Cara Lakukan Custom Screenshot Sebagian di HP Xiaomi

Screenshot (SS) atau tangkapan layar adalah istilah yang digunakan saat kita sedang mengambil gambar dari tampilan suatu layar perangkat gadget, baik itu pada perangkat smartphone, laptop, maupun komputer desktop.

Bahkan tidak menutup kemungkinan di monitor televisi juga bisa, selagi memang terdapat fitur semacam itu. Lalu alasan orang melakukan tangkapan layar inipun tentu memiliki tujuan yang berbeda-beda.

Seperti misalnya untuk menangkap momen tertentu saat kita menggunakan aplikasi atau game, untuk menyimpan gambar unik dari tampilan layar dan karena tidak bisa di save jadi kita memilih untuk di SS saja, atau bisa juga digunakan untuk mempermudah kita saat membuat sebuah tutorial.

Adapun dalam tutorial melakukan screenshot ini tentu memiliki berbagai cara tergantung dari jenis platform gadget maupun brand yang sedang kita gunakan. Berbeda perangkat biasanya akan memiliki cara yang berbeda pula.

Meski secara umum, jika pada perangkat smartphone biasanya dapat dilakukan dengan langkah yang hampir sama yaitu dengan melakukan gerakan swap kebawah dengan menggunakan tiga jari sekaligus. Kecuali jika kita sudah mengubah ulang di bagian settings telepon, mungkin proses untuk melakukannya akan menjadi berbeda.

Nah seiring berjalannya waktu dan dengan mengikuti kebutuhan orang yang semakin ingin praktis. Maka saat ini banyak variasi baru dalam melakukan screenshot ini, terutama pada perangkat mobile seperti ponsel.

Salah satunya dari brand Xiaomi, yaitu terdapat sebuah fitur untuk melakukan tangkapan layar yang bisa dibuat hanya custom sebagian saja di area yang kita inginkan.

Sehingga jika menggunakan cara ini kita tidak perlu repot lagi untuk melakukan crop atau mengedit hasil dari tangkapan layar agar pas sesuai dengan detail objek yang ingin diambil gambarnya.

Nah bagi kalian yang ingin tahu dalam menggunakan fitur custom tersebut, maka kalian bisa simak ulasan berikut ini.


Cara Melakukan Screenshot Hanya di Bagian Tertentu pada Smartphone Xiaomi

Perlu diketahui juga sebelumnya, bahwa dalam tutorial kali ini saya menggunakan MIUI versi 13. Jadi bagi pengguna dengan versi berbeda, terutama versi yang dibawahnya mungkin saja fitur ini agak berbeda dalam cara mengoperasikannya atau bahkan tidak ada sama sekali fitur tersebut.

Cara Aktifkan Fitur Tersebut

Agar perangkat kita bisa melakukan proses tangkapan layar secara sebagian atau parsial, maka kita harus mengaktifkan mode tersebut terlebih dahulu. Langkah-langkahnya adalah sbb :

1. Langkah pertama kita masuk ke menu Settings atau Setelan telepon hape xiaomi kita.

2. Jika sudah lalu kita masuk ke menu Setelan Tambahan > Setelah itu kita masuk ke menu Pintasan Gerakan.


3. Selanjutnya pilih menu Screenshot Sebagian > lalu langkah terakhir kita tinggal aktifkan fitur tersebut dengan cara menggeser bilah tombolnya hingga beralih ke kanan dan menjadi berwarna biru.



Cara Menggunakan Fitur ini

Setelah diaktifkan, baru kita bisa memakai fitur customnya dengan tahapan sbb :

1. Langkah pertama kita cukup tap atau tekan layar, lalu tahan beberapa saat (sekitar 3 detik).

2. Jika sudah lalu kita swap atau tarik garis secara diagonal (miring), misalnya dari sudut kiri atas ke arah kanan bawah di area yang ingin kita screenshot. Bisa juga dari sudut manapun, asalkan membentuk garis diagonal.

3. Jika sudah ditandai area yang ingin di screenshot, lalu langkah terakhir kita pilih simpan untuk menyimpan hasil tangkapan layarnya.


Catatan : Selain bentuk kotak/persegi, kitapun masih bisa mengubah bentuk dari hasil screenshot dengan menyesuaikannya pada menu yang ada di bagian kanan atas saat kita melakukan proses tangkapan layar.


Demikianlah artikel kita kali ini tentang cara membuat proses tangkapan layar handphone xiaomi secara custom hanya dibagian tertentu saja.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan jika ada yang ingin ditanyakan atau jika ada yang belum dimengerti, maka bisa langsung disampaikan di kolom komentar yang telah disediakan di bagian paling bawah.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih, dan sampai berjumpa kembali di artikel lain selanjutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close