Timnas Sepakbola yang Menggunakan Lambang Negara di Jersey


Bagi para penggemar sepakbola, jersey mungkin bukan sesuatu yang asing lagi didengar ditelinga mereka. Tidak hanya sebagai sebuah atribut saat menonton pertandingan sepakbola, saat ini jersey juga sering kali banyak digunakan oleh mereka para pendukung fanatik sebagai sebuah fashion yang wajib digunakan sebagai pakaian casual untuk bergaya.

Apalagi di era sepakbola modern seperti sekarang, penggunaan sebuah jersey tentu tidak hanya sekedar sebagai pakaian biasa yang digunakan oleh para pemain sepakbola.

Melainkan sekarang ini sebuah jersey sepakbola sudah dirancang sedemikian rupa dengan menggunakan berbagai macam teknologi, yang tujuannya agar para pemain dapat lebih nyaman ketika mereka menggunakan sebuah jersey tersebut.

Selain warna dan corak yang ada dalam sebuah jersey. Salah satu hal yang menjadi pembeda antara satu jersey dengan jersey yang lainnya yaitu tentang logo atau lambang yang biasanya terletak dibagian dada sebelah kiri dari jersey yang para pemain kenakan. Dan yang pasti logo-logo tersebut tentunya mempunyai makna dan nilai filosofis tersendiri.

Khusus di jersey sebuah timnas sepakbola sebuah negara, umumnya lambang atau logo yang biasa digunakan itu merupakan logo dari organisasi sepakbola negara masing-masing, seperti misalnya Brazil yang menggunakan logo organisasi sepakbola negaranya yaitu CBF atau Italia yang menggunakan logo sepakbola negaranya yaitu FIGC.

Namun kita tahu bersama bahwa negara kita yaitu Indonesia sudah sejak lama tidak menggunakan logo dari organisasi sepakbola Indonesia yaitu PSSI. Melainkan timnas kita menggunakan lambang negara Indonesia yaitu Garuda Pancasila.

Banyak orang yang mengatakan bahwa hanya timnas Indonesia saja yang menggunakan lambang negara dalam jersey timnasnya. Padahal penggunaan lambang negara di dalam jersey sebuah timnas sepakbola tidak hanya dipakai oleh negara Indonesia saja.

Melainkan ada juga beberapa negara yang menggunakan lambang negara sebagai logo di jersey timnasnya masing-masing. Nah untuk mengetahui negara mana saja yang menggunakannya, mari kita simak ulasan berikut ini.


Jersey Timnas Sepakbola yang Menggunakan Lambang Negara


1. Timnas Spanyol

Di urutan pertama ada negara yang sudah tidak diragukan lagi dalam hal kehebatan sepakbolanya. Ya negara tersebut yaitu negara Spanyol yang merupakan salah satu dari negara yang memiliki kekuatan terbesar dari sepakbola di dunia.

Prestasi Spanyol dalam sepakbola tidak usah ditanya lagi. Negara ini pernah beberapa kali memenangkan kejuaraan bergengsi seperti di ajang piala dunia yang diraihnya tahun 2010 lalu, serta piala eropa yang pernah diraih beberapa kali yaitu pada tahun 1964, 2008, dan terakhir pada tahun 2012 lalu.

Namun dari kehebatannya itu, siapa sangka bahwa negara spanyol merupakan salah satu negara di dunia yang menggunakan lambang negara sebagai lambang di jersey sepakbola yang dipakainya.


Lambang negara dari Timnas Spanyol ini berupa sebuah perisai dengan mahkota diatasnya dan didalam perisai tersebut terdapat 4 simbol yaitu sebuah castil, singa, navarre (rantai yang berbentuk perisai dan menyilang), serta aragon yang merupakan garis vertikal berwarna merah dan kuning.

Sementara di sisi kanan dan kirinya terdapat dua pilar yang mengapit perisai tersebut dengan diikat oleh sebuah pita berwarna merah.


2. Timnas Turki

Turki merupakan salah satu negara yang unik dalam hal sepakbola. Ini bisa terjadi karena meskipun secara de facto negara Turki masuk ke wilayah Asia, namun negara ini lebih memilih untuk bergabung dengan Konfederasi sepakbola Eropa yaitu UEFA.

Hal ini bisa terjadi karena wilayah negara Turki yang memang berada diantara perbatasan dari benua Asia dan Eropa, dimana sekitar 95% dari wilayahnya berada di Asia dan 5% sisanya berada di Benua Eropa.

