Cara Upload Foto Format Landscape di Merchant Tokopedia

Menjadi pedagang di e-commerce memang memiliki tantangan tersendiri. Selain kita dituntut harus selalu mematuhi aturan yang ada, kitapun sebagai pemilik lapak diharuskan juga untuk pandai berpromosi dan mencari peluang karena produk kita mungkin akan bersaing dengan ribuan pedagang lainnya.

Adapun dari sekian banyaknya tips dalam menarik perhatian para pembeli itu, salah satu yang mungkin tidak akan ketinggalan yaitu tentang penggunaan foto atau gambar dalam setiap produk yang akan kita jual.

Hal ini bisa dibilang mutlak, karena tanpa adanya gambar visual dari suatu produk, biasanya para calon pembeli akan malas untuk sekedar mengunjungi atau melihat-lihat lapak kita.

Disisi lain, setiap ecomerce tentu memiliki aturan yang berbeda dalam menangani hal tersebut. Seperti di Tokopedia misalnya, disini kita diperbolehkan memasang foto/gambar maksimal hanya 5 saja, dengan format atau resolusi foto yang diperbolehkan yaitu berbentuk kotak dengan rasio 1:1.

Nah masalahnya dengan rasio seperti itu, kita tentu tidak dapat memasukkan foto gambar yang memiliki ukuran yang memanjang ke samping atau sering dikenal dengan istilah format landscape.

Jikapun kita memaksa menggunakan ukuran foto yang aslinya lebar menyamping secara horizontal, maka hasil fotonya akan langsung di crop secara otomatis. Padahal sebagian dari kita mungkin ada yang membutuhkan space ukuran rasio lebih dari itu.

Lalu bagaimana solusinya? Nah jika memang anda seorang pedagang merchant di Tokopedia dan kebetulan sangat menginginkan untuk upload foto produk yang sedikit melebar atau memanjang ke pinggir.

Maka anda tidak perlu khawatir, karena ada tips sederhana untuk mengatasi hal tersebut. Caranya yaitu dengan mengedit foto yang tadinya lebar berbentuk landscape, lalu kemudian kita ubah secara manual menjadi ke format kotak dengan rasio 1:1.

Dan untuk mengetahui detail lengkapnya, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Upload Foto Resolusi Landscape di Merchant Shop Aplikasi Tokopedia

1. Langkah pertama kita perlu aplikasi edit foto. Disini kita akan menggunakan aplikasi bernama PixelLab untuk proses mengeditnya dan bisa didapatkan di PlayStore.


2. Selanjutnya kita buka aplikasi tersebut, lalu masukkan foto dengan cara memilih "simbol plus" > lalu pilih "from gallery".


3. Jika foto dirasa terlalu kecil, maka kita bisa sesuaikan foto agar terlihat lebih besar dan memenuhi samping kiri-kanan background, yaitu dengan cara menarik di bagian sudut foto.


4. Selanjutnya kita ubah warna background. Caranya pilih menu "kotak bertumpuk" > lalu pilih "Color".


Pilih "color" lagi > lalu pilih warna yang diinginkan. Agar terlihat simple dan lebih elegan sebaiknya pakai warna netral saja, yaitu bisa warna hitam ataupun warna putih. Jika sudah lalu tekan tombol "Ceklis" yang ada dibagian sebelah kanan.


5. Setelah itu kita posisikan foto di tengah agar terlihat lebih rapih. Caranya pilih menu "Segi enam" > lalu pilih menu "Relative position" > pilih dua pilihan yang ada di paling tengah (lihat gambar dibawah) > jika sudah lalu pilih "Ceklis".


6. Langkah terakhir kita simpan gambar dengan cara pilih "simbol disket" > lalu pilih "Save as image" > lalu pilih "save to gallery".


8. Jika semuanya sudah, maka kita bisa langsung upload foto yang sudah diedit tadi ke aplikasi Store Merchant Tokopedia seperti biasanya.


Demikianlah artikel kita kali ini tentang cara memasang foto horizontal melebar ke samping di aplikasi Tokopedia.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan jika ada yang ingin ditanyakan atau jika ada yang belum dimengerti, maka bisa langsung disampaikan saja di kolom komentar yang telah tersedia dibawah.

Akhir kata saya ucapkan terimakasih, dan sampai berjumpa kembali di artikel lain selanjutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close