Kelebihan Menggunakan Atap Dak Beton pada Rumah


Salah satu dari jenis kontruksi bangunan yang sering diaplikasikan pada saat membangun sebuah hunian rumah bertingkat yaitu berupa kontruksi dak beton.

Pada dasarnya dak beton adalah bagian dari struktur lantai, yang terbuat dari bahan material cor-coran beton bertulang. Dimana teknik pengecoran ini biasanya dijadikan sebagai bagian pemisah antara bagian lantai bawah dengan bagian lantai diatasnya.

Sehingga umumnya metode pengecoran dengan teknik dak beton ini seringkali dijadikan sebagai dasar dari bangunan bertingkat dua lantai atau lebih.

Namun saat ini, tidak hanya digunakan sebagai panel pemisah antar lantai saja, kontruksi dengan berbahan material dak beton pun seringkali dijadikan juga sebagai bagian dari komponen atap rumah.

Hal ini seringkali bisa ditemukan terutama pada model rumah bergaya arsitektur modern tropis, yang sering ditambahkan cor-coran beton bertulang pada bagian atap, dan salah satu pengaplikasiannya yang paling mudah ditemukan yaitu pada bagian kanopi carport.

Adapun alasan mengapa kontruksi atap dari dak beton banyak digunakan, karena jenis kontruksi satu ini memang banyak sekali kelebihannya. Jadi bagi kita yang memang masih bingung dalam memilih jenis atap rumah, mungkin model atap jenis ini bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa dipilih.

Lalu apa saja kelebihan dan manfaat yang bisa dirasakan dari model atap jenis ini. Untuk mengetahui penjelasan lengkapnya, maka langsung saja kita simak pada ulasan berikut ini.


Kelebihan Penggunaan Dak Beton pada Kontruksi Atap Rumah


1. Memudahkan saat Menambah Lantai

Salah satu kelebihan utama dalam penggunaan material atap dari dak beton, yang pertama yaitu dapat memudahkan kita saat ingin membangun rumah bertingkat di kemudian hari.

Hal ini tidak terlepas karena dengan bagian atap yang cenderung lebih datar, maka pada bagian atasnya bisa dimanfaatkan untuk dibangun lantai tingkat 2 dan seterusnya jika memang dibutuhkan. Sehingga pemilihan dak beton sebagai atap bisa menjadi solusi praktis jika ingin membuat konsep rumah tumbuh secara vertikal.

Namun sebagai catatan, kontruksi dari atap tersebut sebelumnya memang harus dibuat lebih kuat dan kokoh terlebih dahulu, agar memungkinkan untuk dibuat kontruksi tambahan diatasnya.


2. Bisa dijadikan sebagai Kanopi

Manfaat lainnya yaitu atap dengan kontruksi dek beton bisa juga dimanfaatkan sebagai kanopi rumah, baik itu untuk bagian teras maupun untuk bagian carport atau garasi tempat memarkir kendaraan bermotor.

Jadi konsepnya yaitu pada bagian sisi coran akan dibuat agak lebih menonjol kebagian luar, sehingga akan menyisakan space ruang yang cukup agar bisa dioptimalkan untuk dijadikan sebagai kanopi maupun lahan parkir kendaraan.

Selain tampilan rumah menjadi terlihat lebih modern, kanopi yang terbuat dari cor bertulang pun bisa dibilang tergolong lebih kuat dan tahan lama, sehingga tidak perlu sering melakukan perbaikan atau renovasi.

Hal ini tentu sedikit berbeda dengan jenis kanopi yang terbuat dari material seperti fiber atau asbes yang terkadang mudah dan akan lebih sering untuk diganti setidaknya beberapa tahun sekali.


3. Memungkinkan Digunakan sebagai Rooftop

Berbeda dengan jenis atap limas yang memiliki model ujung runcing dibagian atasnya, atap yang terbuat dari material cor-coran kebanyakan akan berbentuk relatif lebih datar alias tidak adanya kemiringan yang signifikan.

Hal tersebut tentu akan sangat fleksibel, sehingga pada bagian atas atap pun dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam fungsi ruang tambahan seperti untuk rooftop semi terbuka, tempat untuk mencuci dan menjemur pakaian, maupun sebagai tempat untuk menyimpan turen penampungan air.


4. Gampang Menyerap Panas

Kelebihan lain dari jenis atap dak beton, yaitu lebih baik dalam menyerap cahaya serta mampu untuk menahan panas jika dibandingkan dengan atap yang terbuat dari bahan lain seperti material asbes maupun genting tanah pada umumnya.

Hal ini bisa terjadi karena ketebalan dari bahan cor-coran yang dibuat seringkali bisa lebih dari 10 cm, sehingga membuatnya dapat menahan panas dan juga mampu meredam dari terik cahaya matahari yang jauh lebih baik.

Jadi meski tanpa perlu menggunakan penutup langit-langit seperti plafon gypsum pun sebenarnya tidak akan menjadi masalah, sebab suhu udara panas memang dapat diredam dengan lebih mudah.

Namun meskipun begitu, untuk penambah nilai estetika dan juga sebagai pengamanan ekstra, memakai plafon gypsum tambahan mungkin akan menjadi sesuatu yang perlu dipertimbangkan juga. Terutama agar bagian interior bisa menjadi terasa lebih nyaman dan bisa terlihat lebih rapih.


5. Lebih Kokoh dan Awet

Dikarenakan material penyusun utamanya yang memang terbuat dari bahan semen, maka sudah pasti jika kontruksi yang dibangun menggunakan kontruksi dak beton akan memiliki ketahanan yang jauh lebih baik.

Apalagi jika ditambah dengan penggunaan material lain yang berkualitas dan juga komposisi dari adukan semen yang pas, maka bisa dipastikan jika teknik pengecoran dak beton akan lebih kuat dalam menahan beban serta tidak mudah cepat rusak.

Selain itu yang paling terpenting, teknik pengecoran ini akan lebih tahan terhadap suhu dan segala cuaca, baik itu di kondisi panas terik, hujan, maupun saat berada di kondisi badai dan angin kencang sekalipun.

Hal ini tentu saja berbeda dengan jenis atap konvensional yang akan sangat rawan jika terjadi angin kencang seperti saat hujan lebat melanda, dimana atap akan rawan untuk roboh.


6. Pemeliharaan yang Relatif Simpel

Poin terakhir kelebihan dari penggunaan material dak beton untuk atap rumah, yaitu biaya perawatan serta maintenance yang bisa dibilang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan model atap yang terbuat dari bahan lainnya.

Ini bisa terjadi karena jenis atap ini lebih minim perawatan, tidak gampang bocor, serta sangat mudah jika ingin dibersihkan. Cukup dengan menyapu atau menyikat dengan sabun pada bagian atas, maka bagian atap pun sudah akan bersih seperti semula.

Hanya saja agar lebih awet dan tidak mudah rembes, maka sangat disarankan agar kita menambahkan lapisan cat outdoor yang memiliki sifat anti bocor agar bagian kontruksi tidak cepat rusak, lembab, dan juga berjamur.


Nah itulah tadi kelebihan serta manfaat yang bisa didapatkan jika menggunakan atap berjenis cor-coran beton pada hunian rumah kita.

Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan baru bagi kita semua. Akhir kata, terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan sampai berjumpa kembali di postingan lain berikutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam, No Link Aktif !

Previous Post Next Post

Contact Form

close
close