Cara Cek Layar Monitor Dead Pixel dan Tips Memperbaikinya


Saat kita membeli sebuah monitor PC komputer baru, maka salah satu hal perlu dan sangat penting untuk diperhatikan yaitu mengenai kemungkinan munculnya dead pixel pada bagian panel layar.

Hal ini sangat umum ditemui bahkan pada produk monitor yang baru dibeli sekalipun. Sebab dead pixel memang bisa terjadi karena adanya cacat bawaan pada saat produksi di pabrik, atau bisa juga karena penyebab lainnya seperti akibat adanya benturan keras pada layar, maupun bisa juga karena adanya aliran power listrik pada pixel yang mengalami malfungsi.

Bagi yang belum tahu, dead pixel sendiri merupakan kondisi dimana bagian display pixel pada layar monitor tidak bisa menyala sama sekali. Hal ini seringkali ditandai dengan munculnya berkas titik-titik hitam kecil pada bagian layar seperti layaknya sebuah tompel kecil.

Lalu bagaimana cara untuk mengecek kondisi panel monitor yang terindikasi mengalami dead pixel? Nah untuk bisa memastikan hal tersebut, maka langsung saja kita lihat pada ulasan dibawah ini.


Cara Mudah Mengecek Layar Dead Pixel pada Monitor

Pada dasarnya untuk melihat apakah display layar mengalami dead pixel atau tidak sangatlah mudah, yaitu bisa dengan cara mengganti background monitor menjadi full warna tertentu misalnya full warna putih, hijau, ataupun dengan warna lainnya

Kemudian jika terdapat titik hitam yang terlihat, maka bisa dipastikan bahwa pixel layar memang ada yang mati alias dead pixel.

Namun jika kita tidak memiliki background full warna seperti itu, sebenarnya ada cara lain yang bisa kita lakukan. Adapun caranya adalah sbb.

1. Langkah pertama kita cukup mengunjungi halaman website bernama test monitor eizo.be

2. Setelah itu langsung saja kita pilih icon play pada menu "Defective pixels" untuk melakukan proses pengujian.



3. Selanjutnya akan muncul background full warna pada layar monitor yang berbeda-beda. Nah untuk mengubah ke warna lainnya, kita cukup tekan tombol panah atas maupun panah bawah pada keyboard.


Sementara untuk menampilkan dan menyembunyikan informasi penjelasan kita bisa menekan tombol spasi.

4. Pastikan saja jika dalam setiap tes background memiliki warna yang sama semua. Jika terdapat bintik-bintik warna hitam itu berarti terindikasi adanya dead pixel.

Sementara jika terlihat bintik-bintik warna putih atau warna lainnya yang berbeda dengan warna tema background, itu bisa menandakan jika adanya hot pixel atau stuck pixel, yaitu warna disetiap pixel yang tidak bisa berganti melainkan tetap fix seperti itu.

Selain untuk mengecek adanya bagian yang dead pixel, di halaman website inipun kita bisa mengetes berbagai hal lain yang berhubungan dengan monitor, seperti tes ketajaman layar, respon time, tes view angle, dll.


Tips Mengatasi Layar Monitor Dead Pixel

Seperti yang telah dibahas sedikit sebelumnya, bahwa salah satu penyebab dari layar yang dead pixel yaitu bisa disebabkan karena adanya kecacatan dari pabrik itu sendiri.

Sehingga jika hal ini terjadi, terkadang akan sulit untuk diperbaiki karena memang hal itu bagian dari kerusakan yang terjadi dari saat proses produksi sedang berlangsung.

Namun jika kita memang merasa ingin mencoba memperbaiki secara manual, maka ada cara yang mungkin bisa kita coba. Terutama jika kerusakan tersebut memang baru saja terjadi alias belum terlalu lama.

Tips ini bisa dilakukan yaitu dengan cara mengirim sinyal pada bagian pixel yang mati atau tidak bisa berubah warna. Tampilan layar buram akan diberikan dengan maksud agar dead pixel atau stuck pixel dapat kembali berfungsi secaranormal. Adapun langkah-langkahnya adalah sbb.

1. Pertama kita cukup masuk ke halaman website jscreenfix.com

2. Setelah itu lalu kita pilih menu "Launch JScreenFix".

3. Jika sudah lalu klik tombol full screen yang ada dibagian pojok kanan atas > baru setelah itu kita geser-geser kotak yang seperti gambar buram ke area yang terdapat masalah dead pixel atau stuck pixel.

Hal tersebut dimaksudkan untuk memancing warna yang berbeda agar bisa kembali seperti semula.



Nah selain dengan menggunakan cara diatas, tips lainnya untuk mengatasi pixel yang bermasalah ini yaitu bisa dengan melakukan claim garansi.

Selagi produk monitor yang kita beli tersebut memang masih ada dalam proteksi masa garansi, maka ada baiknya jika kita segera mengclaim akan kerusakan tersebut. Kita bisa mengajukan retur dan meminta untuk menggantinya dengan produk yang baru kepada pihak produsen maupun distributor.

Namun untuk bisa claim garansi dari masalah dead pixel atau stuck pixel ini, maka ada persyaratan mengenai kerusakan yang terjadi. Pertama yaitu jika panel monitor yang mengalami kerusakan terdiri dari minimal 3 pixel yang mati (dead pixel). Atau yang kedua yaitu jika panel yang rusak terdiri 3 pixel yang menyala terus menerus (stuck pixels).

Dan yang ketiga bisa juga jika yang terjadi ada 5 pixel yang rusak secara bersamaan (misalnya 2 pixel yang mati dan 3 pixel yang stuck).

Nah jika salah satu dari ketiga syarat diatas terpenuhi, dan produk kita memang masih dalam lindungan masa garansi, maka biasanya kita bisa meminta untuk dilakukan proses penukaran dengan produk yang baru.


Demikianlah postingan kali ini tentang cara mengetahui layar monitor komputer yang mengalami masalah dead pixel dan juga bagaimana cara untuk mengatasinya.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda, dan akhir kata sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close