Tips Ambil Foto pada Malam Hari dengan Smartphone


Memfoto atau bisa juga disebut dengan istilah memotret merupakan salah satu dari jenis kegiatan yang mungkin sudah biasa dilakukan oleh banyak orang saat ini.

Bahkan saking sudah banyaknya, membuat siapapun bisa dengan mudah menjadi seorang "fotografer dadakan" kapanpun dan dimanapun ia sedang berada.

Hal ini memang tidak terlepas karena dengan semakin canggihnya teknologi, yang membuat alat untuk mengambil gambar foto pun sudah sangat beraneka ragam dan semakin mudah untuk dimiliki.

Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan perangkat sebuah ponsel yang biasanya secara default sudah langsung dibekali dengan fitur kamera terintegrasi.

Meskipun sudah sangat dimudahkan, akan tetapi jika memotret hanya dengan menggunakan kamera smartphone saja tentu tidaklah segampang seperti yang dibayangkan.

Hal ini bisa disebabkan karena kamera pada ponsel biasanya memiliki banyak sekali keterbatasan dari segi fitur, sehingga membuat pengguna pun harus mengeluarkan effort lebih untuk bisa mengambil dan menghasilkan gambar yang baik dari suatu objek.

Adapun keterbatasan lain yang mungkin muncul yaitu ketika sedang mengambil gambar foto yang sering dilakukan pada malam hari atau di kondisi pencahayaan yang sangat minim.

Ini bisa menjadi salah satu tantangan tersendiri, karena jika dikerjakan hanya asal-asalan saja tentu hasil yang didapat pun mungkin tidak akan maksimal. Bahkan bisa saja objek yang ingin kita ambil malah menjadi gelap dan tidak terlihat apapun pada tangkapan layar.

Lalu bagaimana cara untuk mengambil objek photo yang baik pada malam hari hanya dengan berbekal sebuah kamera ponsel saja? Sebenarnya ada trik sederhana yang dapat dilakukan ketika kita ingin memotret objek di kondisi cahaya minim yang mungkin sangat redup.

Nah untuk mengetahuinya, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Memotret pada Malam Hari Hanya Pakai HP Smartphone


1. Menggunakan Flash atau Blitz yang Benar

Trik pertama yang paling mudah yaitu dengan memanfaatkan cahaya dari lampu flash smartphone. Lampu flash bisa dibilang sudah ada di hampir semua tipe ponsel keluaran terbaru.

Namun tips yang perlu diperhatikan agar hasil foto yang didapatkan lebih maksimal, yaitu bisa dengan menambahkan secarik kertas atau tisu yang diposisikan diatas cahaya flash. Ini bertujuan agar hasil gambar dapat  terlihat lebih halus.


2. Atur Shutter Speed

Trik selanjutnya yang dapat kita lakukan yaitu dengan memanfaatkan fitur bernama Shutter speed pada kamera ponsel. Memang fitur ini tidak dimiliki oleh semua jenis HP, maka dari itu trik ini memang disarankan khusus bagi yang sudah dilengkapi saja.

Adapun fitur Shutter speed ini biasanya dapat ditemukan pada pengaturan mode manual atau mode pro.

Shutter speed merupakan kecepatan menutup yang dibutuhkan dari rana sesaat setelah rana tersebut membuka. Semakin cepat dari rana menutup, maka cahaya yang diserap akan lebih sedikit.

Oleh karena itu, pada saat kondisi malam disarankan untuk memperlambat shutter speed agar kamera dapat lebih banyak dalam menangkap cahaya. Sehingga membuat hasil jepretan pun menjadi tidak gelap.

Namun ada efek negatif yang mungkin bisa ditimbulkan dari memperlambat shutter speed yaitu hasil foto yang bisa terlihat sedikit goyang atau menjadi blur.


3. Stabilkan Smartphone

Trik ketiga ini dapat menjadi solusi dari adanya efek negatif yang mungkin timbul akibat pengaturan shutter speed yang diperlambat di tips sebelumnya.

Jadi ketika kita telah melakukan set bukaan rana menjadi lebih rendah/lambat, maka diusahakan agar kita bisa menahan kestabilan kamera selama mungkin.

Namun berhubung tangan manusia tentu tidak bisa selalu stabil dan akan goyang meskipun itu hanya sedikit, maka disarankan untuk menggunakan alat bantu stabilizer seperti tripod, monopod, rig, gorilalpod, dsb.

Dengan menggunakan alat bantu tersebut, membuat efek blur akan menjadi berkurang dan hasil foto dapat menjadi lebih tajam lagi.

Lalu jikapun tidak ada stabilizer, kita masih bisa mengakalinya dengan menaruh handphone di tempat-tempat tertentu, seperti ditaruh diatas meja, kursi, maupun tempat lain yang masih memungkinkan agar handphone dapat tetap stabil untuk beberapa saat.


4. Memanfaatkan Sumber Cahaya Lain

Jika penggunaan flash dirasa masih kurang, atau bisa juga karena hasil dengan sorot lampu flash justru membuat foto menjadi tidak detail. Maka solusi yang dianjurkan berikutnya yaitu bisa dengan menambahkan lampu pencahayaan eksternal.

Jenis lampu ini bisa seperti LED eksternal yang banyak dijual dipasaran maupun bisa juga dengan menggunakan jenis lampu lainnya yang bisa dimanfaatkan seperti lampu senter.

Dengan memanfaatkan cahaya tambahan ini, maka hasil foto pun dijamin akan jauh lebih detail dan tajam.


5. Menggunakan Fitur Night Mode

Ya trik terakhir ini merupakan salah satu fitur pada kamera smartphone yang belakangan ini memang sedang diidolakan keberadaannya.

Seperti namanya, fitur night mode berfungsi untuk semakin memaksimalkan hasil jepretan foto tanpa perlu melakukan banyak penyesuaian di ponsel.

Cukup dengan masuk ke menu tersebut, maka otomatis sistem AI kamera akan langsung bekerja dan hasilnya pun bisa dibilang sangat memuaskan.

Meskipun sangat membantu, namun sayangnya fitur ini belum sepenuhnya dibenamkan di semua tipe maupun varian dari merk handphone.

Melainkan Hanya di tipe-tipe tertentu saja, terutama seri flagship dari setiap brand yang biasanya sudah dilengkapi fitur kekinian ini.


Bagaimana mudah bukan? Memang dengan menerapkan semua tips ini, tidak semata-mata akan membuat hasil jepretan foto kita menjadi bagus dan sempurna.

Melainkan tips ini diberikan agar hasil gambar terutama di tempat yang redup atau minim cahaya seperti pada malam hari dapat lebih maksimal, dengan meminimalisir efek blur dan noise yang mungkin saja bisa terjadi.

Jadi dengan tips ini diharapkan kita masih dapat mengabadikan momen meskipun berada di kondisi yang tidak memungkinkan sekalipun, namun dengan hasil yang tetap maksimal, terlihat baik dan tetap kece, sehingga tetap layak untuk di posting di media sosial.

Demikianlah artikel kali ini tentang Cara mengambil foto menggunakan smartphone dalam kondisi malam hari atau kurang cahaya.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan akhir kata sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close