Tips Bersihkan Keramik dan Closet Kamar Mandi Berkerak


Membersihkan bagian dari kamar mandi, bisa dibilang memang cukup merepotkan dan bahkan terkadang sangat menyebalkan.

Alasannya karena kotoran yang menempel pada kamar mandi seperti pada bagian closet, dinding keramik, maupun wastafel, seringkali mudah berkerak dan juga cepat berlumut.

Sehingga jika hal itu sudah terjadi, maka proses untuk menghilangkan bagian yang membandel tersebut, biasanya akan diperlukan waktu yang lama serta effort yang cukup melelahkan.

Sementara disisi lain, jika kita biarkan noda kotoran tersebut tetap menempel begitu saja. Maka dipastikan akan membuat interior dari kamar mandi akan menjadi terlihat lebih kusam dan tentu saja tidak enak untuk dipandang lagi.

Belum lagi bau khas yang juga mungkin akan menyengat, jika kita tidak rajin membersihkan bagian dari kamar mandi terutama pada bagian closet. Hal ini tentu saja bisa membuat interior ruangan lainnya bisa ikut terkena baunya.

Oleh karena itu, jika kita memang ingin membersihkan bagian noda yang berkerak dan sulit untuk dihilangkan. Jangan khawatir, karena ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar proses pembersihan ini dapat lebih cepat dan juga efektif.

Nah untuk mengetahuinya, maka langsung saja kita simak pada penjelasan berikut ini.


Cara Mudah Membersihkan Noda Kerak di Kamar Mandi yang Membandel


1. Memakai Sikat Khusus WC dan Pemutih

Cara pertama dalam membersihkan kerak kamar mandi yang paling simpel dan tentunya paling gampang yaitu dengan menggunakan sikat yang memang difungsikan khusus untuk ruangan WC.

Jenis sikat yang direkomendasikan ini, yaitu umumnya memiliki bulu-bulu sikat yang cenderung kuat dan lebih kaku, sehingga akan lebih mudah ketika digunakan untuk menggosok noda.

Selain itu, sikat khusus wc seringkali memiliki pegangan diatasnya, agar memudahkan untuk menyikat kotoran yang membandel dengan lebih kuat tanpa perlu khawatir akan mudah terlepas dari genggaman.

Nah agar lebih mudah, kitapun bisa menambahkan dengan zat cairan pemutih, yang bertujuan agar noda kerak dapat langsung luntur dan terkelupas tanpa perlu mengeluarkan tenaga ekstra.


2. Memakai Jeruk Nipis

Siapa sangka jika jeruk nipis pun bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk membersihkan noda kotoran pada lantai keramik maupun closet yang berkerak.

Hal ini bisa terjadi karena di dalam jeruk nipis terdapat kandungan senyawa bernama asam sitrat atau sering juga disebut sebagai sitrun yang berguna untuk meluluhkan kotoran yang menempel, termasuk juga pada bagian kerak yang membandel sekalipun.

Caranya pun cukup simpel, yaitu kita hanya perlu memotong jeruk menjadi dua bagian terlebih dahulu. Baru setelah itu peras jeruk nipis tersebut ke bagian lantai atau closet yang terdapat noda kerak.

Jika sudah, selanjutnya lap menggunakan spons atau bisa juga dengan disikat hingga kotoran yang menempel benar-benar hilang. Jika sudah lalu tinggal bersihkan saja menggunakan air dengan cara menyiram pada bagian yang sudah disikat tadi.

Selain lebih mudah, menggunakan jeruk nipis inipun bisa dibilang tergolong cukup aman serta dapat membuat lantai keramik di kamar mandi menjadi lebih kesat dan tidak licin.


3. Memakai Baking Soda

Selanjutnya di poin nomor ketiga untuk cara membersihkan kerak yaitu bisa dengan memakai baking soda atau sering disebut juga sebagai soda kue.

Pada baking soda terdapat kandungan senyawa khusus bernama natrium bikarbonat yang bisa dimanfaatkan sebagai pembersih alami dari kotoran pada lantai maupun closet kamar mandi.

Selain itu, karena memiliki sifat yang basa, soda kue pun bisa sekaligus dijadikan sebagai zat untuk memberantas bakteri, serta bisa untuk memutihkan kembali bagian keramik yang sudah terlihat kusam.

Adapun cara menggunakannya yaitu pertama tabur baking soda pada bagian lantai yang kotor dan berkerak. Setelah itu diamkan kurang lebih sekitar 30 menitan.

Jika sudah, maka soda pun akan meresap dengan sendirinya dan melunturkan semua kotoran. Bila ternyata masih ada noda yang belum hilang, bisa kita bantu dengan cara digosok dengan memakai sikat.

Baru setelah hilang, bisa langsung disiram menggunakan air hangat agat kotoran tidak menempel lagi.


4. Memakai Larutan Air Cuka

Kandungan asam pada cuka, selain bisa dijadikan sebagai bumbu dalam bahan masakan ternyata juga bisa dipakai untuk membersihkan noda membandel pada kamar mandi, terutama pada peralatan yang mengandung bahan logam seperti keran maupun shower.

Adapun caranya cukup mudah, yaitu pertama kita tinggal siram atau percikan terlebih dahulu larutan cuka kedalam bagian yang ingin dibersihkan misalnya shower yang sudah kotor dan berlumut. Setelah itu, tunggu kurang lebih sekitar 60 menitan.

Bila dirasa cuka sudah meresap, lalu langkah berikutnya kita tinggal lap shower menggunakan kain, hingga kotoran dan kerak benar-benar menghilang.


5. Senyawa Asam Sitrat

Terakhir cara yang bisa digunakan untuk membersihkan kerak pada kamar mandi yaitu bisa dengan memakai asam sitrat.

Jenis asam sitrat yang dimaksud disini yaitu varian asam sitrat bubuk yang biasa digunakan sebagai bahan pengawet dalam olahan makanan. Selain lebih aman, asam sitrat jenis inipun tergolong lebih mudah untuk didapatkan.

Pada dasarnya kandungan asam sitrat ini hampir sama dengan yang terdapat pada buah jeruk nipis. Dimana seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa kadnungan senyawa asam sitrat mampu untuk membunuh bakteri sekaligus menghilangkan noda kerak dan juga lumut pada lantai maupun dinding kamar mandi.

Cara memakainya pun sangat simpel, yaitu kita cukup memasukkan asam sitrat bubuk pada sebuah wadah dengan ditambahkan sedikit air. Setelah itu aduk secara merata hingga sitrat berubah menjadi larutan cair.

Jika sudah, baru oleskan pada bagian yang terdapat noda kerak yang dianggap membandel. Setelah itu diamkan kurang lebih antara 45 menit hingga 1 jam.

Lalu selanjutnya gosok menggunakan sikat pada noda yang menempel, dan terkahir kita bilas menggunakan air bersih hingga semua kotoran menghilang tanpa sisa.


Nah itulah tadi tips mengenai cara gampang dan efisien untuk menghilangkan noda berkerak pada lantai maupun closet di kamar mandi. Dengan mengikuti cara diatas, dijamin kotoran membandel yang sulit dibersihkan pada kamar mandi akan langsung bersih dengan seketika.

Dan tampilan bathroom di rumah kitapun akan terlihat menjadi semakin bersih seperti baru lagi.

Demikianlah artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan baru bagi Anda. Terima kasih telah berkunjung, dan akhir kata sampai berjumpa kembali di postingan lain berikutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close