Cara Isi Formulir Pajak Amerika Google Adsense tanpa NPWP


Jika sebelumnya kita pernah membahas tentang cara untuk membuat formulir info pajak Singapura, maka pada kesempatan kali ini kita akan mencoba membahas hal yang kurang lebih hampir sama, yaitu mengenai cara mengisi info pajak Amerika pada Google Adsense.

Lalu sebenarnya apa sih fungsi dari kita membuat informasi pajak ini?

Formulir pajak Amerika pada Adsense sendiri bisa dikatakan berguna untuk memastikan pemotongan pajak yang fair, yaitu berapa besaran pajak yang harus dipungut terhadap kita selaku publisher dari Google Adsense.

Sebab seperti yang kita tahu, bahwa jika ada pengunjung blog maupun channel youtube yang berasal dari negara Amerika, maka dari setiap penghasilan yang masuk ke dashboard itu akan langsung dipotong dan dikenai tarif pajak.

Nah jika kita membuat formulir pernyataan berupa info pajak ini, maka umumnya besaran potongan yang harus dibayarkan akan akan jauh lebih kecil. Berbeda jika kita tidak membuatnya, dimana potongan pajak yang harus dibayar yaitu bisa berada disekitaran angka 30 % bahkan bisa lebih dari setiap penghasilan yang kita dapatkan.

Oleh karena itu, bagi kita content creator maupun content writer terkhusus yang memang menyasar pengunjung dari negara Amerika, maka sangat disarankan agar kita membuat formulir pajak ini.

Lalu bagaimana jika kita belum memiliki NPWP? Apakah masih bisa menyelesaikan formulir pajak ini? Jawabannya tentu saja bisa, jadi walaupun kita belum memiliki NPWP sama sekali kita masih tetap bisa membuat dokumen informasi pajak Amerika dari Adsense ini.

Nah adapun untuk mengetahui bagaimana tahapan dalam membuatnya serta apa saja bagian yang harus kita isi, maka langsung saja kita simak pada penjelasan berikut.


Cara Membuat Informasi Pajak Amerika Adsense Tanpa Menggunakan NPWP

1. Langkah pertama kita buka dashboard Adsense terlebih dahulu > lalu pilih menu Pembayaran > pilih Info Pembayaran > kemudian klik notifikasi info pajak dengan background merah.


Catatan : Jika notifikasi info pajak tersebut sudah hilang, kitapun masih bisa mengaksesnya dengan cara pilih menu Info Pembayaran > pilih Kelola setelan > klik icon pensil pada menu Info Pajak Amerika Serikat > kemudian pilih Kelola info pajak.


2. Selanjutnya lalu pilih menu Tambahkan Info Pajak pada opsi kolom Amerika Serikat > kemudian pilih Mulai Formulir > lalu jika disuruh login ulang akun, kita tinggal login saja.



3. Baru setelah itu lakukan pengisian data dari pertanyaan yang muncul dan sesuaikan saja jawaban dengan kondisi kita.

Nah jika kita memang belum memiliki NPWP sama sekali, sekaligus juga untuk mempercepat dalam membuat informasi pajak ini, maka kita bisa mengikuti jawaban seperti pada penjelasan berikut untuk lebih memudahkan.


Pertanyaan dan Jawaban (Bagian 1)

Jenis Akun : Pilih opsi Perorangan
Apakah Anda Warga Negara Amerika : pilih Tidak
Jenis Formulir pajak W-8 : pilih W-8BEN


Jika sudah dipilih semuanya, lalu selanjutnya klik Mulai Formulir W-8BEN.


Pertanyaan dan Jawaban (Bagian 2)

Pada kolom Identitas Pajak kita isi dengan nama kita, sementara pada bagian nama DBA biarkan dikosongkan saja tanpa perlu diisi.

Lalu kita Pilih negara Indonesia, dan pada bagian TIN Asing, bisa diisi dengan identitas dari Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP. Sementara bagian ITIN atau SSN AS cukup dikosongkan saja (Bisa lihat pada gambar berikut).



Selanjutnya pada kolom Alamat bisa diisi sesuai dengan alamat tempat tinggal kita. Jangan lupa beri tanda centang/ceklist pada tulisan "Alamat tinggal tetap menggunakan PO BOX..."

Lalu pada kolom Perjanjian Pajak bisa diisi dengan mengikuti seperti pada gambar berikut (klik gambar untuk melihat detail lebih jelas) :



Selanjutnya pada kolom Aktivitas dan Layanan yang Dilakukan di AS : pilih Tidak, dan centang pada bagian tulisan "Saya menyatakan bahwa layanan yang diberikan kepada Google dan Afiliasinya..."



Lalu pada kolom Pelaporan Pajak : pilih opsi Pengiriman secara elektronik (direkomendasikan) dan jangan lupa berikan tanda centang pada tulisan "Saya menyetujui perjanjian pengiriman tanpa kertas".



Selanjutnya pada kolom Pratinjau Dokumen : Berikan tanda centang / ceklis pada tulisan "Saya menyatakan bahwa saya telah meninjau......."



Selanjutnya pada kolom Konfirmasikan dan Tanda tangani ada beberapa bagian yang harus disetujui.
  • Sertifikasi formulir pajak : berikan tanda centang / ceklist pada tulisan "Dibawah ancaman pidana..."
  • Afidavit atas status Tidak berubah : berikan tanda centang, lalu pada bagian  tahun kita isi dengan tahun saat pembuatan info pajak ini, misalnya 2023. Sementara untuk bagian deskripsi dan tanggal cukup dibiarkan kosong saja.
  • Tanda Tangan Anda : pilih Ya, saya adalah pemilik manfaat yang disebutkan dibagian identitas Pajak.

Langkah terakhir jika sudah selesai diisi semuanya kemudian kita pilih opsi Kirim. Nah jika berhasil diterima, maka nantinya status pada informasi pajak Amerika akan berubah menjadi Disetujui.


Demikianlah postingan kali ini tentang cara mudah untuk membuat dan mengisi formulir pajak Amerika pada Google Adsense.

Jika ada yang ingin didiskusikan atau jika ada tahapan yang memang belum dimengerti, maka bisa langsung ditanyakan saja pada kolom komentar yang telah disediakan dibagian bawah.

Akhir kata semoga artikel ini bisa bermanfaat, dan sampai berjumpa kembali di postingan lain berikutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close