Cara Praktis Membuat Tanda Tangan di Microsoft Word


Tanda tangan merupakan proses membubuhkan tulisan yang unik dengan menggunakan pena dalam media (yang biasanya) menggunakan kertas yang berbentuk sebuah dokumen.

Oleh karena sifatnya yang unik ini dan dianggap orang lain tidak mampu atau mungkin susah untuk menirunya maka tanda tangan biasa dijadikan sebagai penanda suatu individu, utamanya dilakukan pada saat melegitimasi sebuah dokumen perjanjian. 

Dan di zaman yang sudah modern seperti sekarang ini, media yang bisa digunakan untuk membubuhkan tanda tangan tidak hanya dalam media dokumen kertas yang sudah di print saja, melainkan juga dapat dengan media dokumen digital dengan melalui perantara surat elektronik (e-mail).

Nah umumnya untuk membuat tanda tangan dalam bentuk digital tersebut biasanya diperlukan sebuah pena digital. Namun jika menggunakan cara tersebut tidak semua orang bisa melakukannya karena tidak semua orang memiliki digital pen.

Nah untuk itulah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips tentang cara membuat tanda tangan di dokumen digital, utamanya yaitu di program office microsoft word.

Dan untuk mengetahui bagaimana cara membuatnya, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Membuat Tanda Tangan Digital di Dokumen Microsoft Word

1. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menuliskan tanda tangan kita di kertas polos tanpa garis seperti kertas HVS atau sejenisnya.

Setelah itu tanda tangan yang sudah ada di kertas itu kita ubah menjadi file foto dengan cara memotretnya menggunakan kamera. Bisa dengan menggunakan kamera smartphone biasa maupun kamera yang lainnya seperti DSLR (tentu sangat disarankanuntuk memakai kamera yang dapat menghasilkan kualitas gambar yang detail).



2. Jika sudah lalu langkah selanjutnya masukkan hasil jepretan foto tadi kedalam perangkat PC komputer maupun laptop.

Kemudian buka file dokumen Microsoft Word untuk dimasukkan tanda tangan nantinya. (Oh ya sebagai informasi saja, disini saya menggunakan versi Office Microsoft Word tahun 2019. Untuk versi yang lain mungkin akan sama saja dan kalaupun ada perbedaan tentunya tidak akan jauh berbeda).



3. Setelah itu, tempatkan kursor mouse di posisi yang ingin kita tempatkan tanda tangan (biasanya di bagian kiri atau kanan bawah halaman).

Lalu setelah itu masukkan file gambar tanda tangan tadi, dengan cara pilih Insert > pilih Picture > lalu pilih file gambar tanda tangan dari hasil yang sudah di foto sebelumnya > kemudian pilih Insert.

Catatan: Jika foto gambar dianggap terlalu besar, maka bisa disesuaikan terlebih dahulu dengan cara mengecilkan gambar tersebut.




4. Setelah dianggap sudah sesuai, maka langkah selanjutnya yaitu membuat background warna foto agar sesuai dengan warna dokumen kerja yang berwarna putih.

Caranya yaitu kita pilih klik kanan pada gambar foto tersebut > lalu pilih menu Format Picture.



5. Selanjutnya pilih Picture > Recolor > Black and White. Jika sudah selesai lalu langkah terakhir kita pilih Close.



6. Dan inilah hasil akhirnya, jika kita melakukan proses dengan benar maka penampakannya akan terlihat seperti pada gambar berikut.



Bagaimana cukup mudah dan praktis bukan? Cara ini sebenarnya bisa digunakan jika kita memang ingin menandatangani sebuah file di dalam microsoft word namun tidak ingin mencetaknya atau melakukan print terlebih dahulu.

Jadi dengan cara ini pula, kita bisa lebih hemat waktu tanpa harus scan dokumen dan bisa segera langsung mengirimkan dokumennya kepada email orang lain.

Baca Juga : Cara Mengubah Tulisan Buku Menjadi Dokumen Microsoft Word

Demikianlah artikel tentang Cara Membuat Tanda Tangan Digital di Dokumen Microsoft Word. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dan sampai bertemu kembali di artikel lain berikutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close