Cara Deteksi dan Memperbaiki Link Mati pada Website


Membangun sebuah blog memang bisa dikatakan susah-susah gampang. Banyak hal yang perlu dipelajari serta dilakukan agar sebuah blog yang kita kelola dapat berada di halaman pertama mesin pencarian dan bersaing dengan blog milik orang lain.

Adapun terdapat cara umum yang oleh para blogger sering dilakukan dalam memaksimalkan blog yang mereka miliki itu agar semakin berkualitas, salah satunya yaitu dengan memaksimalkan apa yang disebut dengan Search Engine Optimization (SEO).

Dalam mempraktikan metode SEO ini memang tidak ada langkah yang benar-benar pasti dan baku, namun ada beberapa hal umum yang sering dilakukan oleh mereka para blogger dalam memaksimalkan SEO tersebut.

Salah satunya dan yang paling mudah untuk dilakukan dalam memaksimalkan sebuah SEO adalah dengan cara selalu memperhatikan keberadaan sebuah link yang ada di blog kita, baik itu link internal maupun link eksternal.

Link merupakan salah satu pondasi utama dalam membangun blog agar blog tersebut menjadi semakin berkualitas. Dengan pengelolaan link yang baik maka suatu blog mempunyai kesempatan yang besar untuk bersaing diantara blog-blog yang lainnya, dan begitu juga sebaliknya.

Nah adapun salah satu cara yang dapat kita lakukan dalam mengelola link-link pada blog kita tersebut yaitu dengan cara memeriksanya secara berkala, apakah pada blog kita ada link yang rusak tidak bisa diakses atau ada link yang sudah tidak berfungsi.

Dan untuk mengetahui bagaimana cara mendeteksinya keberadaan link tersebut maka langsung saja kita simak langkah-langkah berikut ini.


Cara Mendeteksi Brokenlink atau Link Rusak di Blog atau Website

1. Pertama kita masuk ke halaman website brokenlinkcheck.

2. Setelah itu masukkan alamat domain blog kita dikolom yang sudah disediakan. Lalu pilih Find broken link.



3. Selanjutnya masukkan security code yang terdiri dari 5 digit karakter berupa huruf dan angka ke dalam kolom yang tersedia. Lalu pilih "Report all occurrences of each dead link" jika pemindaian ingin dilakukan secara menyeluruh.

Jika sudah lalu kita pilih "Finds Broken Links Now!" dan tunggu beberapa saat.

Biasanya proses pemindaian akan memerlukan waktu yang relatif cukup lama tergantung dari kondisi blog kita. Pada proses ini pula, link-link yang mengalami masalah seperti link yang rusak maka akan terdeteksi untuk segera diperbaiki.



4. Jika proses pemindaian telah selesai maka biasanya akan terdapat dua hasil yang berbeda. Pertama yaitu adanya indikator status completed found 0 broken links yang berarti bahwa blog kita tidak ada masalah mengenai keberadaan link yang rusak maupun link yang mati.



Hasil yang kedua yaitu jika status pemindaian telah completed namun pada bagian bawah terdapat tabel yang berisi informasi tentang daftar link yang bermasalah.

Jika hal itu terjadi maka kita harus segera memperbaiki atau menghilangkan link-link tersebut. Beberapa kerusakan link yang biasanya sering ditemukan yaitu seperti 404, 502, bad host, dsb.




Cara Menghilangkan Brokenlink atau Link Mati di Blogspot

1. Cari link yang bermasalah

Pada kolom Page where found kita lakukan klik di tulisan srcmaka kita pun akan diarahkan kepada tab baru. Selanjutnya lihat di bagian tulisan yang diblok warna merah muda. Pada bagian inilah merupakan masalah link yang bermasalah itu berada.



2. Cari halaman tempat link yang bermasalah itu berada

Nah untuk mengetahui kira-kira link yang bermasalah itu ada di halaman yang mana (apakah itu berada di halaman beranda kita atau berada di halaman salah satu artikel kita).

Maka untuk mengetahuinya kita klik saja url di kolom Page where found tadi. Setelah itu kita pun akan diarahkan ke dalam halaman yang bermasalah. Nah cara untuk mengatasinya yaitu kita hanya perlu menghapus atau memperbaiki dari link yang ada dihalaman itu.

Catatan: Jika link yang bermasalah ternyata terdeteksi cukup banyak, maka kita harus dengan rela untuk memperbaikinya satu persatu secara manual. Namun jika kita sudah menyelesaikan beberapa link yang bermasalah itu, sebaiknya kita pun melakukan pemindaian ulang karena terkadang ada beberapa link yang sama yang terdeteksi menjadi banyak.

Baca Juga : Cara mengetahui dan menolak Spam Backlink dengan Google Search Console

Demikianlah artikel tentang Cara Mendeteksi dan Memperbaiki Link Mati atau Rusak di Blogspot. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam, No Link Aktif !

Previous Post Next Post

Contact Form

close
close