Cara Membuat Kolom Add Gadget di Bawah Header Blog


Kolom menu add gadget / tambahkan gadget pada dasarnya merupakan kolom kotak yang letaknya tepat berada di sisi kanan, kiri, atas, maupun bawah dari sebuah template blog. Dimana untuk mengakses kolom tersebut kita bisa masuk ke menu Layout / Tata Letak blogger.

Adapun fungsi dari kolom menu tersebut, yaitu berguna untuk membantu kita dalam menambahkan berbagai widget di blogger tanpa perlu masuk ke mode Edit HTML. Beberapa widget yang bisa ditambahkan misalnya saja seperti kode HTML, iklan adsense, image, label, halaman, serta atribut lainnya.

Nah sebagaimana yang sudah tertera pada judul postingan, adapun pada kesempatan kali ini kita akan mencoba untuk membahas mengenai cara menambahkan kolom add gadget secara manual di bagian bawah header dari logo blog.

Sebab seperti yang kita tahu bahwa setiap template blog itu biasanya memiliki penempatan layout yang berbeda-beda, dan terkadang ada beberapa jenis template yang tidak dilengkapi dengan opsi kolom add gadget dibagian bawah header.

Padahal posisi tersebut boleh dibilang sangat strategis, karena posisi bawah header memang sangat mudah untuk terlihat oleh pengunjung, terutama saat kita ingin menempatkan iklan adsense.

Oleh karena alasan tersebut, jika template blog kita belum ada kolom untuk widget dibagian bawah header, maka disarankan untuk kita membuatnya dengan cara manual.


Cara Menambahkan Kolom Widget Add Gadget Baru di Bagian Bawah Header

1. Langkah pertama kita akses ke mode edit HTML terlebih dahulu, caranya yaitu masuk ke dashboard blogger > lalu pilih menu Tema > pilih icon panah bawah sebelah tulisan Sesuaikan > kemudian pilih Edit HTML.

2. Setelah itu lalu kita cari kode berikut ]]></b:skin>

Jika ingin lebih mudah cukup tekan CTRL+F di dalam kode HTML, lalu paste-kan kode diatas dan kemudian tekan enter.

3. Setelah kita menemukan kode ]]></b:skin>, selanjutnya kita pastekan kode #bawah_header{float:left;width:100%;} dengan posisi penempatan berada tepat diatas kode ]]></b:skin> (Lihat gambar).

4. Jika sudah lalu kita buat kolom add gadget seperti tujuan utama kita. Ada dua tempat yang ideal untuk membuat kolom ini.

Pertama yaitu tepat berada dibawah Header logo atau menu navigasi Blog dan yang kedua yaitu letaknya berada diatas main post blog.


Penempatan Kotak Add Gadget dibawah Header Logo/Menu Navigasi

Pertama kita cari kode 'header-wrapper' atau lengkapnya kurang lebih <header id='header-wrapper'>. Jika ingin cepat bisa gunakan shortkey Ctrl+F seperti pada poin nomor 2 sebelumnya.

Jika sudah kita temukan, lalu selanjutnya kita pastekan kode berikut tepat dibawah kode <header id='header-wrapper'>
<div id='bawah_header'>
    <b:section class='header' id='bawah header' preferred='yes'/>
    </div>


Jika sudah lalu pilih Save tempalte tersebut dengan memilih icon disket yang ada dibagian sebelah kanan atas.


Penempatan Kotak Add Gadget Diatas Postingan Utama Blog

Sementara jika kita ingin membuat kolom diatas main posts, maka kita bisa mencari kode 'main-wrapper' atau kode lengkapnya <main id='main-wrapper'>.

Setelah itu paste-kan kode berikut tepat dibawah kode <main id='main-wrapper'>.
<div id='bawah_header'>
    <b:section class='header' id='bawah header' preferred='yes'/>
    </div>


Jika sudah jangan lupa untuk menyimpan template dengan melakukan Save.

Meskipun letak posisinya sama-sama berada di bawah header blog, namun keduanya terkadang bisa memiliki ukuran kotak kolom yang berbeda.

Dimana untuk opsi yang pertama biasanya akan memiliki ukuran yang lebih lebar, sehingga cocok jika kita ingin menambahkan widget atau iklan AdSense yang lebih besar. Sementara untuk posisi penempatan diatas main post terkadang memiliki ukuran kotak kolom yang sedikit lebih kecil dengan ukuran yang biasanya sama dengan lebar postingan artikel blog.

Jadi sesuaikan saja dengan kebutuhan kita mau yang lebar atau yang lebih pendek. Namun hal tersebut sebenarnya tergantung juga dari jenis template blog yang digunakan, dimana setiap template blog mungkin akan memiliki konfigurasi yang berbeda-beda dan lebar kolom yang berbeda-beda.


Demikianlah tips kita kali ini tentang cara membuat kolom add gadget yang letak posisinya berada di bawah header logo/navigasi blog. Jika ada pertanyaan atau tahapan langkah-langkah yang belum dimengerti, maka bisa langsung ditanyakan saja pada kolom komentar yang ada dibagian bawah.

Jangan lupa save postingan ini dengan cara melakukan bookmark (CTRL+D) jika suatu saat kita ingin menggunakan tutorial ini di lain waktu.

Akhir kata semoga artikel ini bisa bermanfaat, dan sampai berjumpa kembali di postingan lain berikutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close