5 Tips Agar Rajin Menulis di Blog Cocok bagi Pemula


Menulis bisa dibilang merupakan suatu kegiatan yang sudah tidak asing lagi di dalam kehidupan manusia. Hampir semua kegiatan yang berhubungan dengan keilmuan dan juga pembelajaran, sedikit tidaknya pasti akan berkaitan dengan kegiatan tulis menulis.

Media untuk menulis pun sudah sangat banyak, jika sebelumnya media untuk menulis identik dengan kertas maupun buku dan pulpen sebagai alatnya, maka tidak demikian dengan hari ini.

Sekarang dengan semakin maju dan berkembangnya teknologi membuat media untuk menyalurkan kegiatan tulis menulis pun sudah sangat beraneka ragam.

Salah satu contoh yang dapat kita gunakan sebagai media untuk menulis sekarang ini yaitu dengan membangun apa yang disebut dengan website maupun blog.

Kita sudah tahu bahwa blog merupakan media sharing berbagi informasi kepada orang lain. Banyak penulis-penulis hebat terlahir dari platform blog ini yang kemudian melahirkan istilah blogger.

Tentu menjadi seorang blogger bisa dibilang tidaklah mudah namun tidak juga disebut susah. Yang jelas modal awal dan yang paling penting yang harus dimiliki oleh seorang blogger adalah tulisan yang baik dan berkualitas, karena tugas utama blogger ya menulis.

Ini tentu bukan hal yang sulit bagi blogger yang memang sudah berpengalaman. Namun bagi orang yang baru terjun ke dunia blogging terkadang menulis adalah suatu momok besar yang biasanya dihadapi oleh mereka para blogger pemula.

Untuk itu dalam kesempatan ini saya ingin sedikit berbagi tips agar kita bisa lebih rajin untuk menulis artikel di blog.

Di sini saya pun merasa masih menjadi seorang pemula. Namun demikian tidak ada salahnya jika saya harus berbagi tentang tips ini.


Cara Mudah Agar Kita Rajin Menulis di blog

1. Membuat Blog

Ini terlihat seperti lelucon tapi faktanya memang benar, jika kita ingin menulis di blog tentu kita harus memiliki akun blog terlebih dahulu, dan permasalahan akan menggunakan blog gratis maupun berbayar tentu pilihan tersebut ada di tangan anda.


Namun hal utama yang ingin disampaikan pada poin ini sebenarnya bukanlah tentang cara membuat blog, melainkan tentang bagaimana cara kita agar dapat mengelola blog itu dengan baik.


Bagi orang yang pertama kali menulis di blog masalah kekonsistenan dalam menulis konten blog merupakan masalah utama yang biasanya sering dihadapi. Hal ini tentu wajar dan bisa terjadi karena mungkin mereka masih bingung dengan apa yang ingin mereka tulis.

Untuk itu salah satu cara yang dapat dilakukan bagi blogger yang memang baru merintis blognya agar tetap konsisten menulis yaitu dengan membuat blog ber-niche umum yang memiliki berbagai macam tema pembahasan.

Sebenarnya blog dengan niche umum atau biasa juga disebut dengan blog gado-gado tidaklah disarankan, karena biasanya blog dengan niche umum sulit untuk mendapat pengunjung setia.

Namun bagi kita yang memang baru belajar menulis di blog, hal ini mungkin adalah pilihan terbaik dibandingkan kita harus membuat blog yang fokus pada satu tema tertentu namun ujungnya kita stuk dan terhenti karena merasa sudah tidak memiliki ide lagi untuk menulis dalam tema tersebut.

Baca Juga : 3 Cara Ampuh Agar Blog Kita Diterima Google Adsense

Tujuan lain yang diperoleh saat kita membuat blog dengan niche umum yaitu kita dapat lebih fokus pada satu blog saja tanpa harus membuat blog lain lagi yang tentu akan semakin membuat susah dalam mengelolanya.

Di sisi lain jika kita memiliki banyak blog biasanya akan membuat kita semakin malas untuk menulis, hal ini bisa terjadi karena adanya efek psikologis dimana ketika kita memiliki banyak blog akan membuat kita merasa seolah-olah tulisan yang diposting di blog kita tidak bertambah jumlahnya padahal kita sudah menulis banyak artikel di blog tersebut.


2. Menulis Hal yang Disukai

Ketika akan menulis artikel untuk blog usahakan tema atau judul tulisan yang dibuat merupakan sesuatu hal yang benar-benar anda sukai dan minati.

Ini berguna agar saat proses menulis sedang berlangsung anda tidak terlalu banyak menghabiskan waktu untuk berfikir dan anda juga tidak perlu banyak mencari sumber referensi, karena pada dasarnya apa yang sedang anda tulis merupakan sesuatu hal yang sudah anda kuasai. 

