Daftar Motherboard AMD Socket AM5 Berbagai Merk


Seperti yang kita tahu bahwa motherboard dengan socket AM5 merupakan jenis mobo current gen terbaru yang dirilis oleh AMD pada akhir tahun 2022 lalu.

Sebagai sebuah komponen generasi baru, socket AM5 ini memang menawarkan berbagai macam fitur yang baru dan tentu juga performa yang lebih baik dari generasi sebelumnya.

Adapun salah satu fitur baru yang ada pada motherboard tipe ini, yaitu mengenai konfigurasi memory yang dimiliki. Dimana jika kita ingin merakit PC dengan socket AM5, maka kita diharuskan untuk menggunakan konfigurasi RAM versi DDR5, dengan tidak adanya opsi untuk memakai konfigurasi DDR4.

Yap meski terlihat menyusahkan karena tidak bisa backward compatibility dengan komponen last gen, namun perlu diingat bahwa socket AM5 ini harusnya masih akan memiliki umur yang cukup panjang dan bisa dibilang sangat future proof.

Apalagi AMD sendiri terkenal sebagai sebuah brand yang peduli terhadap konsumen. Jadi bagi kita yang memang ingin merakit PC desktop menggunakan socket AM5, seharusnya tidak perlu khawatir karena memang mobo ini tentunya lebih upgradeable di masa yang akan datang.

Nah jadi bagi kita yang memang berencana untuk merakit PC dengan memakai motherboard dengan varian socket AM5, maka tidak ada salahnya untuk kita mempelajari terlebih dahulu mengenai beberapa jenis motherboard yang ada dipasaran saat ini termasuk juga chipset apa saja yang digunakan.

Sehingga saat kita ingin membeli mobo tersebut seharusnya kita tidak akan salah pilih dan tentunya bisa menyesuaikan dengan spek komputer yang ingin dirakit.

Adapun berikut ini merupakan jenis motherboard socket AM5 dari berbagai merk termasuk chipset yang dipakainya.


Inilah List Rekomendasi Motherboard AMD Socket AM5 Terbaru dari Berbagai Brand

Agar lebih memudahkan dalam pembahasan dan supaya kitapun tidak menjadi bingung, maka disini saya akan membagi list motherboard berdasarkan klasifikasi chipset, yaitu dari mulai mobo kelas bawah seperti seri A hingga mobo kelas paling atas seperti seri X.


A. Motherboard AM5 A Series


1. Asrock A620M-HDV/M.2+

Mobo di kelas entry level sebenarnya tidak terlalu banyak opsi yang bisa kita dapatkan di pasar Indonesia. Hanya saja dari sekian motherboard di kelas ini, salah satu yang paling direkomendasikan yaitu ada Asrock A620M-HDV/M.2+.

Mobo ini memiliki form factor Micro ATX dengan keunggulan yaitu selain harganya yang memang terbilang cukup terjangkau juga karena fitur-fitur yang diberikan termasuk mumpuni di kelas harga tersebut. Misalnya saja rear slot I/O yang sudah cukup lengkap, terdapat BIOS flashback button, serta adanya fitur termal limit.

Sebenarnya ada juga varian Asrock A620M-HDV/M.2 polos tanpa +. Hanya saja dari harganya yang tergolong tidak terlalu jauh berbeda, fitur yang diberikan tergolong sedikit kalah dan jauh lebih baik versi A620M-HDV/M.2+ karena sudah memiliki Power phase yang sedikit lebih banyak serta power CPU yang sudah support hingga 120W.

Selain itu, jika kita ingin memilih mobo dari brand lain pun, maka ada beberapa opsi di kelas ini yang bisa kita pilih, yaitu seperti :
2. Biostar A620MP-E Pro (M-ATX), menawarkan harga yang tidak jauh berbeda namun fitur cukup baik.
3. Gigabyte A620M DS3H (M-ATX) opsi lain yang memiliki fitur yang cukup mirip dengan Asrock.
4. Gigabyte A620M Gaming X AX (M-ATX) dengan sudah dilengkapi dengan modul koneksi Wifi.


B. Motherboard AM5 B Series


1. Gigabyte B650M K (M-ATX)

Selanjutnya pada mobo di kelas chipset seri B yang pertama ada dari brand Gigabyte dengan varian B650M K dengan konfigurasi form factor Micro ATX. Jika dilihat secara sekilas memang motherboard ini terlihat biasa saja seperti kebanyakan motherboard di kelasnya.

