Cara Mengubah Username pada Komputer Windows

User account merupakan jenis identitas berupa kumpulan data yang biasa digunakan dalam mengidentifikasi suatu akun tertentu.

Dalam Sistem Operasi (OS) Windows misalnya, user account atau bisa juga disebut dengan akun pengguna ini, biasa digunakan sebagai identitas suatu profile yang terintegrasi dengan sistem komputer dan berfungi sebagai pembeda antara satu perangkat komputer dengan komputer lainnya.

Di dalam pemakaian sehari-hari, akun pengguna di OS windows ini sangat mudah sekali untuk di custom, sehingga memungkinkan kita untuk dapat mengubah dan mengaturnya sesuka hati sesuai dengan keinginan kita.

Adapun beberapa fitur umum yang bisa diubah yaitu seperti mengganti foto profile, mengubah nama akun (username), atau bisa juga untuk pemasangan sistem keamanan baik itu berupa kata sandi (password) maupun sistem keamanan biometrik yang sering disebut dengan istilah windows hallo.

Dimana saat ini windows hallo sendiri terdiri dari sistem keamanan fingerprint dan juga face-unlock.

Nah oleh karena itu pada kesempatan kali ini, kita akan membahas seputar hal tersebut, yang lebih tepatnya yaitu mengenai cara mudah untuk mengedit user account terutama cara untuk mengganti nama dari username perangkat komputer kita.

Dimana kita tau bahwa nama default dari username windows biasanya merupakan nama dari model atau tipe dari perangkat komputer yang sedang digunakan.

Sehingga jika hal itu tidak diubah, maka bisa saja menimbulkan adanya kesaamaan nama dengan perangkat yang dimiliki oleh orang lain. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk kita mengganti dari username asli.

Selain itu, disini kita juga hanya akan membahas khusus bagi pengguna windows 11 saja. Kenapa? karena kita tahu sistem operasi versi ini memang masih tergolong baru. Sehingga hal itu memungkinkan banyak orang yang belum banyak yang mengetahui tentang cara mengubah nama dari akun profil ini.

Tanpa panjang lebar lagi, untuk mengetahui bagaimana caranya maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Ubah Nama Pengguna Komputer pada Windows

Setidaknya terdapat dua cara yang dapat kita lakukan dalam mengganti nama dari username perangkat komputer windows.

Cara Pertama

1. Langkah pertama kita pilih menu "Start" atau bisa juga dengan langsung menekan tombol windows yang ada di keyboard.

2. Setelah itu lalu kita pilih menu "Settings". Jika tidak menemukan menu tersebut, maka kita bisa mencarinya di menu "All Apps" yang terletak disebalah kanan atas.


3. Jika sudah maka akan muncul kotak menu baru, disini kita cukup pilih menu "System" > lalu pilih "Rename".


4. Terakhir kita tinggal masukkan saja nama pengguna yang ingin dipakai di perangkat komputer kita. Jika sudah lalu tinggal pilih "Next" > Setelah itu lalu pilih "Restart Now", dan komputer akan melakukan restart secara otomatis.


Catatan : Jika kita memasukkan dua kata atau lebih, maka tidak diperkenankan untuk menggunakan spasi, melainkan harus menggunakan kata hubung seperti tanda strip (-), tanda underscor ( _ ), dsb.


Cara Kedua

Cara yang kedua ini bisa dibilang lebih simpel dibandingkan dengan cara yag pertama tadi. 

1. Langkah awal kita buka menu "Windows Explorer".

2. Setelah itu lalu kita klik kanan pada bagian menu "This PC" > lalu pilih "Properties".


3. Selanjutnya lalu kita pilih menu "System" > lalu pilih menu "Rename This PC".


4. Jika sudah lalu kita ketik username yang ingin kita gunakan, setelah itu lalu pilih "Next" > lalu pilih "Restart Now".

Hingga langkah diatas, maka user name pun telah selesai untuk kita ubah.

Lalu jika kita ingin mengubah foto profil maupun password dari akun kita gimana ? Nah jika ingin demikian, kita bisa masuk ke menu "Settings" > lalu pilih menu "Accounts" > selanjutya pilih "your info" untuk mengubah photo profile atau pilih "Sign-in options" untuk mengubah password atau biometrik windows hallo.

Bagaimana mudah dan praktis bukan?


Demikianlah artikel singkat kita kali ini tentang cara mengubah nama username di OS Windows. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan bila ada yang ingin ditanyakan atau bila ada kata yang belum dimengerti, maka langsung saja berkomentar di kolom yang telah disediakan dibagian paling bawah.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih, dan sampai jumpa lagi di artikel lain selanjutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close