Tips Mencuci dan Merawat Kaos Jersey Tetap Awet

contoh jersey sepakbola

Sebagai pecinta olahraga, mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kaos jersey. Ya, jenis baju oblong satu ini memang seringkali digunakan saat sedang berolahraga, atau bahkan bisa juga dijadikan sebagai pakaian casual yang cocok digunakan sehari-hari.

Jadi sangat wajar, jika saat ini mulai banyak orang yang lebih menyukai untuk membeli kaos jersey dibandingkan jenis pakaian lainnya, karena lebih fleksibel dan fashionable, serta bisa digunakan kapan saja.

Apalagi bagi mereka yang memang pecinta klub sepakbola atau tim olahraga tertentu, maka memiliki baju jersei dari tim kesayangan merupakan seperti sebuah keharusan.

Nah namun dibalik itu semua, perlu diketahui bahwa baju jersey ini ternyata tidaklah mudah dalam proses perawatannya. Melainkan butuh penanganan khusus agar kondisinya dapat lebih terjaga dan tetap bagus meski telah dicuci hingga berkali-kali.
 
Ini tidak terlepas dari bahan utama jersey yang memang didesain lebih tipis, serta terbuat dari bahan yang bisa menyerap lebih banyak keringat. Sehingga jika kita memperlakukannya seperti kebanyakan pakaian lain, maka sudah pasti jersey tersebut akan cepat rusak.

Nah untuk itu, ada tips khusus yang dapat dipraktikkan saat kita ingin merawat dan mencuci kaos jersey. Dan untuk mengetahui tips tersebut, maka langsung saja kita simak pada ulasan berikut ini.


Cara Mencuci dan Membersihkan Kaos Jersey agar Tidak Mudah Rusak


1. Segera Dibersihkan

Pertama saat kita sudah selesai memakai pakaian model satu ini, maka sebaiknya langsung saja dibersihkan dengan cara dicuci. Jadi tidak usah menunggu jadwal mencuci di rumah kita.

Hal ini karena kita tahu, bahwa hampir mayoritas orang mungkin akan menggunakan jersey sebagai outfit untuk kegiatan beraktivitas berat seperti futsal, lari, gym, dan juga jenis olahraga lainnya.

Dimana hal itu, akan otomatis membuat banyak keringat yang menempel pada baju. Sehingga jika tidak segera dibersihkan, dikhawatirkan akan berdampak pada kotoran dan bau keringat yang akan lebih susah untuk dihilangkan.

Sementara untuk cara mencucinya, kita hanya perlu melakukan perendaman selama kurang lebih sekitar 10 menit menggunakan sabun detergen cair. Baru setelah itu dikucek secara perlahan menggunakan tangan dan kemudian bisa langsung dibilas memakai air bersih.


2. Tidak perlu Memakai Pemutih

Kebanyakan orang mungkin akan menggunakan zat kimia pemutih untuk bisa mengembalikan warna putih pada beberapa jenis pakaian tertentu. Hal itu memang tidak menjadi masalah dan sangat diperbolehkan.

Hanya saja ketika kita ingin membersihkan dan mencuci kaos jersey, maka tidak disarankan untuk menggunakan zat pemutih tersebut. Meskipun warna dari jersey yang kita punya itu kebetulan berwarna putih.

Ada dua alasan kenapa hal ini dilarang, pertama zat kimia pada pemutih dapat merusak bahan dari jersey yang umumnya terbuat dari material kain yang tipis seperti bahan dri-fit maupun paragon. Sehingga jika dilakukan, maka akan berpotensi untuk merusak struktur kain dan warna pun akan menjadi lebih cepat pudar.

Kedua, yaitu kebanyakan orang tentu akan menggunakan jersey tidak untuk kotor-kotoran (kecuali atlet profesional), melainkan hanya olahraga yang memeras keringat saja. Jadi jika demikian, seharusnya akan lebih minim kotoran yang menempel, sehingga aman meski dicuci tanpa zat pemutih sekalipun.


3. Hindari Mesin Cuci dan Sinar Matahari Langsung

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa jersey secara umum terbuat dari bahan tipis yang cepat menyerap keringat dengan tujuan agar lebih ringan saat dipakai.

Dikarenakan bahan kainnya yang memang seperti itu, maka akan sangat disarankan agar tidak dibersihkan menggunakan mesin cuci. Bahan kain padat dengan memiliki pori-pori yang cukup besar memang mudah rusak jika dimasukkan kedalam mesin cuci.

Belum lagi desain motif seperti yang ada pada bagian nomor punggung dan brand sponsor dibagian depan jersey, memang terkenal gampang rusak dan mudah terlepas jika dicuci menggunakan mesin cuci.

Oleh karena itu, sebaiknya cukup dibersihkan dan dikucek secara manual menggunakan tangan seperti yang telah dijelaskan pada poin nomor 1.

Dan jika sudah selesai, selanjutnya bisa langsung dikeringkan, dan jangan pernah dijemur diatas sinar matahari langsung. Melainkan cukup diangin-anginkan saja pada kondisi siang hari.


4. Penggunaan Setrika

Apakah kaos jersey olahraga boleh dirapihkan dengan cara disetrika? Mungkin ini menjadi salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh banyak orang.

Sebenarnya jersey olahraga dan bahan kain sejenisnya tidak masalah meski tanpa disetrika sekalipun. Sebab bahan kain dari jersey umumnya akan cukup sensitif terhadap suhu panas dan kelembapan tubuh kita. Sehingga tanpa disetrika pun, ketika pada saat dipakai bahan akan langsung rapih dengan sendirinya.

Namun jikapun memang ingin disetrika, sebenarnya boleh-boleh saja. Hanya saja satu hal yang perlu diingat, yaitu mengenai suhu setrika yang harus diperhatikan. Usahakan gunakan temperatur yang paling rendah dan hindari menyetrika pada bagian sablonan seperti pada bagian logo jersey.

Tujuannya yaitu agar sablon tidak mudah lepas dan rusak, serta bagian lapisan paling luar tidak mudah rusak.


Nah demikianlah artikel kali ini tentang tips mudah bagaimana cara merawat dan mencuci seragam jersey olahraga agar tidak gampang rusak.

Jadi bagi kalian yang memang senang mengoleksi jersey sebagai bagian dari gaya hidup dan fashion, jangan lupa untuk mengaplikasian tips diatas agar koleksi seragam jersey kita bisa lebih awet dan dapat bertahan lebih lama.

Akhir kata, semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan sampai berjumpa kembali di postingan lain berikutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close