Cara Sinkronkan Suara Dua Video di Adobe Premiere Pro

Sebagai salah satu tools untuk mengedit video, program software adobe premiere pro memang masih menjadi salah satu yang terfavorit untuk digunakan.

Selain mudah dioperasikan karena tampilannya yang user friendly, juga karena banyaknya fitur yang sangat berlimpah di aplikasi satu ini yang terkadang tidak dapat kita temukan di program aplikasi sejenisnya.

Nah berbicara soal fitur, ada satu fitur yang mungkin akan sering kita butuhkan, terutama jika kita sering menggabungkan dua video footage berbeda namun memiliki suara audio yang sama.

Hal semacam ini biasa kita jumpai seperti pada saat kita melakukan shooting dengan menggunakan dua kamera terhadap objek yang sama secara bersamaan. Lalu disaat proses edit kita ingin menggabungkan kedua hasil rekaman kamera tersebut.

Atau bisa juga seperti youtuber channel gaming, yang seringkali mereka harus menyatukan dua footage yaitu footage video game yang sedang dimainkan, serta footage wajah mereka saat sedang bermain game.

Menggabungkan dua video seperti itu sepertinya terlihat gampang, toh tinggal dimasukkan saja ke layer yang baru.

Namun tentu tidak demikian, karena jika hanya ngasal memasukkan video, sudah dipastikan bahwa suara video mungkin tidak akan sinkron diantara kedua video tersebut. Atau jikapun kita ingin sinkronkan secara manual agar suaranya pas, tentu akan memerlukan waktu yang tidak sebentar alias lama.

Nah jika hal demikian itu terjadi, maka sebenarnya ada cara yang sangat efektif dan lebih mudah untuk menggabungkan dua video atau lebih agar suara dapat tetap sinkron atau tetap sama.

Dan untuk mengetahui bagaimana caranya, langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Sinkronkan Dua Video di Adobe Premiere Pro Seperti pada Youtube Gaming

1. Langkah pertama tentu kita harus sudah membuka program software adobe premiere pro di perangkat komputer kita. Kebutulan pada tutorial kali ini saya menggunakan software yang versi tahun 2022.

2. Langkah selanjutnya kita masukkan dua video yang akan disinkronkan tadi ke dua layer yang berbeda.

Contoh disini saya menggunakan dua video yaitu video tampilan saat bermain game balap dan video footage tampilan kemudi stir. Keduanya ingin saya gabungkan sehingga nantinya akan sinkron antara kedua video tersebut.


3. Jika sudah lalu kita blok kedua footage video, cukup pada bagian source audionya saja.


4. Setelah itu lalu kita klik kanan di atas source audio yang sudah di blok tadi > lalu pilih menu "Synchronize".


5. Selanjutnya akan muncul kotak menu baru, disini kita pilih atau centang menu "Audio" > lalu setelah itu pilih "OK".


Tunggu beberapa saat dan video pun akan langsung tersinkron secara otomatis.

Bagaimana mudah bukan? Dengan menggunakan cara ini kita jadi tidak usah lagi membuang waktu untuk sekedar menyamakan footage video yang berbeda menjadi satu. Hanya dengan trik sederhana semuanya pun dapat terselesaikan dengan lebih cepat.


Demikianlah artikel kita kali ini tentang cara men-sinkronkan dua video seperti yang ada di channel youtube gaming dengan menggunakan aplikasi adobe premiere pro.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan jika ada yang belum diengerti atau jika ada yang ingin ditanyakan, maka bisa langsung bertanya di kolom komentar yang telah tersedia dibagian bawah.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai berjumpa kembali di artikel lain selanjutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close