Cara Limit FPS di GPU AMD Radeon dan Nvidia Geforce


Frame Per Second (FPS) pada dasarnya merupakan tingkat pengukuran mengenai seberapa cepat gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor dalam satuan detik.

Dimana semakin tinggi nilai FPS, artinya gambar yang ditampilkan dalam satu detik akan semakin banyak juga. Misalnya saja jika tertulis 120 FPS, maka berarti bahwa terdapat sekitar 120 gambar yang dapat dihasilkan dalam satu detik.

Nah adapun perangkat yang bertugas untuk memproduksi FPS ini yaitu komponen prosesor grafis (GPU) dengan bertanggung jawab untuk memproses dan menghasilkan grafis untuk kemudian dilanjutkan pada layar monitor sebagai output.

Secara umum, semakin bagus GPU yang digunakan maka seharusnya akan semakin banyak pula FPS yang bisa dihasilkan.

Namun nilai FPS yang semakin tinggi ini bukan berarti menandakan selalu baik. Sebab jika monitor yang digunakan memiliki refresh rate (hz) yang lebih rendah daripada FPS yang bisa dihasilkan, maka biasanya hal tersebut akan membuat layar monitor mengalami gejala yang dinamakan dengan screen tearing dan hal ini tentu saja sangat buruk.

Screen tearing sendiri yaitu kondisi saat monitor PC akan mengalami tampilan gambar patah secara horizontal sehingga seolah tampilan gambar terlihat menjadi tidak utuh dan tidak smooth. Dimana biasanya kondisi ini akan muncul terlebih saat sedang bermain game yang membutuhkan FPS tinggi seperti jenis game kompetitif.

Oleh karena itu agar screen tearing ini tidak terjadi, maka salah satu solusi yang bisa dilakukan yaitu dengan membatasi atau mengunci FPS di angka tertentu secara manual.

Biasanya disesuaikan dengan refresh rate layar monitor. Sebagai contoh, jika refresh rate layar monitor yang dipakai hanya sekitar 60hz saja, maka kita bisa melakukan limit tampilan gambar di angka 60 FPS juga, walau sebenarnya GPU tersebut mungkin mampu untuk memproduksi lebih dari itu.


Cara Mengunci FPS secara Manual di GPU Komputer

Nah untuk bisa melimit seberapa banyak FPS yang digenerate oleh GPU, maka cara mudah yang bisa kita lakukan yaitu dengan mengatur pada program software bawaan dari GPU itu sendiri.

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini hanya ada dua brand besar GPU yang umum dipakai, yaitu ada NVIDIA Geforce dan juga AMD Radeon.

Pada dasarnya cara ini bisa dilakukan baik itu untuk model grafis VGA card untuk PC desktop maupun diskrit GPU mobile untuk laptop. Dimana untuk mengatur FPS di limit tertentu, kita bisa mengaksesnya melalui menu software bawaan dari masing-masing GPU.

Adapun untuk mengetahui bagaimana caranya, maka bisa langsung disimak saja pada penjelasan berikut ini.


A. User GPU Nvidia Geforce

1. Langkah pertama kita buka terlebih dahulu program software bernama Nvidia Control Panel.

Caranya bisa dibuka melalui menu windows atau jika ingin lebih cepat bisa juga dengan memanfaatkan fitur pencarian.


2. Setelah itu lalu pilih menu Manage 3D settings > kemudian pada menu tampilan yang ada di sebelah kanan kita cari menu Max Frame Rate.

Jika sudah lalu klik menu tersebut dan ubah dari Off menjadi On. Lalu pada bagian FPS kita bisa atur dan sesuaikan dengan kemampuan dari layar monitor yang sedang dipakai.


3. Setelah itu lalu tekan OK > kemudian pilih Apply. Setelan tersebut berlaku di seluruh aplikasi program yang sedang dijalankan.

4. Nah jika kita ingin mengaturnya hanya untuk aplikasi atau program tertentu saja, maka kita bisa pergi ke menu Program Settings > lalu pilih salah satu program/aplikasi, misalnya di sini saya pilih game Most wanted.


Setelah itu pada bagian menu Max Frame Rate kita ubah juga seperti pada langkah nomor 2. Jika sudah lalu tekan OK > kemudian pilih Apply.


B. User GPU AMD Radeon

1. Langkah pertama kita buka program AMD Radeon Software > kemudian pilih menu Gaming.

Setelah itu pilih icon tiga titik vertikal > lalu pilih Add a Games > kemudian masukkan game yang ingin dibatasi FPS nya. Sebagai contoh disini saya coba game PES 2021.


2. Jika sudah lalu klik game yang sudah ditambahkan tadi > lalu kita ubah pada menu Radeon Chill menjadi Enabled.

Selanjutnya kita tinggal ubah dan sesuaikan nilai FPS ke angka yang diinginkan. Sebagai contoh disini saya atur ke angka 60 FPS saja.


Lakukan cara yang sama jika kita ingin melakukan limit FPS pada game yang lainnya juga.


Demikianlah postingan kali ini tentang cara mengunci atau mengatur limit FPS di GPU AMD Radeon maupun NVIDIA Geforce.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat, dan jika ada yang ingin ditanyakan seputar teknologi komputer, maka bisa langsung disampaikan saja pada kolom komentar yang telah disediakan dibagian bawah.

Akhir kata terima kasih telah berkenan mengunjungi blog ini dan sampai berjumpa kembali di postingan lain selanjutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close