Tips Merawat Furniture agar Awet dan Tidak Berjamur


Barang-barang perabotan rumahan, memang idealnya harus selalu dijaga dan dirawat secara rutin. Apalagi jika perabotan tersebut jenis bahannya terbuat dari furniture berbahan kayu, maka sudah pasti diperlukan perawatan yang ekstra untuk bisa membuatnya tetap awet dipakai bertahun-tahun.

Hal ini tidak terlepas, karena material yang terbuat dari bahan kayu dan juga jenis turunannya memang terkenal sangat kompleks dari segi perawatan. Sebab barang-barang tersebut dapat dengan mudah keropos maupun berjamur jika tidak ditangani dengan benar.

Lalu bagaimana cara yang baik dalam menjaga barang-barang furniture ini? Nah untuk mengetahui hal tersebut, maka langsung saja kita simak pembahasannya pada ulasan berikut ini.


Cara Simpel Menjaga Perabotan Rumah agar Awet dan Tahan Lama


1. Menjaga Kebersihan

Hal pertama yang harus dilakukan dalam menjaga perabotan furniture agar bisa lebih awet yaitu selalu pastikan jika kita melakukan pembersihan barang interior rumah secara berkala. Hal ini dimaksudkan agar kotoran yang menempel, baik itu kotoran yang terlihat maupun debu-debu halus yang mungkin kasat mata dapat segera hilang saat dibersihkan.

Sebab jika lama dibiarkan terus-menerus, biasanya kotoran akan menempel lebih kuat sehingga harus membutuhkan tenaga ekstra jika ingin membersihkannya.

Adapun cara menghilangkan kotoran tersebut yaitu cukup dengan menggunakan lap microfiber yang memiliki sifat halus dan juga lembut. Tujuannya agar kayu dapat terhindar dari goresan kecil yang mungkin bisa timbul jika dilap memakai bahan yang cukup kasar.

Selain itu jika terlihat ada kotoran yang membandel, bisa ditambahkan dengan sedikit cairan pembersih yang aman untuk kayu. Sementara untuk membersihkan bagian detail kecil seperti ukiran pada furniture, maka bisa disiasati menggunakan sikat gigi yang sudah tidak terpakai.


2. Jauhkan dari Sinar Matahari Langsung

Saat kita membeli perabotan interior yang cukup mahal, dan kemudian akan diletakan ditempat yang dapat terlihat oleh banyak orang, tentu kita tidak mau jika perabotan tersebut gampang lecet dan cepat kusam warnanya.

Contohnya saja seperti barang properti yang ada di bagian ruang tamu, dimana jika warna tersebut sudah mulai pudar tentunya akan sangat tidak nyaman untuk dilihat terlebih bagi tamu yang sedang berkunjung.

Nah perlu diketahui bahwa salah satu penyebab dari warna yang kusam itu, seringkali diakibatkan karena adanya paparan dari cahaya matahari secara langsung. Apalagi furniture yang terbuat dari bahan kayu umumnya akan lebih mudah mengelupas dan pudar catnya jika terkena sinar matahari dengan intensitas tinggi atau secara terus menerus.

Oleh karena itu, solusi yang paling direkomendasikan yaitu dengan selalu menempatkan perabotan di area yang tidak tersinari cahaya matahari secara langsung. Atau bisa juga dengan cara menutup dengan gorden jika terdapat bukaan seperti jendela atau kaca di tempat furniture tersebut diletakkan.


3. Jauhkan dari Zat Cair dan Tempat Lembab

Seperti halnya barang-barang perangkat elektronik, perabotan yang terbuat dari material kayu pun sebenarnya sangat sensitif terhadap percikan air maupun jenis cairan lain seperti cat, sirup, dsb.

Jika tidak sengaja terkena percikan air, maka sebaiknya langsung di bersihkan dan dilap menggunakan kain halus hingga benar-benar kering. Sebab jika dibiarkan, cairan mungkin dapat dengan mudah masuk ke dalam pori-pori dari material, dan jika hal tersebut sering terjadi maka akan berdampak pada material furniture yang bisa menjadi keropos dan mudah patah.

Selain itu, bahan furniture pun tidak boleh diposisikan pada bagian ruangan yang lembap, seperti dekat dengan kamar mandi maupun ditaruh didekat instalasi air. Hal ini jika dilakukan akan membuat material yang terbuat dari bahan kayu menjadi berjamur dan menimbulkan bercak noda putih. Jika sudah seperti itu, tentu akan membuat tampilan menjadi terlihat buruk dan tidak sedap untuk dipandang.


4. Tambahkan Lapisan Polish

Polish wood atau bisa juga disebut sebagai semir untuk bahan kayu, merupakan sebuah cairan khusus yang memiliki fungsi yaitu untuk membuat furniture dapat menjadi mengkilat dan terlihat lebih glossy.

Selain itu, dengan cara memolesnya menggunakan polish ini akan membuat material dapat lebih terlindungi dan menjadi semakin awet. Sebab kotoran akan lebih sulit untuk menempel, dan jikapun ada biasanya lebih mudah untuk dibersihkan karena menjadi tidak lengket.

Oleh karena itu, jika memang perabotan furniture yang ada di rumah kita belum semuanya di polish, maka sangat dianjurkan untuk dilakukan hal tersebut. Selain dapat membuat tampilan menjadi lebih cantik dan mengkilat, dengan pemakaian zat kimia ini dapat membuat furniture di rumah pun menjadi lebih tahan lama.




Demikianlah artikel kali ini tentang cara mudah merawat dan menjaga barang-barang furniture di rumah agar dapat awet dan tidak cepat rusak.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan akhir kata sampai bertemu kembali di artikel lain berikutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close