Cara Menggabungkan Partisi Harddisk Eksternal menjadi Satu

Hard Disk atau sering juga dikenal dengan penulisan hardisk merupakan salah satu jenis penyimpanan konvensional yang biasa terpasang pada perangkat komputer baik itu desktop maupun laptop.

Sebenarnya banyak sekali versi atau varian dari media penyimpanan satu ini, seperti jika dilihat dari bentuk ukurannya, kapasitas penyimpanannya atau bisa juga dari tingkat kecepatan baca dan tulisnya.

Namun pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas mengenai hal tersebut. Adapun disini kita hanya akan membahas tentang cara menggabungkan dua atau lebih partisi hardisk menjadi hanya satu bagian atau satu partisi saja, dan tentu juga tanpa perlu melakukan instal ulang.

Case ini sebenarnya berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri, yang mana pada waktu itu kebetulan saya sedang memiliki sebuah perangkat laptop yang sudah rusak.

Namun ternyata dalam laptop tersebut masih terdapat storage hardisk yang masih bagus dan masih layak untuk digunakan. Sehingga saya memutuskan untuk memakainya kembali karena sayang sekali jika memang harus dibuang.

Singkatnya, saya berhasil untuk mengeluarkan harddisk tersebut dari laptop yang rusak dan kemudian mengubahnya menjadi storage penyimpanan eksternal dengan berbekal sebuah enclosure yang sudah saya beli sebelumnya.

Lalu ketika saya coba buka file hardisk tersebut dengan cara menghubungkannya ke laptop yang baru, ternyata data di hard disk lama tersebut memiliki dua partisi yang berbeda.

Dan karena saya berfikir hal itu cukup mengganggu, maka saya pun berniat untuk menggabungkan kedua partisi tersebut. Setelah beberapa saat mencari cara, akhirnya saya pun berhasil melakukannya.

Oleh karena kejadian tersebut, kemudian munculah ide untuk membuat artikel ini karena saya berfikir mungkin diluar sana ada juga orang-orang mengalami kejadian yang sama seperti apa yang sudah saya alami tersebut.

Dan bisa saja dari mereka itu mungkin ada yang belum menemukan solusi atau bahkan tidak tau sama sekali mengenai cara untuk menyatukan partisi hardisk. Maka dari itu artikel inipun sengaja dibuat.

Tanpa berlama-lama lagi, bagi kalian yang ingin mengetahui caranya maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Menggabungkan Partisi Hardisk yang terpisah Menjadi Satu

Note : Sebelum melakukan tutorial ini, tentu pastikan terlebih dahulu jika Hardisk eksternal telah tersambung ke dalam komputer kita.

1. Langkah pertama kita masuk ke program "Windows Explorer" > lalu pada menu "This PC" kita klik kanan > lalu pilih "Manage".

Namun bagi kita pengguna windows 11 maka setelah klik kanan "This PC" kita pilih terlebih dahulu "Show More Options" > baru pilih "Manage".


2. Jika sudah maka akan muncul kotak menu baru bernama "Computer Management". Disini kita cukup pilih menu "Storage" (klik dua kali untuk dapat membuka menu yang ada didalamnya) > lalu pilih "Disk Management".


Pada tahap selanjutnya kita akan menghapus salah satu partisi dan akan menambahkannya ke partisi tujuan.

3. Setelah itu pada partisi yang akan dihapus kita lakukan klik kanan > lalu pilih "Delete Volume" > lalu pilih "Yes".

Jika terdapat tulisan "unallocated" itu artinya kita telah berhasil di tahap pertama. Sebagai contoh disini saya ingin menghapus partisi pada Data E dan akan menggabungkannya dengan partisi di Data D.


Ingat : Dalam tahap ini partisi storage yang dihapus akan otomatis menghilangkan semua file yang ada. Jadi jangan lupa untuk melakukan back-up semua data terlebih dahulu sebelum melakukan cara ini.

4. Setelah itu kita klik kanan di partisi tujuan (DATA D) > lalu pilih "Extend Volume".


5. Langkah terakhir kita cukup pilih "Next" > pilih "Next" lagi > lalu terakhir pilih "Finish". Tunggu beberapa saat untuk proses penyatuan dan jika sudah berhasil maka partisi harddisk pun akan otomatis tergabung dan menjadi satu.


Bagaimana mudah bukan?

Demikianlah tutorial artikel ringkas kali ini mengenai cara menggabungkan beberapa partisi pada storage penyimpanan menjadi satu.

Baca Juga : Cara Merekam Layar Komputer Memakai Microsoft Powerpoint

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bila ada yang belum dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan, maka bisa langsung berkomentar di kolom komentar yang telah disediakan di bagian bawah.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih karena telah berkunjung ke blog ini, dan sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya. 

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close