Hanya saja port I/O yang dibenamkan terbilang sudah lumayan lengkap termasuk dengan sudah adanya port LAN 2,5 Gb dan tombol flash BIOS. Selain itu, model pengunci VGA card pun sudah dengan sistem tangkai, yang memungkinkan untuk lebih mudah saat dilakukan proses bongkar pasang.


2. Asrock B650M Pro RS (M-ATX)

Jika kita ingin mendapatkan tampilan yang jauh lebih keren dengan nuansa warna silver keputihan, mungkin mobo satu ini bisa menjadi salah satu alternatif lain yang bisa dipilih, terlebih jika kita memang berencana ingin merakit PC dengan tema berwarna putih.

Selain harganya yang tidak terlalu jauh berbeda dengan varian Gigabyte sebelumnya, mobo dari Asrock inipun terbilang cukup lengkap soal fitur yang diberikan.


Adapun beberapa kelebihan tersebut seperti slot port I/O baik dibagian depan dan belakang yang melimpah, adanya pre-installed cover rear I/O, power phase 8+2+1 yang dilengkapi dengan cover heatsink cukup besar, serta support RAM dengan frekuensi lebih dari 7200Mhz DDR5.


3. MSI Pro B650M-A Wifi (M-ATX)

Selanjutnya ada motherboard dari MSI varian B650M yang sudah dibekali dengan sistem konektivitas Wifi pre built-in, sehingga kita tidak perlu lagi membeli konektor Wifi tambahan yang terkadang bisa memiliki harga yang cukup mahal.

Selain itu bentuk dari mobo inipun memiliki build quality yang terbilang cukup baik dengan sudah adanya cover heatsink VRM yang besar sehingga bisa lebih mengontrol panas dengan lebih baik.


Ditambah produk motherboard dari brand MSI terkenal memiliki UI yang cukup user friendly, sehingga cocok digunakan bagi kita yang memang baru belajar untuk mengutak-atik BIOS dan settingan advanced lainnya pada mobo tersebut.


4. ASUS Prime B650M-A Wifi II (M-ATX)

Ini merupakan salah produk motherboard terbaru dari Asus di kelas B650 dengan refresh dari seri sebelumnya dengan beberapa penambahan fitur yang lebih baik dari seri pertama.


Adapun beberapa fitur yang diberikan dari mobo ini yaitu seperti port USB sebanyak 8 slot dibagian rear atau back panel I/O, output display port 1.4, slot 2,5 Gbps port LAN, BIOS flashback button, frekuensi RAM DDR5 up to 7600+, dan juga fitur Precision Boost Overdrive (PBO) Enhancement yang berfungsi untuk limit suhu dari prosesor.


5. Asrock B650I Lightning Wifi (Mini-ITX)

Pada list berikutnya ada seri Asrock B650i Lightning Wifi yang merupakan motherboard dengan form factor mini ITX. Jadi jika kita memang ingin build PC compact, maka salah satu rekomendasi mobo yang bisa dipilih yaitu seri Asrock ini.


Selain harganya yang terbilang cukup terjangkau dibanding mobo mini ITX yang lain, seri Asrock inipun memiliki fitur yang cukup baik dikelasnya, seperti slot M.2 yang sudah gen 5, koneksi Wifi 6E, BIOS Flashback button, dan juga 2,5 Gbps LAN port.


6. MSI MAG B650 Tomahawk Wifi (ATX)

Jika kita ingin merakit PC berchipset B650 dengan ukuran form factor ATX, maka salah satu alternatif yang bisa dipilih yaitu ada motherboard MSI varian MAG B650 Tomahawk Wifi.


Selain karena memiliki tampilan yang terlihat macho dengan balutan warna hitam, SKU mobo ini juga memiliki beberapa fitur yang bisa dibilang sudah cukup mumpuni, yaitu seperti memiliki port USB dibagian rear I/O sebanyak 10 slot, pre-installed module Wifi 6E, support Audio S/PDIF output, 2,5 GB port LAN, dan juga slot M.2 ada 3 dengan konfigurasi screwless.


