Cara Aktifkan Fitur Menambah RAM di Smartphone Xiaomi

Keberadaan dari storage Random Access Memory (RAM) pada sebuah smartphone saat ini, memang menjadi salah satu pertimbangan ketika seseorang ingin membeli sebuah perangkat gadget.

Hal ini bisa disebabkan karena beberapa alasan, dan salah satunya yaitu dengan semakin besarnya size penyimpanan dari aplikasi-aplikasi mobile zaman sekarang. Sehingga hal tersebut tentu berimbas pada kebutuhan ukuran RAM yang mau tidak mau harus ikut bertambah pula.

Bahkan saking cukup penting, tidak jarang jika suatu tipe atau model handphone yang memiliki spesifikasi mumpuni, namun tidak diimbangi dengan kapasitas storage RAM yang besar, terkadang hal itu justru menjadi sebuah deal breaker bagi orang yang mungkin ingin membeli sebuah perangkat telepon genggam.

Nah masalah tersebut sepertinya dapat dimanfaatkan oleh brand-brand pembuat smartphone saat ini untuk bisa menarik para end user seperti kita. Salah satu caranya yaitu dengan mulai banyak diterapkannya sebuah fitur yang bertujuan untuk bisa menambahkan ruang penyimpanan RAM secara instan.

Mekanisme dari fitur inipun sebenarnya cukup simpel, yaitu dengan hanya memanfaatkan memori internal dari perangkan HP, yang kemudian akan diubah menjadi sebuah penyimpanan RAM.

Tentu dengan catatan selama memori internal yang kita miliki tersebut masih ada ruang kosong alias belum semua terisi file. Sebab jika sudah penuh maka biasanya tidak akan bisa.

Adapun besaran memori yang ditambah pun bisa sangat beragam, hal ini tentu bergantung kepada masing-masing brand itu sendiri. Ada yang hanya bisa ditambah sekedar 1 GB saja, 2 GB saja, atau bahkan ada yang hingga mencapai 4 GB.

Terkesan gimmick memang, namun nyatanya fitur ini cukup bisa diandalkan terutama bagi kita pengguna gadget dengan spesifikasi pas-pasan. Selain itu, nama fitur inipun dari tiap brand pastinya berbeda-beda, namun yang jelas fungsi yang dimiliki kurang lebih tetap sama.

Adapun pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas bagaimana cara menambahkan atau melakukan expand kapasitas memori RAM di Smartphone Xiaomi saja. Jadi untuk merk lain mungkin akan dibahas di kesempatan lainnya.

Adapun untuk mengetahui caranya tersebut, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Mudah Membuat RAM Tambahan di Hape Xiaomi

1. Langkah pertama buka menu "settings" atau setelan telepon pada handphone Xiaomi kita.

2. Selanjutnya kita scroll ke bagian bawah dan temukan menu bernama "Setelan Tambahan" atau "Additional Settings".


3. Jika sudah lalu kita cari menu "Penambahan Memori / Memory Extension".


4. Langkah terakhir kita cukup aktifkan menu "Tambahkan Memori" dengan cara melakukan tapi satu kali, hingga tombol bilah yang ada disebelahnya berubah menjadi berwarna biru.


Sementara itu, jika ada notifikasi untuk melakukan restart atau mulai ulang perangkat, maka kita cukup tekan "ya" atau "mulai ulang"Sebab jika kita abaikan dan justru pilih opsi nanti, terkadang fitur penambahan storage ini malah gagal dan tidak aktif.

Jadi pastikan untuk melakukan restart handphone saat kita ingin menyalakan atau mematikan fitur tersebut, agar fungsinya tentu dapat berjalan lebih maksimal.


Bagaimana mudah bukan? Dengan menerapkan metode ini, seharusnya kita tidak perlu khawatir lagi mengenai keberadaan memori RAM yang kecil karena kita sekarang sudah dapat dengan mudah untuk menambahnya.


Demikianlah artikel kali ini tetang cara muda melakukan expand kapasitas momori RAM di ponsel Xiaomi. Jika ada yang ingin ditanyakan atau jika ada yang belum dimengerti, bisa langsung bertanya di kolom komentar yang telah disediakan dibagian bawah.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Dan akhir kata saya ucapkan Terima kasih dan sampai berjumpa kembali di artikel lain selanjutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close