Cara Download Subtitle Video YouTube tanpa Aplikasi


Subtitle merupakan sebuah tulisan berupa teks terjemahan yang biasanya akan muncul pada saat kita sedang menonton sebuah film maupun video.

Adapun fungsi dari sub ini, yaitu berguna agar orang yang sedang menonton dapat lebih mudah dalam memahami setiap percakapan di setiap adegan yang diperankan pada film tersebut.

Sub ini dibutuhkan karena dua alasan utama, yaitu pertama karena bahasanya yang memang berbeda dari bahasa yang dipakai oleh penonton sehingga dibutuhkan terjemahan, dan yang kedua bisa juga karena suara audio dari tayangan video tersebut memang kurang jelas dan terlalu kekecilan sehingga dibutuhkan info penjelasan berupa teks tambahan ini.

Selain itu, tidak hanya pada film saja, akan tetapi di platform media sosial seperti youtube pun fitur subtitle dapat kita temukan dengan mudah. Kita hanya perlu melakukan beberapa pengaturan untuk bisa memunculkan maupun menghilangkan teks sub ini.

Nah ada satu hal yang mungkin sering ditanyakan oleh banyak orang mengenai keberadaan naskah subtitle pada video youtube ini, yaitu apakah text tersebut bisa kita download dan dibuka secara offline?

Jawabannya tentu saja sangat bisa. Teks ini dapat diunduh kapanpun kita mau, jika kita memang membutuhkan untuk suatu keperluan tertentu. Seperti misalnya untuk sumber informasi atau kebutuhan lain.  

Adapun cara untuk mengunduh dari file teks tersebut tanpa aplikasi, bisa langsung dilihat pada ulasan berikut ini.


Cara Mudah Menyimpan Sub Video Youtube Menjadi File Teks

1. Langkah pertama kita masuk ke aplikasi youtube terlebih dahulu > lalu buka video yang ingin kita save Subtitle-nya tersebut.

2. Setelah itu, kita pilih menu bagikan yang ada dibagian bawah video > lalu kemudian pilih menu Salin link.


3. Jika sudah langkah selanjutnya kita buka browser (Google chrome, Safari, Mozilla, DuckDuckGo, dll) >  lalu kita masuk ke halaman website downsub.com

4. Selanjutnya kita cukup pastekan saja link yang telah di copy sebelumnya pada kotak yang telah disediakan > jika sudah lalu langsung saja tekan bilah download.


5. Tunggu beberapa saat dan file subtitle dengan berbagai macam bahasa akan langsung muncul.

Pada tahapan ini, kita tinggal mendownload bahasa sub yang kita inginkan saja, dengan menekan menu srt atau txt yang ada di sebelah dari bahasa yang ada > lalu pilih Download.


Hingga langkah diatas maka proses untuk mengunduh dan menyimpan sub video pada aplikasi youtube pun telah selesai dilakukan.

Jika kita mengakses halaman website YT melalui PC desktop atau laptop, maka cara yang dilakukan pun kurang lebih hampir sama.


Demikianlah artikel kali ini tentang cara cepat mengunduh teks tulisan video youtube di perangkat gadget smartphone tanpa perlu instal aplikasi lain.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat, dan jika ada yang ingin ditanyakan atau jika ada yang belum dimengerti mengenai langkah-langkahnya. Maka bisa langsung disampaikan saja, pada kolom komentar yang telah disediakan di bagian paling bawah.

Atas kunjungannya saya ucapkan terima kasih, dan sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close