Cara Menghilangkan Background Foto di HP Android

Background foto merupakan istilah yang sering digunakan dalam menyebut bagian belakang dari objek saat kita sedang memfoto. Bentuk dari background inipun tentu bisa sangat beranekaragam, yaitu bisa berupa pemandangan seperti view alam, gedung-gedung, suasana keramaian, atau bahkan bisa hanya berupa satu warna saja.

Pemakaian background ini boleh dibilang sangat penting sekali, karena dengan pemilihan sudut background yang tepat, maka hal itu akan berpengaruh pada hasil gambar yang berkualitas, dan bahkan bila diambil pada momen yang pas bukan tidak mungkin akan menghasilkan suatu karya yang indah dan juga estetis.

Namun begitu, terkadang tidak semua orang membutuhkan background tersebut. Adakalanya terdapat situasi dimana kita hanya membutuhkan bagian foreground saja, yaitu bagian utama atau bagian paling depan pada suatu objek foto. Hal ini biasa dilakukan seperti saat sedang mengedit, dimana hanya bagian tertentu saja yang dibutuhkan.

Seperti misalnya pada saat kita ingin membuat thumbnail video youtube, maka terkadang kita hanya akan mengambil bagian wajah atau badan saja yang di crop, sedangkan bagian belakangnya dihilangkan. Nah hasil editan dari foto tersebut biasanya akan disebut sebagai gambar transparant.

Lalu bagaimana cara untuk membuat gambar transparancy atau gambar dengan background yang hilang ini?

Sebenarnya ada banyak sekali cara. Namun pada kesempatan kali ini, kita hanya akan membuatnya dengan cara yang paling sederhana, yaitu dengan menggunakan perangkat handphone saja.

Cara ini selain lebih gampang juga tentu sangat praktis, karena tidak perlu memakai aplikasi yang tergolong berat.

Dan untuk mengetahui caranya, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Menghilangkan Bagian Background Foto dengan Smartphone

1. Langkah pertama kita unduh aplikasi bernama "Background Eraser" yang bisa didapatkan di playstore.


2. Jika sudah selesai, langsung saja buka aplikasinya, lalu pilih menu "Load a Photo" > lalu masukkan foto yang ingin diedit > lalu pilih "Done".


3. Sebagai contoh disini saya menggunakan gambar salah satu karakter pokemon dengan latar berwarna putih. Lalu agar lebih mudah dalam menghilangkan background, kita pilih saja menu "Auto".


4. Setelah itu kita tap dan geser-geser bagian bulat merah (seperti gerakan menghapus) di latar yang berwarna putih. Jika sudah maka hasilnya akan seperti berikut.


Lalu jika pada bagian background memiliki banyak warna yang rumit, maka kita bisa memakai menu "Magic" atau "Manual" untuk menghapusnya.

Sementara untuk lebih memudahkan saat proses menghapus, kita bisa memperbesar gambar dengan memilih menu "Zoom" > lalu usapkan dua jari keatas dan kebawah (seperti saat kita sedang melakukan zoom foto pada umumnya).

5. Terakhir jika sudah selesai dan sudah terlihat rapih, maka kita bisa langsung melakukan save foto atau gambar dengan cara memilih menu "Done" > lalu pilih "Save" > lalu pilih "Finish".


Hingga langkah diatas, maka proses untuk menghapus atau menghilangkan background pun telah selesai dilakukan. Lalu untuk hasil gambar yang telah diedit dapat kita temukan di galeri penyimpanan pada smartphone kita.


Demikianlah artikel kita kali ini tentang cara menghapus latar belakang foto dengan menggunakan perangkat smartphone. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Dan jika ada yang belum dimengerti atau jika ada yang ingin ditanyakan, maka bisa langsung disampaikan di kolom komentar yang terletak dibagian paling bawah.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih, dan sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close
close