Tips Merawat Tenda Tetap Awet dan Tidak Berjamur


Tenda merupakan salah satu perlengkapan yang bisa dibilang sangat penting, terutama bagi kita yang ingin melakukan kegiatan outdoor camping di alam terbuka, seperti mendaki gunung atau kegiatan survival yang mengharuskan untuk bermalam di hutan.

Sebagai salah satu equipment yang bersifat portabel, maka sudah pasti tenda ini harus selalu dijaga agar kondisinya dapat terawat dengan baik. Sehingga jika suatu saat akan dipakai, tenda tersebut dapat berfungsi dengan sebagimana mestinya.

Oleh karena itu, untuk bisa mendapatkan fungsi yang tetap maksimal, kita harus melakukan treatment secara baik dan benar. Sebab mau dari apapun bahan material pembuat tenda, jika kita salah dalam melakukan perawatan, maka tenda tersebut dapat dipastikan akan cepat rusak.

Adapun beberapa contoh kerusakan yang mungkin bisa terjadi, yaitu seperti tenda yang menjadi lapuk dan mudah rapuh, munculnya jamur, serta beberapa bagian tenda yang mengalami robek maupun bolong karena tertusuk benda tajam.

Lalu bagaimana cara menjaga dan membersihkan tenda yang tepat agar tidak cepat rusak. Nah untuk mengetahui hal tersebut, maka sebaiknya kita simak pada ulasan berikut ini.


Cara Membersihkan dan Menjaga Tenda Camping yang Baik dan Benar


1. Hindari Cahaya Matahari Terlalu Lama

Meskipun saat ini bahan material yang dipakai sudah tergolong sangat bagus, namun perlu diingat bahwa pada dasarnya tenda ini merupakan barang yang terbuat dari jenis kain yang bersifat portabel.

Artinya jangan samakan tenda seperti rumah atau tempat berteduh lain yang sifatnya kokoh dan permanen, dimana lebih tahan terhadap semua kondisi suhu dan juga cuaca.

Sementara tenda akan lebih sensitif dalam menghadapi perbedaan kondisi cuaca baik saat kondisi panas maupun hujan. Oleh karena itu, agar lebih awet sebaiknya gunakanlah tenda diwaktu tertentu saja seperti saat hari sudah mulai senja hingga pagi sekitar jam 10-an.

Jangan paksa memakai tenda di waktu siang hari, apalagi jika dipakai terus menerus dan dijemur di terik matahari yang panas hingga berjam-jam. Sebab hal ini tentu saja dapat membuat tenda menjadi cepat rusak.


2. Hindari Keadaan Lembab saat Dilipat

Saat sudah selesai dipakai untuk tempat istirahat semalaman, umumnya tenda akan langsung dirapihkan lagi dengan cara dilipat terlebih dahulu, baru kemudian dimasukkan ke dalam tas khusus.

Nah saat proses pelipatan ini, selalu pastikan jika tenda sudah berada dalam keadaan yang kering dan tidak setengah basah yang mana hal ini bisa menimbulkan kelembapan.

Jika masih basah, misal akibat adanya percikan air hujan maupun embun, maka sangat disarnkan untuk segera dikeringkan.

Bisa dibantu dengan cara dikeringkan menggunakan lap atau bisa juga dengan cara diangin-anginkan. Sebab jika pelipatan dilakukan dalam keadaan kondisi masih basah dan lembab, hal ini berpotensi akan membuat lapisan pada tenda menjadi mudah berjamur dan cepat lapuk.

Maka dari itu, sangat direkomendasikan terutama bagi kita yang memang hobi mendaki gunung, untuk melipat tenda di waktu yang sudah agak siang seperti jam 9 atau jam 10 pagi, dimana tenda seringkali sudah mulai mengering dengan sendirinya tanpa perlu dilap lagi.


3. Mencuci Tenda

Jika sudah selesai dipakai, maka tidak ada salahnya untuk membersihkan tenda dengan cara dicuci. Sebab meskipun terlihat bersih, bukan berarti tidak ada kotoran yang menempel samasekali. Mungkin saja ada noda, seperti bekas lumpr atau tanah yang menempel yang tidak kasat mata.

Adapun cara untuk membersihkannya, yaitu tidak perlu benar-benar dicuci secara keseluruhan. Melainkan cukup dibersihkan dan di lap saja pada area yang dirasa ada bercak noda kotoran. Namun jika memang ingin dibersihkan secara menyeluruh, maka bisa dilakukan menggunakan spons khusus yang memiliki tekstur berbahan lembut.

Sementara jika noda tersebut ternyata cukup susah untuk dihilangkan, solusinya bisa ditambahkan dengan sabun untuk membersihkan bagian sulit tersebut. Perlu diingat juga, sebaiknya gunakanlah jenis sabun khusus yang tidak mengandung zat detergen sama sekali.

Hal ini  bertujuan agar lapisan waterproof pada tenda tidak cepat hilang, serta warnanya yang tidak mudah pudar.

Jika sudah, selanjutnya kita bisa langsung menjemurnya ditempat yang tidak terkena sinar matahari langsung atau cukup diangin-anginkan saja hingga benar-benar mengering.


4. Tempat Penyimpanan

Jika tenda memang sedang tidak dipakai, maka simpanlah di tempat yang kering dan tidak lembab atau bisa juga dengan meletakkannya di suhu ruangan yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Lalu jika kita ingin menyimpan tenda dalam waktu yang lama, karena mungkin  jarang dipakai dan hanya digunakan sesekali saja. Sebaiknya pada tempat penyimpanan diberi silica gel, agar tingkat kelembaban dapat lebih terjaga dan uap air yang muncul bisa dengan mudah langsung terserap.

Salah satu manfaat dari penggunaan silica gel ini, yaitu berfungsi supaya tenda bisa lebih tahan terhadap jamur yang muncul dan pelapukan dari bahan kain tenda.

Namun jika kita tidak memiliki silica gel, sebagai gantinya bisa digunakan bedak tabur atau bedak powder yang bisa dioleskan pada bagian tenda sebelum disimpan dalam jangka waktu yang lama.


Nah itulah tadi tips mudah dalam merawat dan mencuci tenda agar tidak mudah rusak ataupun berjamur. Bagi kita yang memang hobi naik gunung, dengan mengikuti tips ini, dijamin perlengkapan tenda yang kita miliki akan bertahan lebih lama dan tentu saja bisa dipakai hingga bertahun-tahun.

Demikianlah artikel kali ini, semoga tips ini bisa bermanfaat dan dapat memberikan pengetahuan baru bagi Anda. Akhir kata terima kasih telah berkunjung, dan sampai berjumpa kembali di postingan lain berikutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close