Cara Sembunyikan Data di HP Xiaomi Tanpa Aplikasi


Smartphone sebagai sebuah perangkat digital, saat ini fungsinya memang tidak hanya bisa digunakan sebagai alat komunikasi semata, melainkan lebih dari itu perangkat tersebut juga bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan multifungsi dan salah satunya yaitu untuk menyimpan sebuah dokumen data dalam bentuk digital.

Selain karena lebih praktis keunggulan lain yang bisa di dapat dari penggunaan file dalam bentuk digital ini yaitu memungkinkan kita untuk bisa menyembunyikan atau melakukan enkripsi data agar file yang tersimpan tersebut dapat lebih aman dan tidak disalahgunakan.

Langkah ini memang biasa dilakukan untuk melindungi data yang bersifat penting seperti misalnya dokumen kerja rahasia, hingga file pribadi lainnya seperti data foto maupun video.

Umumnya untuk bisa menyembunyikan file di perangkat smartphone, dibeberapa merek tertentu kita mungkin perlu untuk memasang aplikasi dari pihak ketiga.

Namun khusus untuk perangkat Handphone dari brand xiaomi, hal itu masih sangat dimungkinkan untuk kita melakukannya hanya dengan memanfaatkan fitur bawaan yang sudah tersedia.

Nah untuk itu pada kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang cara menyembunyikan file data khusus di ponsel Xiaomi. Dan untuk mengetahui bagaimana caranya maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Hidden Data di File Manager HP Xiaomi

1. Langkah pertama masuk ke program atau aplikasi bernama file manager di tampilan menu smartphone Xiaomi kita.


Setelah itu kita cari data atau dokumen yang ingin disembunyikan baik itu berupa file foto, video, audio maupun dokumen lainnya.


2. Nah kemudian untuk menyembunyikannya kita cukup menekan dan tahan beberapa lama di berkas dokumen yang ingin disembunyikan tersebut (sekitar 2 detik) > lalu pilih menu "lainnya" > pilih "sembunyikan". Sementara jika ingin menyembunyikan banyak file dokumen sekaligus, maka kita bisa melakukan cara tersebut dibagian folder secara langsung.

Hingga langkah diatas maka proses menyembunyikan berkas data pun telah berhasil dilakukan.



3. Lalu kemudian untuk membuka atau melihat data yang sudah disembunyikan tadi, maka langkah yang perlu dilakukan yaitu kita cukup dengan cara menarik atau menggeser (swap) dari atas ke bawah di program file manager tadi.



Setelah itu kita masukkan sandi perlindungan privasi yang sudah dibuat sebelumnya atau bisa juga dengan menggunakan fitur pindai sidik jari jika ingin lebih praktis.

Namun jika kita belum membuat sandi perlindungan privasi, maka setelah melakukan swap di aplikasi file manager tadi kita akan disuruh untuk membuatnya terlebih dahulu.

Caranya pun cukup mudah kita hanya perlu memasukkan password akun Mi > selanjutnya pilih "Oke"  > pilih "Setel" > buat pola sandi perlindungan privasi > konfirmasi pola > pilih "Berikut".



Jika sudah selesai, lalu kita masukkan pola sandi perlindungan privasi untuk membuka file dokumen yang telah kita sembunyikan sebelumnya.


Cara untuk Menampilkan Data yang telah Disembunyikan

Nah selain bisa menyembunyikan tentunya kita pun perlu tahu cara untuk melakukan un-hide atau menampilkan kembali berkas yang telah disembunyikan di dalam program file manager tersebut.

Dan untuk melakukan hal itu maka kita pilih dan tahan beberapa lama pada file atau folder yang ingin kita tampilkan lagi > selanjutnya di menu bagian bawah kita pilih "tampilkan" > lalu pilih folder dimana kita akan menyimpan file tersebut > terakhir pilih "tampilkan".

Dengan melakukan cara ini maka data yang tersembunyi pun akan langsung kembali muncul lagi di program file manager maupun di aplikasi terkait.



Demikianlah artikel kali ini tentang cara sembunyikan file foto atau video di HP Smartphone Xiaomi tanpa perlu menginstall aplikasi lain. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya.


Jangan lupa juga jika ada yang belum dimengerti atau jika ada yang ingin ditanyakan bisa langsung berkomentar di kolom komentar yang telah disediakan. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close