Cara Bermain Game HP Android di PC tanpa Emulator


Bermain game di gadget seperti smartphone memang terkadang memiliki banyak sekali keterbatasan.

Misalnya saja seperti perangkat yang tidak nyaman jika digunakan terlalu lama, atau bisa juga tampilan gameplay yang akan terlihat kurang detail karena keterbatasan dari layar smartphone itu sendiri.

Oleh karena itu, maka kemudian munculah software bernama emulator android seperti LDPlayer, Bluestack, genymotion dsb, yang bertujuan agar bisa menjalankan berbagai macam program smartphone di perangkat PC.

Selain bisa dijalankan untuk membuka aplikasi yang berformat apk, emulator android pun seringkali juga bisa digunakan sebagai alat untuk bermain game versi mobile di perangkat PC.

Hanya saja bermain game menggunakan emulator maupun dengan windows subsystem for android (WSA) ternyata tidak memberikan pengalaman yang jauh lebih baik. Melainkan terkadang malah bisa menimbulkan delay serta frame drop yang justru hal itu bisa membuat keasyikan bermain game menjadi semakin tidak nyaman.

Nah permasalahan ini sepertinya sudah diketahui oleh pihak google sendiri selaku pengembang dari os android. Hingga pada akhirnya google memutuskan untuk mluncurkan google play game versi PC, sehingga memungkinkan kita untuk memasang dan menjalankan berbagai macam games mobile di komputer tanpa perlu repot meng-install emulator lagi.

Lalu bagaimana cara memainkan game versi mobile smartphone ini di PC komputer kita? Nah jika kita memang penasaran dan ingin mencobanya, maka langsung saja kita simak pada penjelasan dibawah ini.


Cara Mainkan Games dan Install Google PlayGame di PC Komputer

Perlu diingat terlebih dahulu, bahwa untuk bisa menjalankan tutorial ini maka ada beberapa persyaratan wajib yang harus dipenuhi terutama pada spesifikasi perangkat komputer yang akan digunakan.

Pertama perangkat laptop maupun desktop kita minimal sudah menggunakan jenis prosesor yang memiliki 4 core atau lebih. Kedua memori RAM yang direkomendasikan agar bisa berjalan lancar dan tidak patah-patah yaitu minimal 8 GB, kapasitas lebih besar tentu akan lebih baik. Terakhir sistem operasi (OS) dari Windows yang wajib digunakan yaitu versi Windows 11.

Jika ketiga persyaratan diatas sudah terpenuhi, langsung saja kita ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Langkah pertama kita aktifkan mode virtualization dengan cara klik menu search > lalu ketikan saja "turn windows features on off".



2. Setelah itu lalu kita berikan tanda centang / ceklis pada opsi menu "Virtual machine platform" dan juga "Windows hypervisor platform". Jika sudah lalu pilih OK.



3. Langkah selanjutnya kita masuk ke halaman website resmi dari situs play.google.com

Setelah itu lalu kita pilih menu "Get started with Google Play Games Beta" > kemudian pilih "Download Beta".



4. Selanjutnya lalu kita install file .exe yang sudah diunduh tersebut, dan tunggu proses download program aplikasi hingga benar-benar selesai.

Biasanya proses ini akan memakan waktu lumayan lama, apalagi jika jaringan kita tergolong lambat.



5. Jika aplikasi sudah terpasang, selanjutnya kita cukup buka aplikasi tersebut > kemudian log ini menggunakan akun google kita.



6. Terakhir kita cukup pilih game yang ingin dimainkan lalu pilih "install" > dan tunggu hingga proses unduh selesai. 

Hingga langkah diatas, maka game versi mobil pun sudah siap untuk dimainkan di perangkat PC kita. Pada versi beta ini, setidaknya ada lebih dari 50 judul game yang dapat kita mainkan. Meski belum terlalu banyak, namun hal ini tentu saja sudah lebih dari cukup untuk sekedar menjalankan game favorit kita di gadget yang lebih memadai.


Nah demikianlah artikel kali ini tentang cara memainkan game mobile android melalui perangkat komputer tanpa perlu memasang emulator maupun WSA.

Semoga postingan ini bisa bermanfaat, dan akhir kata sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close