C. Motherboard AM5 X Series


1. Gigabyte X670 Aorus Elite AX (ATX)

Di daftar pertama dari mobo AM5 seri X yang direkomendasikan, yaitu ada motherboard Gigabyte X670 Aorus Elite AX. Memang ada beberapa mobo seri X lain yang harganya lebih murah dari tipe satu ini, namun kebanyakan fitur yang diberikan terbatas dan lebih mirip dengan varian mid-range berchipset B650.

Nah jika kita memang ingin menggunakan chipset X670 dengan konfigurasi fitur yang lengkap namun tetap terjangkau, maka mobo seri ini bisa dibilang sudah mengakomodir hal tersebut.

Beberapa keunggulan dari mobo ini yaitu, konfigurasi power phase 16+2+2 dengan heatsink VRM yang proper, slot PCIe x16 yang sudah gen 5, ada 4 slot M.2 screwless dengan cover heatsink (1 slot sudah gen 5), dan juga 12 slot USB dibagian rear I/O.


2. ASUS TUF Gaming X670E-Plus Wifi (ATX)

Alternatif lain jika kita ingin menggunakan chipset X670, maka pilihannya ada mobo dari Asus dengan seri Tuf gaming X670E-Plus Wifi.


Seri Asus ini memiliki build quality yang kokoh dengan tampilan yang terbilang calm namun tetap estetik. Beberapa hal menarik lainnya dari motherboard ini yaitu sudah dilengkapi dengan controller header thunderbolt 4, Audio Codec Realtek S1220A, serta slot expansion untuk M.2 dan VGA card GPU yang sudah menggunakan gen 5.


3. Asrock X670E Taichi Carrara (E-ATX)

Di kelas high-end Asrock memiliki seri Carrara yang terkenal selalu memiliki desain dan build quality yang keren dengan fitur yang berlimpah. Saat pertama melihat mungkin kita akan langsung terpukau dengan keindahan dari mobo satu ini. Perpaduan antara warna putih dengan finishing garis bermotif marmer membuat tampilan dari seri Taichi Carrara menjadi terlihat semakin elegan.

Selain itu, dalam paket penjualan pun kita akan diberikan juga fan casing dengan warna yang senada dengan motherboard, sehingga bisa menimbulkan kesan keselarasan antar komponen yang dipakai.


Adapun beberapa fitur unggulan dari seri Asrock X670E ini yaitu seperti sudah adanya port USB4 Type C yang memiliki speed tinggi, module Wifi 6E, 4 slot M.2 dengan cover heatsink, 24+2+1 Power Phase dengan heatsink VRM yang sangat proper, update BIOS button, dan juga adanya 2 slot PCIe gen 5 x16 yang tentunya future proof.


4. Gigabyte X670E Aorus Master (E-ATX)

Di list terakhir jika kita memang ingin merakit PC dengan konfigurasi form factor E-ATX, maka salah satu rekomendasi yang bisa dipilih yaitu ada Gigabyte X670E Aorus Master.

Jika dibandingkan dengan mobo E-ATX yang lain, seri Aorus ini bisa dibilang merupakan mobo yang paling worth it, karena memiliki harga yang paling murah namun fitur yang ditawarkan bisa dibilang sangat lengkap.


Adapun beberapa fitur kelengkapan yang diberikan yaitu seperti adanya 12 Slot USB dibagian back panel I/O, Wifi 6E, BIOS flashback button, controller thunderbolt 4, Audio codec Realtek ALC1220-VB, Slot M.2 yang semuanya sudah tercover heatsink, dan slot GPU yang sudah screwless.


Nah itulah tadi daftar motherboard AM5 berbagai kelas untuk prosesor AMD. Sebenarnya masih banyak mobo AM5 lain yang belum disebutkan pada postingan kali ini, karena memang pada dasarnya artikel ini membahas mobo AM5 yang worth it untuk dibeli saja.

Jadi jika ada motherboard yang belum disebutkan bukan berarti jelek, namun lebih ke value yang mungkin tidak sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Nah jika memang pertanyaan seputar motherboard AM5 atau pertanyaan lain seputar komputer, maka bisa langsung disampaikan saja pada kolom komentar yang ada di bagian bawah. Semoga postingan ini bisa bermanfaat, dan akhir kata sampai berjumpa kembali di postingan lain berikutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close