Cara Mengetik Menggunakan Huruf Arab di Komputer



Selain bentuk alfabet latin seperti yang kita kenal saat ini, penggunaan huruf atau aksara di dalam sebuah tulisan memang sangat beraneka ragam sekali jenisnya. Beberapa huruf yang mungkin sangat terkenal dan banyak ditemukan diantaranya yaitu seperti huruf kanji (Jepang), hangul (Korea), sirilik (Rusia), hijaiyah (Arab), dll.

Huruf-huruf tersebut jika ditulis dengan memakai tulisan tangan secara langsung memang sangatlah mudah, bahkan meskipun kita tidak mengetahui sama sekali arti dari huruf tersebut sekalipun. Asalkan kita melihat contoh yang ada, maka semua huruf dapat langsung ditulis.

Namun hal ini tentu saja akan berbeda ceritanya ketika kita sedang menulis alias mengetik di perangkat komputer, dimana kita tidak bisa untuk langsung menulis semua tipe aksara tersebut.

Hal ini karena pada pengaturan default bawaan komputer, terutama di wilayah Indonesia biasanya hanya digunakan jenis aksara alfabet latin saja yaitu huruf A hingga Z. Sehingga untuk bisa menulis dengan aksara selain itu, maka diperlukan penyesuaian kembali pada perangkat komputer kita.

Lalu bagaimana caranya jika ingin menulis aksara asing tersebut? Sebenarnya terdapat cara mudah untuk melakukannya. Namun pada postingan kali ini kita tidak akan membahas semua jenis aksara, melainkan hanya akan fokus pada satu jenis aksara saja yaitu tipe abjad Arab yang dikenal sebagai huruf hijaiyah.

Dan untuk mengetahui cara mengetik tulisan huruf Arab tersebut di PC komputer, maka langsung saja kita simak ulasannya berikut ini.


Mengubah Tampilan Keyboard Menjadi Tulisan Huruf Arab Hijaiyah

1. Langkah pertama kita klik Start > lalu pilih menu "Setting" yang memiliki simbol seperti roda gigi > selanjutnya kita pilih menu "Time & Language".



2. Setelah itu pada menu "Language" kita pilih "add a preferred language".



3. Selanjutnya dibilah kotak pencarian yang tersedia kita ketik saja "Arabic".

Jika sudah maka akan muncul bahasa "Arabic (Saudi Arabia)" kita pilih saja bahasa tersebut, lalu selanjutnya kita pilih "Next" > lalu pilih "Install"Tunggu beberapa saat untuk melakukan proses download.



4. Selanjutnya kita buka menu bahasa yang ada pada bagian taskbar (menu yang ada disebelah kanan bawah), lalu kita ubah ke bahasa Arabic (Saudi Arabia).


Hingga langkah tersebut sebenarnya kita sudah berhasil memasukkan bahasa arab di perangkat PC kita. Jika ingin melakukan ujicoba kita cukup buka Microsoft Word lalu coba ketik sembarang kata menggunakan keyboard di program tersebut.

Lalu bagaimana untuk mengetahui setiap huruf yang akan digunakan? sementara tulisan pada keyboard kita tidak ikut berubah. Nah untuk mengatasi hal tersebut maka kita bisa membuka program bernama "On screen keyboard".

Caranya yaitu pilih menu "Start" > cari menu "Windows ease of Access" biasanya terdapat dibagian bawah > lalu pilih menu "On-screen keyboard".

Jika sudah maka tampilan pada on-screen keyboard pun akan langsung berubah otomatis menjadi tulisan dengan aksara Arab seperti gambar berikut.


Lalu bagaimana untuk mengembalikan ke tulisan dengan huruf latin lagi? Nah untuk melakukannya kita cukup kebagian menu taskbar tadi, lalu ganti dengan bahasa English.




Bagaimana menarik bukan? Dengan cara sederhana ini tentu kita dapat mulai belajar menulis menggunakan huruf hijaiyah dengan lebih mudah dan praktis.

Demikianlah artikel kali ini tentang Cara mengubah bentuk huruf pada keyboard dengan tulisan arabic. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan akhir kata sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close