Cara Menulis Bismillah, Allah dan Muhammad di Microsoft Word


Apakah pada program office Microsoft word kita bisa menulis huruf Arab? Jika Anda pernah bertanya seperti itu, maka jawabannya tentu saja sangat bisa.

Jadi jika kita ingin menulis dengan menggunakan bahasa arab, memang terdapat cara khusus untuk bisa melakukan hal tersebut. Dimana untuk bisa memasukkan karakter arab, kita sebelumnya harus terlebih dahulu mengubah settingan pada bahasa yang dipakai pada PC.

Nah adapun pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas mengenai cara menulis huruf hijaiyah di Ms. Word secara keseluruhan, melainkan hanya akan membahas tentang cara menulis beberapa lafadz umum yang biasa ditemukan dalam bahasa arab, seperti lafadz Allah, Muhammad, kalimat bismillah, dll.

Sehingga saat kita ingin menulis beberapa kata tersebut, kita bisa menggantinya dengan tulisan Arab yang bisa membuat tulisan dokumen terkesan lebih sakral dan terlihat lebih rapih saat dibaca.

Lalu bagaimana cara untuk bisa membuat kata-kata tersebut di Microsoft word? Nah untuk mengetahuinya, maka langsung saja kita simak pada ulasan berikut ini.


Cara Menuliskan Beberapa Lafadz Kalimat dalam Bahasa Arab

Berbeda dengan cara menulis huruf arab hijaiyah yang memang memerlukan beberapa ubahan pengaturan bahasa terlebih dahulu, maka untuk bisa menuliskan kalimat generik dalam bahasa Arab seperti lafadz Allah dan Muhammad, bisa dibilang cukup simpel karena kita hanya perlu memanfaatkan fitur insert symbol saja.

Dimana fitur simbol tersebut bisa langsung diakses pada menu yang ada di program Microsoft Word. Adapun untuk menulisnya ada dua cara yang bisa kita gunakan seperti pada penjelasan berikut ini.


CARA 1

1. Langkah pertama kita buka terlebih dahulu program Microsoft Word > lalu pada bagian menu yang ada sebelah atas kita pilih Insert > lalu pilih Symbol > kemudian pilih More Symbols.



2. Setelah itu lalu pada bagian menu Font kita pilih (Normal Text) > kemudian pada bagian menu Subset kita pilih Arabic Presentation Forms-B (Biasanya terletak dibagian paling bawah).



3. Jika sudah maka akan langsung muncul beberapa lafadz yang kita butuhkan seperti lafadz Bismillahirrahmanirrahim, Shallallahu 'alaihi wasallam (SAW), kata Muhamad dan juga Allah.

Adapun untuk menggunakan karakter tersebut, yaitu cukup pilih salah satu dari karakter simbol yang diinginkan > lalu pilih insert.


CARA 2

Cara kedua ini bisa dibilang merupakan cara yang sangat praktis karena lebih simpel dan cepat untuk kita lakukan.

Pertama kita hanya perlu memasukkan kode tergantung dari simbol atau karakter apa yang ingin ditulis kemudian setelah itu kita cukup tekan shortkey Alt + X pada keyboard dan lafadz yang diinginkan pun akan langsung muncul.

Contoh saja jika kita ingin menulis kalimat Bismillahirrahmanirrahim, maka caranya cukup tulis kode FDFD kemudian kita tekan Alt + X.



Adapun beberapa kode lainnya adalah sebagai berikut :

Kode FDFD untuk memunculkan lafadz Bismillahirrahmanirrahim

Kode FDFA untuk memunculkan kalimat Shallallahu 'alayhi wasallam (SAW)

Kode FDF2 untuk memunculkan kata Allah

kode FDF4 untuk memunculkan kata Muhamad

Dan hasilnya bisa kita lihat seperti pada gambar berikut :



NB :
Sedikit catatan saja, jika kita ingin berhasil menulis kode tersebut dengan sempurna, maka jangan lupa untuk mengubah jenis tulisan font menjadi Arabic Typesetting.


Hal ini harus dilakukan karena untuk beberapa kode seperti misalnya Bismillahirrahmanirrahim, terkadang jika font tidak diganti maka hasilnya seringkali akan gagal dengan kalimat yang tidak tertulis sempurna.

Selain itu, saat kita menggunakan jenis font Arabic typesetting ini maka hasilnya bisa dibilang akan terlihat lebih bagus dan keren, karena font dengan tipe tersebut memang khusus dibuat untuk menulis huruf Arab Hijaiyah. Sehingga tulisan akan terlihat semakin estetik dan lebih berseni.


Demikianlah artikel kita kali ini tentang cara membuat lafadz dalam bahasa arab seperti kata Allah, Bismillahirrahmanirrahim, Muhammad, dan juga Shallallahu 'alaihi wasallam (SAW) pada program Office Microsoft word.

Sebenarnya dengan memanfaatkan fitur insert symbol ini, kitapun bisa menulis tulisan huruf arab yang lain juga. Hanya saja cara ini boleh dibilang lebih ribet karena kita harus memasukkan karakter simbol satu persatu.

Berbeda jika kita menggunakan cara mengubah settingan bahasa, maka kita bisa dengan mudah untuk menulis huruf Arab langsung menggunakan keyboard komputer.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close