Cara Kembalikan Adobe Premiere Pro ke Tampilan Awal

Adobe premiere Pro adalah salah satu program aplikasi yang mungkin sudah tidak asing lagi didengar ditelinga kita.

Ya, aplikasi untuk mengedit video ini memang merupakan aplikasi yang cukup populer dan memiliki banyak sekali pengguna, yaitu dari mulai kalangan pekerja profesional, pengguna casual, hingga pengguna newbie atau masih pemula seperti saya ini.

Salah satu alasan mengapa banyak orang yang menggunakan program tersebut, karena premier pro ini bisa dibilang merupakan paket komplit dengan berlimpahnya fitur yang dimiliki. Sehingga membuat para end-user seperti kita inipun dapat makin dimudahkan dalam melakukan proses edit video.

Dari mulai mengedit ringan dengan hanya memakai fitur standar, sampai dengan mengedit kelas berat yang membutuhkan fitur-fitur profesional seperti color graading, dsb, semuanya itu bisa dilakukan hanya dengan menggunakan satu aplikasi ini saja.

Nah khusus bagi kita para pemula, banyaknya fitur ini terkadang malah membuat kita menjadi bingung sendiri. Dan bahkan tak jarang hal itu justru membuat kita secara tidak sengaja mengubah tampilan menu yang ada di layar kerja premier. Sehingga fungsi menu bisa menjadi acak-acakan, dan beberapa fitur mungkin ada yang hilang.

Hilangnya fitur ini sering terjadi karena mungkin kita menggeser atau bahkan melakukan close dari tab menu yang ada. Misalnya saja seperti menghilangkan fitur-fitur utama yang esensial seperti fitur effect, layar tampilan kerja, dsb. Adapun contoh tampilan yang tidak senganja teracak-acak adalah sbb.


Bagi yang sudah ahli mungkin mereka bisa mengatasi masalah ini dengan mudah dan cepat. Namun bagi yang masih sangat awan, tentu hal ini bisa sangat mengganggu. Bukannya selesai project kita, bisa-bisa malah membuat proses editing kita menjadi semakin lama.

Nah oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas bagaimana cara mengatasi tampilan menu di Adobe premiere Pro yang menjadi acak-acakan atau bahkan hilang tersebut.

Dan untuk mengetahui caranya, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini. 


Cara Mengubah Tampilan Adobe Premiere Pro ke Tampilan Layar Semula

1. Langkah Pertama kita buka program aplikasi Adobe Premiere Pro terlebih dahulu.

Sebagai catatan disini saya menggunakan Adobe Premiere Pro CC versi tahun 2022. Bagi teman-teman yang menggunakan versi selain itu, mungkin saja bisa terdapat adanya sedikit perbedaan, meskipun tentu tidak akan terlalu signifikan.

2. Selanjutnya pada deretan menu di bagian paling atas kita cukup pilih menu "Windows".


3. Setelah itu langsung saja kita pilih "Workspaces" > lalu pilih menu "Reset to Saved Layout".


Jika sudah maka posisi tampilan layar yang tadinya acak-acakan pun akan kembali berubah secara otomatis ke tampilan semula (tampilan default saat pertama kali kita menggunakan program tersebut).

Selain dengan langkah tersebut, sebenarnya terdapat cara yang lebih praktis lagi untuk menjalankan trik ini. Caranya cukup dengan menggunakan shortkey pada keyboard, yaitu dengan menekan tombol Alt + Shift + 0 secara bersamaan.


Bagaimana mudah dan praktis bukan? Dengan menggunakan langkah-langkah ini maka kita tidak perlu khawatir lagi mengenai susunan menu di premirere pro yang menjadi hilang atau berantakan.

Demikianlah artikel kali ini tentang cara memngembalikan tampilan menu di aplikasi adobe premier pro cc secara cepat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan jika ada yang ingin ditanyakan atau ada yang belum dimengerti, maka bisa langsung berkomentar di kolom yang telah disediakan di bagian bawah.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close