sampai sekarang metode ini masih tetap digunakan oleh beberapa blogger, karena pagerank bagi sebagian orang itu masih menawarkan beberapa informasi penting bagi blog mereka.

Dan untuk mengetahui peringkat pagerank sendiri salah satunya kita dapat mengunjungi di halaman website checkpagerank.net atau bisa juga menggunakan smallseotools.


5. Web Yang Aman

Web yang aman tentunya sangat bermanfaat utamanya bagi mereka para pengunjung blog. Dengan memiliki blog yang aman maka para pengunjung blog dapat terhindar dari tindak pencurian data yang sewaktu-waktu dapat dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab terhadap pengunjung blog tersebut.

Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah sebuah blog bisa dikatakan aman atau tidak untuk dikunjungi. Salah satunya yaitu dengan cara melihat simbol yang berada tepat di samping alamat domain sebuah website.


Jika simbol itu berupa gambar gembok berwarna hijau artinya bahwa sebuah halaman website itu aman. Namun apabila simbol yang muncul adalah simbol tanda seru yang berada di dalam segitiga merah, maka bisa dipastikan bahwa halaman website itu tidak atau masih kurang aman untuk dikunjungi.

Agar blog kita terhindar dari hal tersebut maka kita dapat membaca artikel Cara Mudah Mengatasi "Sambungan Ke Situs Ini Tidak Sepenuhnya Aman".

Selain itu, cara lain untuk memastikan bahwa suatu blog aman yaitu dengan langsung memerikasnya di halaman Sucuri.

Baca Juga : Tips Agar Rajin Menulis di Blog Cocok bagi Pemula

Demikianlah artikel tentang 5 Parameter Penilaian di Internet Agar Sebuah Blog Bisa Dianggap Baik. Memang parameter-parameter yang ada tersebut tidak bisa langsung dijadikan sebagai rujukan utama, karena saya pribadi mengakui bahwa memang hasilnya belum tentu akurat seratus persen.

Namun dengan cara ini setidaknya kita dapat sedikit mengetahui sampai sejauh mana kualitas dari blog yang sedang kita bangun. Sehingga pada akhirnya jika kita tahu kekurangan dari blog kita, maka tentunya kita akan dapat segera memperbaikinya dan membuatnya menjadi semakin baik lagi.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close