Cara Menghapus Folder Gallery di File Explorer Windows


Saat kita membuka program file explorer di OS Windows, secara normal mungkin kita akan melihat deretan tampilan menu yang ada di bagian sebelah kiri dan salah satunya yaitu berupa menu Gallery.

Terlebih jika kita memakai OS versi terbaru seperti windows 10 dan juga 11, maka menu galeri tersebut pasti akan dengan mudah kita temukan karena letaknya yang memang berada diurutan paling atas setelah menu home.


Nah permasalahannya pada saat menu gallery tersebut dibuka, maka akan langsung muncul berbagai koleksi foto yang ada di perangkat komputer kita tanpa terkecuali. Jadi boleh dibilang setiap format photo yang sudah disimpan dalam berbagai folder pun akan tampil di satu folder yaitu menu galeri tersebut.

Hal ini tentu saja bisa mengganggu privasi kita, sebab jika ada teman yang ingin meminjam dan memakai perangkat komputer atau laptop kita, maka dia akan dengan mudah menemukan beragam file foto milik kita, dimana mungkin banyak diantaranya merupakan file pribadi yang terkadang bukan untuk konsumsi publik.

Oleh karena itu, folder galeri tersebut memang seharusnya ditiadakan saja. Sehingga file-file foto yang bersifat privat dan rahasia tidak mudah untuk diakses oleh orang yang tidak dikehendaki.

Lalu bagaimana cara untuk menghilangkan folder gallery tersebut? Nah ternyata untuk melakukan hal itu kita tidak bisa menghapusnya sembarangan, melainkan memang terdapat cara khusus untuk bisa menghapus menu gallery di program file explorer.

Adapun untuk mengetahui bagaimana cara menghapusnya, maka bisa langsung disimak saja pada pembahasan di bawah ini.


Cara Menghilangkan Menu Galeri di Windows Explorer

1. Langkah pertama kita buka terlebih dahulu program bernama Registry Editor, caranya cukup masuk ke menu search/pencarian lalu ketik saja registry editor dan klik program tersebut.

NB : Jika ada notifikasi muncul kita cukup pilih Yes.



2. Selanjutnya kita akses beberapa folder berikut :
Buka folder HKEY_LOCAL_MACHINE > Software > Microsoft > Windows > CurrentVersion > Explorer > Desktop > NameSpace_41040327.

3. Setelah itu pada folder bernama {e88865ea-0e1c-4e20-9aa6-edcd0212c87c} kita hapus/delete folder tersebut secara permanen. Jika sudah maka menu gallery pada file explorer pun akan langsung terhapus secara otomatis.



Lalu bagaimana cara untuk mengembalikan menu gallery di windows explorer yang sudah dihapus tadi? Nah untuk menambahkannya lagi, maka ada dua cara yang bisa kita lakukan.


CARA 1

Tips pertama yang bisa kita lakukan, yaitu dengan cara membuat folder baru dengan nama yang sama.

1. Langkah pertama kita cukup klik kanan pada folder NameSpace_41040327 > lalu pilih menu New > kemudian pilih Key.

2. Setelah itu lalu beri nama pada folder baru tersebut dengan nama yang sama yaitu {e88865ea-0e1c-4e20-9aa6-edcd0212c87c}.

NB : Jika folder sudah terlanjur diklik dan tidak bisa ditulis nama, maka kita bisa melakukan klik kanan > lalu pilih rename.

3. Jika sudah lalu tekan Enter dan menu gallery pun akan langsung kembali lagi secara otomatis.


CARA 2

Tips yang kedua ini bisa dilakukan dengan cara melakukan back-up data. Jadi untuk bisa menggunakan cara ini tentu saja kita tidak boleh menghapus dulu folder {e8886...... tersebut.

Adapun untuk melakukan back-up data bisa bisa dengan mengikuti cara di bawah ini.

1. Langkah pertama cukup klik kanan pada folder {e88865ea-0e1c-4e20-9aa6-edcd0212c87c} > lalu pilih Export > kemudian pilih lokasi tempat untuk menyimpan file backup yang diinginkan dan jangan lupa berikan nama (misalnya backup menu gallery file explorer).


Jika sudah lalu pilih Save. Baru setelah itu kita bisa menghapus folder {e88865ea-0e1c-4e20-9aa6-edcd0212c87c}.

Nah untuk mengembalikan menu gallery tersebut kita bisa menggunakan file yang telah dibackup tadi.

Caranya cukup selected/pilih menu NameSpace_41040327 > kemudian pilih menu File yang terletak di bagian sebelah kiri atas > lalu pilih import > kemudian cari file backup-an yang telah di save tadi > kemudian pilih OpenDan jika muncul notifikasi pemberitahuan kita cukup pilih OK saja.


Hingga langkah diatas, maka proses mengembalikan menu galeri pun telah selesai dilakukan.

Jangan lupa lakukan bookmark dengan menekan CTRL+D untuk menyimpan postingan ini jika suatu hari kita ingin melihat tutorial ini lagi.


Demikianlah artikel singkat kali ini tentang cara menghapus dan menambahkan menu gallery di program file explorer windows.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat, dan sampai berjumpa lagi di postingan seputar tips komputer yang lainnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close