Cara Mengatasi Suara Tidak Muncul di Adobe Premiere

Suara dalam sebuah klip video memang begitu krusial dan sangat penting sekali keberadaannya. Karena jika benar suatu video tidak terdapat suara, maka bisa dikatakan video tersebut akan kurang maksimal dan bukan tidak mungkin makna dari video tersebut justru tidak akan tersampaikan.

Pun demikian hal ini berlaku juga saat kita sedang melakukan proses editing video, seperti di program software adobe premiere pro misalnya. Dimana andil dari suara (audio) tentu sangat berperan sekali untuk membantu memudahkan kita dalam mempercepat proses mengedit.

Lalu bagaimana jika sumber audio itu tidak muncul atau tidak keluar saat proses editing sedang berjalan?

Nah hal demikian sebenarnya dapat disebabkan karena berbagai faktor, namun yang paling umum dan sering terjadi kebanyakan disebabkan karena kita biasanya telah mengganti sistem output audio yang kita miliki.

Contoh kecil, seperti kita awalnya menggunakan aplikasi premiere pro di perangkat laptop dengan menggunakan speaker bawaan laptop saja

 Lalu karena ingin lebih maksimal saat proses mengedit, kitapun memutuskan untuk menambahkan speaker eksternal ataupun earphone agar suara yang dihasilkan dapat terdengar lebih jelas di telinga kita.

Nah saat kita melakukan hal itu, maka terkadang aplikasi Premier pro ini tidak langsung otomatis sinkron dengan hardware yang baru dipasang tersebut, sehingga suara audio pun biasanya bisa tiba-tiba menjadi menghilang.

Lalu bagaimana soluisnya? Cara termudah yaitu dengan kita melakukan beberapa penyesuaian secara manual, agar audio dari file video yang sedang diedit tersebut dapat kembali keluar dengan normal.

Nah untuk mengetahui caranya tersebut, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Memunculkan Suara Video Saat Mengedit di Aplikasi Adobe Premiere Pro

Catatan : Pada tutorial ini saya menggunakan software adobe premiere pro cc tahun 2022. Bagi teman-teman yang menggunakan versi lain bisa saja terdapat perbedaan dalam langkah-langkahnya, meskipun hal itu tentu tidak akan terlalu jauh perbedaannya.

1. Langkah pertama buka terlebih dahulu aplikasi adobe premiere di perangkat komputer kita.

2. Setelah itu lalu pada daftar menu yang ada dibagian paling atas kita pilih menu "Edit" > lalu pilih "Preferences" > lalu pilih "Audio Hardware...".


3. Jika sudah maka akan muncul kotak menu baru. Disini kita cukup ubah pada bagian menu "Default Input" dan "Default Output", seuaikan saja dengan jenis hardware yang sedang kita gunakan.

Sebagai contoh disini saya ubah "Default Input" dari yang awalnya "System default..." kemudian saya ubah menjadi "Microphone Array...".


Sementara untuk menu "Default output" saya ubah dari yang awalnya "System default - Speakers..." kemudian diubah menjadi "Speakers Realtek(R) Audio".

Nah anda tinggal sesuaikan saja dengan jenis perangkat hardware yang ingin atau sedang kita gunakan. Atau jika memang benar-benar tidak tahu dengan merk yang sedang digunakan, maka kita bisa mencoba pilihannya satu-persatu.


4. Langkah terakhir jika sudah di set keduanya lalu kita pilih "OK".

Hingga langkah diatas maka suara yang tadinya hilang, maka akan muncul kembali seperti sebelumnya. Lakukan cara ini lagi jika audio kembali hilang atau kita ingin mengganti output audio hardware dengan merk atau brand lain.


Demikianlah artikel kali ini tentang cara mengembalikan suara yang hilang atau bisu di aplikasi adobe premiere pro.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan jika ada yang belum dimengerti atau jika ada yang ingin ditanyakan, maka bisa langsung bertanya di kolom komentar yang telah disediakan dibagian bawah.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih karena telah berkunjung ke blog ini, dan sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya. 

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close