Adapun alasan dari negara Turki yang condong untuk memilih UEFA karena Turki ingin lebih memajukan cabang olahraga sepakbolanya. Salah satu caranya yaitu dengan banyak mengirimkan para pemain sepakbola Turki ke klub-klub yang ada di Eropa.

Dan dengan bergabungnya kepada konfederasi Eropa, maka tujuan tersebut tentunya akan lebih mudah untuk dicapai.

Seperti halnya kesebelasan negara spanyol, Turki pun menggunakan lambang negara untuk dijadikan sebagai logo di jersey sepakbola timnas mereka. Turki memasang simbol negaranya yaitu bulan sabit dan bintang di bagian dada sebelah kiri timnas mereka.


Simbol bulan sabit dan bintang memiliki arti bahwa negara Turki ingin selalu mendapatkan kejayaan seperti yang telah didapatkan pada masa kesultanan dahulu. Sementara warna merah merupakan simbol dari perlawanan berdarah yang telah dilakukan dalam mewujudkan kemerdekaan negara Turki.


3. Timnas Slovakia

Negara Slovakia merupakan salah satu negara yang berada di wilayah Eropa tengah bekas pecahan dari negara Cekoslovakia. Dalam urusan sepakbola memang negara ini tidak terlalu mentereng prestasinya jika dibandingkan dengan negara-negara besar lainnya di Eropa.

Namun salah satu pencapaian terbaik yang pernah didapat dari negara ini yaitu pernah lolos ke babak 16 besar di ajang yang bergengsi yaitu piala dunia 2010 lalu. Bahkan yang lebih dramastisnya untuk mencapai babak tersebut Slovakia berhasil mengalahkan sang juara bertahan Italia dengan skor 3-2 pada waktu itu.


Dalam logo di seragam jersey, negara Slovakia ini menggunakan logo dari lambang negaranya yang berbentuk perisai dengan gambar dua salib yang bertingkat, serta bagian bawah salib itu terdapat 3 gundukan yang menyimbolkan 3 gunung yaitu Matra, Tatra, dan Fatra.


4. Timnas Austria

Dahulu di era tahun 1930-an Negara Austria merupakan salah satu negara yang cukup diperhitungkan di dalam dunia sepakbola. Salah satu prestasi yang didapat dari negara ini yaitu pernah berhasil meraih peringkat keempat di ajang piala dunia tahun 1934.

Namun setelah itu, prestasi sepakbola dari negara ini seperti susah untuk diulang kembali. Ini terbukti dari hasil buruk yang selalu diraih timnas austria saat ini. Jangankan untuk meraih prestasi tertinggi, sekedar untuk masuk ke ajang piala dunia pun negara ini sungguh masih sangat kesulitan untuk dapat bersaing dengan negara lainnya.


Untuk masalah seragam jersey, Timnas Austria ini memiliki warna kebesaran yaitu warna merah dengan bawahan berwarna putih. Sementara itu dalam hal logo di dada, timnas Austria menggunakan lambang negara mereka yang berwujud seekor burung elang hitam.

Burung tersebut terlihat memakai sebuah mahkota di kepalanya dengan membawa sabit dan palu di tiap masing-masing kakinya. Sedangkan di bagian dadanya terdapat sebuah perisai yang berwarna seperti warna bendera negara austria yaitu merah-putih-merah.


Penutup

Selain tim-tim dari negara yang sudah disebutkan diatas, sebenarnya masih ada beberapa lagi negara lain yang pernah menggunakan lambang negaranya sebagai logo di jersey sepakbola.

Namun negara-negara itu kebanyakan sudah tidak ada atau statusnya sudah berganti nama, seperti misalnya negara Uni Soviet yang sudah berubah menjadi Negara Rusia dan Jerman Timur yang telah berubah menjadi Negara Jerman setelah bersatunya dengan Jerman barat.




Bagi FIFA sendiri selaku konfederasi induk dari sepakbola dunia, menggunakan lambang negara dalam kostum kebesaran sebuah timnas memanglah tidak menjadi masalah. Karena memang FIFA pun tidak mengatur secara pasti mengenai hal itu.

Adapun tentang masalah logo, FIFA hanya mengatur tentang posisi dari peletakan sebuah logo. Jadi logo timnas sepakbola dengan memakai lambang apapun termasuk menggunakan lambang suatu negara tentu tidak menjadi masalah, selagi simbol tersebut tidak membawa pesan negatif maupun profokatif terhadap negara yang lain.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close