Dengan kata lain ketika kita membuat blog jangan pernah mengikuti orang lain, jadilah diri kita sendiri sesuai dengan bakat dari bidang keahlian kita.

Memang semua orang tidaklah pandai untuk menulis, namun jika kita menulis sesuatu berdasarkan bidang keahlian atau sesuai dengan minat kita, maka menulis pun akan menjadi terasa lebih mudah.

Sebab bagi saya menulis merupakan kegiatan berbicara namun dilakukan dengan cara membubuhkannya dalam media tulisan (dalam hal ini diketik jika kita menulisnya dalam media blog).


3. Membuat Poin-poin Penting

Supaya proses menulis menjadi lebih mudah, alangkah baiknya jika tulisan tersebut kita buat menjadi poin-poin penting terlebih dahulu. Ini bertujuan agar tulisan tetap berada pada alur sesuai tema yang akan kita bahas sehingga tidak melebar kemana-mana.


Baru setelah kita menuliskan poin-poin penting tersebut kita dapat mulai membahasnya dengan membuat sebuah kalimat naratif yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya dari tiap poin-poin tersebut.

Agar tulisan tidak terkesan apa adanya dan tidak terlihat terlalu sederhana kita juga bisa menambahkan beberapa paragraf di awal dan akhir tulisan yaitu berupa tulisan prolog dan epilog.

Ini bertujuan agar pembaca pun dapat sedikit mengetahui tentang apa yang akan kita sampaikan nantinya pada tulisan artikel di blog kita.


4. Menulis Tulisan yang Ringan

Bagi kita yang memang baru belajar menulis khususnya di blog, usahakan tulisan kita jangan dibuat susah dan terlalu bertele-tele misalnya saja seperti tulisan yang menggunakan kata-kata dan gaya bahasa yang sulit dicerna oleh orang lain atau misalnya tulisan seperti di dalam karya ilmiah yang memerlukan pendalaman materi yang begitu kompleks.  

Pada saat kita menulis di blog sebaiknya kita cukup menulis tulisan yang ringan-ringan saja namun tentu tulisan tersebut dapat memberikan informasi kepada para pembaca atau pengunjung blog kita.

Sebagai contoh jenis tulisan yang paling mudah menurut saya yaitu tulisan tentang tutorial-tutorial misalnya saja tutorial cara membuat nasi goreng, tutorial cara menginstal sebuah aplikasi, dsb.

Tulisan yang berupa tutorial ini biasanya memiliki tahapan-tahapan tertentu sehingga memudahkan kita untuk membuatnya menjadi sebuah tulisan. Kita dapat mulai menulis dengan hanya membayangkan dan mengikuti tentang tahapan-tahapan tersebut.

Hal ini tentu berbeda dengan tulisan opini yang biasanya memerlukan tingkat berfikir yang jauh lebih besar.

Selain itu agar tidak terlalu memberatkan, jumlah huruf yang akan kita tulis pun sebaiknya dibatasi, tidak usah terlalu banyak cukup sekitar 500 sampai maksimal 5000 kata itu sudah cukup baik.

Namun yang saya sarankan yaitu antara 1000 sampai 2000 kata. Karena jika terlalu sedikit tidak baik untuk SEO blog, sedangkan jika terlalu banyak akan membuat pembaca menjadi jenuh bahkan bisa saja mereka tidak melanjutkan bacaannya.


5. Menulis Judul dalam Draft

Jika kita sudah memiliki tema atau ide yang ingin ditulis, namun kondisi kita tidak memungkinkan untuk menulis karena sebab tertentu atau mungkin saja kita sedang terlalu malas untuk menulis.

Maka salah satu solusi yang dapat dilakukan yaitu cukup dengan menulis judulnya saja di dalam draft blog atau tempat biasanya kita menulis konsep tulisan kita seperti misalnya di buku catatan kecil atau draft styrofoam yang biasa ditempel pada dinding kamar.


Usahakan tulislah sebanyak-banyaknya tema atau judul artikel yang bisa ditulis ketika dalam pikiran kita muncul ide-ide yang baru.

Hal ini bertujuan jika kita suatu saat merasa tidak memiliki inspirasi apapun untuk menulis, maka kita sudah mempersiapkannya dengan judul-judul artikel yang sudah kita tulis sebelumnya tersebut.

Baca Juga : Cara Mengetahui Tulisan Copy-Paste di Internet dengan Plagiarism Checker

Demikianlah artikel tentang tips agar rajin menulis blog bagi pemula. Semoga tips ini dapat bermanfaat dan semoga tips ini juga dapat dijadikan sebagai motivasi untuk kita agar lebih rajin lagi dalam menulis khususnya pada media blog.

Sampai berjumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih!

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close